7 Tips Membuat Konten Mobile-Friendly, Beri Kenyamanan User Akses di Handphone!

Mengapa Konten Mobile-Friendly Penting?

Konten mobile-friendly menjadi semakin penting seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler untuk mengakses internet. Dengan lebih dari setengah dari lalu lintas internet berasal dari perangkat seluler, penting bagi kita sebagai pembuat konten untuk memastikan bahwa pengalaman pengguna di ponsel cerdas juga optimal seperti di desktop.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

1. Responsif Desain Situs Web

Membuat desain situs web yang responsif adalah langkah pertama dalam membuat konten mobile-friendly. Hal ini memastikan bahwa situs web kita dapat menyesuaikan tampilannya dengan baik di berbagai ukuran layar, mulai dari smartphone hingga tablet.

2. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Pilihlah font yang mudah dibaca bahkan pada layar ponsel yang kecil. Hindari font yang terlalu kecil atau terlalu dekoratif yang dapat mengganggu pengalaman membaca pengguna.

3. Optimalisasi Gambar

Gambar yang terlalu besar dapat memperlambat waktu muat situs web di perangkat seluler. Pastikan untuk mengompres gambar sebelum mengunggahnya ke situs web kita dan gunakan format gambar yang sesuai seperti JPEG atau WebP.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut.

4. Gunakan Tombol dan Link yang Mudah Diklik

Pastikan tombol dan tautan di situs web kita cukup besar dan mudah diakses dengan jari pengguna ponsel. Jarak antara tombol dan tautan juga perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahan ketika pengguna mengetuknya.

5. Singkatlah Konten

Pengguna ponsel cenderung mencari informasi secara cepat. Oleh karena itu, pastikan konten kita singkat, padat, dan langsung ke tujuan. Gunakan paragraf yang pendek dan poin-poin yang mudah dipahami.

6. Uji Kecocokan untuk Berbagai Perangkat

Sebelum meluncurkan konten kita, pastikan untuk menguji kecocokannya di berbagai perangkat seluler. Ini membantu kita memastikan bahwa pengalaman pengguna konsisten di semua platform.

7. Prioritaskan Kecepatan Halaman

Waktu pemuatan halaman sangat penting untuk pengalaman pengguna di ponsel. Pastikan situs web kita memuat dengan cepat dengan meminimalkan ukuran file, memanfaatkan caching, dan mengurangi jumlah permintaan server.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca Graphic Designer di sini.

Dengan menerapkan tujuh tips ini, kita dapat memastikan bahwa konten kita ramah seluler dan memberikan pengalaman pengguna yang optimal di perangkat seluler. Ingatlah bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi, penting untuk terus memperbarui strategi dan memastikan bahwa konten kita tetap relevan dan mudah diakses di mana pun pengguna berada.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill