Ingin Jadi Data Analyst? Kuasai 8 Syarat Data Analyst Ini

Di era digital saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan profesi data analyst. Bahkan World Economic Forum 2020 mengungkapkan bahwa dalam 5 tahun kedepan terdapat 85 juta pekerjaan yang akan tergantikan. Pasalnya, saat ini perkembangan bisnis digital semakin maju sehingga profesi data analyst berada di urutan pertama sebagai peningkatan permintaan dalam pekerjaan. Oleh karena itu, kalau tertarik di bidang ini, kamu wajib untuk menguasai beberapa skill yang bisa menunjang karier sebagai data analyst.

Dalam artikel ini, MySkill akan memberitahukan 8 syarat data analyst alias skill yang wajib kamu kuasai jika tertarik untuk berkarier di bidang tersebut. Simak sampai habis ya!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

1. Statistika

Statistika merupakan kemampuan dasar yang wajib data analyst miliki. Kemampuan ini akan berguna dalam mengolah data berupa angka. Selain itu, kemampuan statistika menjadi dasar untuk menginterpretasikan informasi yang relevan dengan masalah perusahaan.

2. Microsoft Excel

Selain statistika, Microsoft Excel merupakan software dasar yang wajib kamu kuasai untuk menjadi data analyst. Jika kita lihat lebih lanjut, software ini sangat membantu dalam melakukan analisa secara sederhana. Formula yang biasanya dibutuhkan antara lain Vlookup, Match, Hlookup, Sumif, Sumifs, Index Match, Maxifs, Minifs, Xlookup, dan Transpose.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini. 

3. Menguasai SQL

Menurut American National Standard Institute (ANSI), SQL merupakan standar bahasa query dari sistem manajemen database yang berguna untuk pengambilan dan pembaharuan data di database.  SQL menjadi software yang biasa data analyst gunakan karena proses analisa datanya lebih cepat serta dapat menampung jumlah dan kapasitas data yang lebih besar.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut. 

4. Data preparation

Data preparation adalah proses pengumpulan, penggabungan, penataan, dan pengorganisasian data sehingga dapat bermanfaat dalam aplikasi business intelligence (BI), analitik, dan visualisasi data. Proses ini sangat penting karena membutuhkan ketelitian yang tinggi. Data yang sudah diproses akan dianalisis dan berguna untuk pemecahan masalah menggunakan metode sistematis. 

5. Bahasa Pemrograman

Pernah dengar bahasa pemrograman R dan Python? Ini adalah skill selanjutnya yang wajib data analyst kuasai. Kalau ingin mengolah data yang besar, data analyst biasa menggunakan  R dan Python. R berfungsi dalam mengolah data dan grafik, sedangkan Python berfungsi untuk pengembangan web.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

6. Data visualization

Jika sudah rampung dalam proses analisis dan penyusunan data, selanjutnya kamu perlu menerjemahkan melalui data visualization agar perusahaan mudah untuk memahaminya. Data analyst akan menyajikan visualisasi data berupa diagram atau grafik. Biasanya, software yang digunakan adalah tools SAS, Tableau, dan Cognos.

7. Berpikir Kritis 

Menurutmu, mengapa seorang data analyst harus memiliki skill ini? Soalnya, terkadang dalam setiap proses muncul sebuah hambatan. Hal ini membuatmu harus berpikir kritis untuk menentukan keputusan yang tepat.

8. Kemampuan Berkomunikasi

Setiap harinya kita tidak pernah lepas dalam komunikasi, baik secara langsung atau melalui telepon, video call, dan pesan. Seorang data analyst tentu memerlukan skill ini untuk menyajikan dan mempresentasikan hasil olahan data kepada klien atau perusahaan.  

Itulah 8 syarat data analyst wajib kamu kuasai untuk menjadi seorang data analyst. Kamu bisa mempelajari secara otodidak maupun mengikuti kursus.  Tentunya untuk menjadi seorang data analyst yang andal tidaklah mudah, kita perlu berani mencoba dan selalu belajar. Untuk membuat kamu mendapatkan gambaran mengenai seorang data analyst, ikut bootcamp dari MySkill, yuk! Nggak cuma belajar, kamu juga akan praktik langsung dan mendapatkan portofolio, lo.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill