Libur Kerja? Ini Cara Produktif untuk Mengisi Waktu Luang, Cobain!

1 min read

cara produktif

Bingung mencari cara produktif saat weekend? Yap, hari libur terkadang membuat aktivitas kita menjadi berkurang, karena sebagian pekerja akan lebih memilih untuk beristirahat. Tapi, ternyata masih banyak ide atau kegiatan yang bisa bikin kamu tambag berkembang, lo. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Mengikuti Webinar

Webinar bisa memberikan kita pengetahuan dan pengalaman baru lewat materi yang diberikan

Di era digital ini, webinar bukanlah aktivitas yang asing, terutama bagi para mahasiswa dan juga professional. Seperti yang kita tahu, webinar menggunakan media atau platform online sebagai penghubung satu peserta dengan peserta lain untuk berkumpul dan membahas suatu topik tertentu.

Saat ini, hampir semua kalangan sudah familiar dengan webinar, mulai dari pelajar sekolah, karyawan kantoran, pebisnis, dan lain-lain. Kalau kamu seorang pekerja kantoran, nggak ada salahnya untuk mengikuti webinar yang topiknya relevan dengan pekerjaanmu.

2. Berpartisipasi dalam aktivitas kerelawanan

Menjadi volunteer bagai bentuk aksi kita peduli pada lingkungan sosial sekitar

Jika ada orang yang secara sukarela terjun pada kegiatan sosial, pendidikan, lingkungan dan lain sebagainya tanpa mengharapkan timbal balik apapun, inilah yang namanya volunteer alias relawan. Kalau tertarik, kamu bisa menemukan peluang untuk bergabung kegiatan volunteer melalui sosial media.

Umumnya, yang mengadakan program sukarelawan adalah yayasan. Oleh karena itu kegiatan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengisi liburan tetapi tetap produktif dan  bisa diselenggarakan secara daring.

3. Belajar hal baru melalui Bootcamp

cara tetap produktif mengikuti bootcamp
Meningkatkan skill lewat bootcamp

Bootcamp adalah  kegiatan yang dibentuk untuk meningkatkan softskill dan hardskill dalam periode tertentu. Umumnya, saat ini banyak lembaga atau startup yang mengadakan bootcamp secara online. Kabar baiknya, saat ini banyak pilihan materi bootcamp yang relevan dengan dunia kerja di industri digital. Jadi, kamu dapat memilih kelas yang sesuai dengan minat atau passion ya!

Pembelajaran yang ada di bootcamp pun sangat fleksibel dan materi yang diberikan pun juga sangat relevan dengan kebutuhan industri dunia kerja. Melalui bootcamp, kamu akan mendapat materi dan insight yang lebih spesifik, serta berkesempatan untuk mendapat peluang karier yang lebih luas.

Selain itu, bootcamp adalah program upskilling yang hanya membutuhkan waktu singkat untuk membangun keterampilan para pesertanya.

4. Bergabung club kepenulisan

cara produktif
Kepenulisan sebagai bentuk cinta kita pada literasi dan seni olah pikiran

Tanpa kamu sadari, menulis adalah suatu kegiatan yang secara tidak langsung dapat memberi manfaat untuk banyak orang, lo.  Pasalnya, tulisan yang kamu publish dapat menjadi bahan belajar dan referensi bagi mereka yang membutuhkan. 

Melalui kegiatan menulis akan bisa mengasah kemampuan kita dalam berimajinasi, membentuk kerangka berpikir, serta melatih bagaimana cara menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan.

5. Mengikuti Lomba

cara produktif
Lomba sebagai bentuk pengembangan bakat potensi dalam diri kita


Kamu punya skill dalam bidang seni, olahraga, atau yang lainnya? Nggak ada salahnya kalau kamu berkompetisi dalam sebuah lomba. Selain membuat kita lebih produktif, lomba dapat menjadi salah satu cara kita untuk mengukur potensi serta kemampuan diri.

Lomba yang bisa kamu ikuti untuk mengisi waktu liburan seperti lomba pantun, lomba cipta quotes, lomba menulis cerpen, dan lomba membuat puisi.

Sobat MySkill, kira-kira kamu akan memilih aktivitas mana nih untuk mengisi waktu luang agar tetap produktif? Oh iya, kamu juga bisa mengisi waktu liburan dengan mengikuti bootcamp dari MySkill, lo. Di sana, ada banyak pilihan kelas yang mungkin cocok untukmu. Tunggu apalagi? Pilih kelasmu di MySkill sekarang juga!

Penulis: Hendi Riskiyananta
Editor: Intan Aulia Husnunnisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *