Profesionalisme: Definisi dan Cara Meningkatkannya!

Profesionalisme merupakan sikap yang wajib dimiliki setiap orang di dunia kerja dan bisnis. Dalam meniti karier, sikap ini perlu terus dikembangkan karena menjadi salah satu kunci untuk meraih kesuksesan.

Profesionalisme dalam dunia kerja bisa mengandung beberapa arti, seperti melaksanakan pekerjaan dengan baik, menyelesaikan tugas tepat waktu, ataupun menerapkan keterampilan sesuai profesinya. Nah, dalam artikel ini, MySkill akan membahas tentang profesionalisme dan bagaimana cara meningkatkannya. Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Apa Itu Profesionalisme?

Kenapa Pengembangan Karir Itu Penting? Simak 5 Alasannya!
Merupakan salah satu sikap yang penting untuk dimiliki

Profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang kompeten. Secara sederhana, istilah profesional mengandung arti seorang pekerja yang memberikan jasa sesuai kualifikasi dalam suatu bidang profesi.

Seseorang dengan profesionalisme yang baik memiliki beberapa karakteristik utama, di antaranya disiplin, jujur, memiliki integritas, bertanggung jawab, berkomitmen pada pekerjaannya, dan mampu bersikap objektif saat sedang bekerja. Karena memiliki karakter yang komplit inilah, seseorang dengan profesionalisme yang tinggi sangat disukai oleh perusahaan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Manfaat Profesionalisme

Profesional memberikan kesan positif di mata orang lain
Sikap ini mendatangkan banyak manfaat

Selain dapat memberikan kesan yang positif, baik di mata atasan ataupun rekan kerja, sikap profesional memiliki manfaat lainnya, antara lain:

  • mendapat rasa hormat dari rekan kerja;
  • meningkatkan kredibilitas pekerja;
  • mendorong perkembangan karier;
  • meningkatkan reputasi di tempat kerja; serta
  • mengurangi potensi konflik di tempat kerja.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Cara Meningkatkan Profesionalisme

Kenapa Pengembangan Karir Itu Penting? Simak 5 Alasannya!
Profesionalisme perlu untuk terus ditingkatkan
a. Tepat Waktu

Cara pertama untuk meningkatkan sikap ini adalah dengan berusaha untuk tepat waktu. Jika kamu bekerja dalam sebuat tim, pekerjaanmu akan berhubungan dengan anggota lainnya. Oleh karena itu, kamu akan menyulitkan rekan kerja jika tidak disiplin terhadap waktu. Apanila itu terjadi, kamu dapat dianggap tidak profesional dalam bekerja.

b. Jujur

Kejujuran juga salah satu kunci profesionalisme seseorang. Kejujuran penting untuk membangun kepercayaan dari orang lain. Satu kali saja ketahuan berbohong, kamu akan sulit untuk membangun kembali kepercayaan seseorang dan juga akan terlihat sebagai orang yang tidak profesional.

Dalam dunia kerja, sikap jujur juga dapat membuatmu lebih dihargai. Selain itu, kredibilitas dan reputasimu juga dipandang positif oleh orang lain. Tentu saja, dengan ini kamu dapat mengembangkan karier lebih luas dan mudah.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

c. Menghargai Orang Lain

Sebagai makhluk sosial, kita akan terus berhubungan dan membutuhkan bantuan orang lain, termasuk dalam bekerja. Oleh karena itu, kamu harus membangun sikap menghargai dan menghormati. Misalnya, saat sedang berdiskusi, cobalah untuk memberi kesempatan bagi rekanmu untuk menyampaikan pendapatnya. Dengan sikap ini, rekan kerja akan menyukaimu dan senang untuk bekerja sama denganmu.

d. Upgrade Diri

Seseorang dengan tingkat profesionalisme yang tinggi harus memiliki kemauan untuk belajar dan terus meng-upgrade diri. Terlebih lagi di zaman yang sangat dinamis seperti sekarang. Persaingan dalam memperebutkan satu lapangan pekerjaan sangat tinggi. Karena itu, mengasah kemampuan diri sendiri adalah sebuah kewajiban agar kamu tidak tertinggal.

e. Mengakui Kesalahan

Manusia tentu tidak bisa terlepas dari kesalahan. Mengakui kesalahan merupakan salah satu ciri profesionalisme. Oleh sebab itu, apabila kamu berbuat salah, sebaiknya akui saja dan bertekadlah untuk tidak melakukan hal serupa kedua kalinya. Jangan sampai kamu tidak mengakui kesalahan dan justru melemparkannya kepada orang lain.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Itulah pembahasan dari MySkill tentang profesionalisme dan cara meningkatkannya. Profesionalisme adalah salah satu kunci kesuksesan karier. Oleh karena itu, kamu wajib untuk memilikinya. Selain sikap ini, kunci kesuksesan karier lainnya adalah skill. Nah, MySkill memiliki banyak sekali kelas yang bisa kamu akses dengan harga terjangkau.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill