SAP: Software Penting Bagi Perusahaan, Ini 5 Alasannya!

SAP (System Application and Product in Data Processing) merupakan perangkat lunak asal Jerman yang berdiri pada tahun 1972. Hingga saat ini, SAP menjadi salah satu software yang paling banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar di dunia.

Tidak hanya mendukung operasional dan manajemen sebuah bisnis, sistem ini juga membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas secara lebih efektif dan efisien.

Lalu, seberapa pentingkah sebenarnya software SAP bagi perusahaan? Yuk, simak 5 alasannya berikut ini!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. SAP Memiliki Berbagai Modul yang User Friendly

SAP: Software Penting Bagi Perusahaan, Ini 5 Alasannya!
Modul SAP yang lengkap dan user friendly

Alasan pertama mengapa software ini penting bagi sebuah bisnis adalah ketersediaan modul yang mudah untuk digunakan. Secara umum, sistem SAP tersusun atas beberapa modul yang mampu menjalankan berbagai tugas perusahaan secara otomatis dan terintegrasi.

Adapun berikut adalah jenis-jenis modul yang terdapat dalam SAP:

  • FI (Financial Accounting)

Jenis modul ini berfungsi untuk membantu karyawan dalam melakukan penghitungan transaksi dan data keuangan pada sebuah perusahaan.

Di samping itu, guna mencapai hasil kerja yang maksimal, FI telah terintegrasi dengan berbagai modul lain, seperti SD (Sales and Distribution), MM (Materials Management), PP (Production Planning), Payroll, dan lain sebagainya.

  • CO (Controlling)

Modul berikutnya adalah Controlling, yang berperan dalam proses perencanaan, pelaporan, hingga pemantauan jalannya operasi bisnis. Keberadaan modul ini dapat dikatakan cukup krusial karena berkaitan dengan internal accounting.

Melalui fitur CO pula, kamu bisa melakukan konfigurasi data berupa biaya, pesanan internal, functional area, pusat laba, dan masih banyak lagi.

  • SD (Sales and Distribution)

Sales and Distribution merupakan modul yang mendukung segala tahap transaksi, mulai dari permintaan pembelian (enquiry), penjualan, pengiriman (delivery), hingga proses tagihan (billing).

  • PP (Production Planning)

Sesuai namanya, modul PP secara khusus menangani proses perencanaan, manajemen, dan kontrol terhadap aktivitas produksi dalam perusahaan.

  • MM (Materials Management)

Jenis modul selanjutnya adalah Materials Management (MM). Dengan bantuan modul ini, kamu dapat mengelola dan mengetahui barang apa saja yang perusahaan butuhkan saat proses produksi.

  • QM (Quality Management)

Modul QM berfungsi untuk memastikan kualitas produksi dalam perusahaan.

  • HCM (Human Capital Management)

HCM merupakan modul yang membantu pemilik bisnis untuk mengevaluasi kinerja karyawan, mengelola promosi, pemberian kompensasi, dan penghitungan gaji.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. SAP Mendukung Transparansi Data

SAP
Transparansi data dan akses informasi real time

Keunggulan software SAP berikutnya adalah adanya real time processing, sehingga mendukung transparansi data dalam perusahaan. Melalui sistem ini, seluruh pengguna dapat melihat dan memantau secara langsung seluruh data yang baru saja di-update.

Di antara keuntungan lain dari fitur transparansi adalah mengurangi manipulasi data, serta apabila ada karyawan yang membutuhkan informasi dari divisi lain, mereka bisa dengan mudah mengakses tanpa harus meminta izin dari user yang melakukan input data.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Terintegrasi dengan E-Commerce

SAP: Software Penting Bagi Perusahaan, Ini 5 Alasannya!
Integrasi dengan e-commerce

Di era digital ini, hampir semua perusahaan maupun bisnis telah memanfaatkan media internet sebagai sarana pemasaran. Salah satunya melalui e-commerce. Dengan adanya integrasi pada e-commerce, perusahaan akan memperoleh berbagai keuntungan, di antaranya:

  • Mempermudah dalam pengelolaan stok barang.
  • Pencatatan pendapatan menjadi lebih mudah.
  • Menghemat biaya operasional.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan.

4. SAP Membantu Mengurangi Human Error

SAP: Software Penting Bagi Perusahaan, Ini 5 Alasannya!
SAP meminimalisir human error

Manfaat selanjutnya dari penggunaan SAP adalah mengurangi kesalahan atau human error. Bagi perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang banyak dan volume produksi tinggi, tentu sangat rawan terjadi kesalahan apabila setiap proses dikerjakan secara manual.

Selain itu, software SAP yang menyajikan informasi secara real time juga membuat kebenaran data menjadi makin akurat.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Mempercepat Perkembangan Bisnis

Fitur SAP mampu mempercepat perkembangan bisnis

Alasan terakhir mengapa SAP begitu penting dalam perusahaan adalah kemampuannya dalam mengembangkan bisnis secara cepat. Makin cepat karyawan mengolah data menggunakan SAP, makin cepat pula perusahaan dalam menentukan strategi bisnis berikutnya.

Itulah 5 alasan mengapa penggunaan SAP sangat penting bagi perusahaan. Nah, selain menggunakan software pendukung yang baik, yuk, tingkatkan juga skill kamu dalam mengelola perusahaan dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp hanya di MySkill!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill