Cara Instal WordPress di XAMPP secara Offline [Hanya 5 Langkah!]

Bagi para pengembang web, memiliki lingkungan pengembangan lokal sangat penting untuk menguji dan mengembangkan situs web sebelum mempublikasikannya secara online. Salah satu cara untuk membuat lingkungan pengembangan lokal adalah dengan menggunakan XAMPP, yang memungkinkan kita untuk menjalankan server web di komputer lokal. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menginstal WordPress di XAMPP secara offline.

Cara Instal WordPress di Localhost XAMPP dengan 5 Langkah

1. Persiapan:
Pastikan telah mengunduh dan menginstal XAMPP di komputer. XAMPP menyediakan lingkungan server yang terdiri dari Apache, MySQL, dan PHP yang diperlukan untuk menjalankan WordPress.

2. Ekstrak File WordPress di htdocs:
Setelah XAMPP terinstal, buka direktori instalasi XAMPP dan temukan folder “htdocs”. Ekstrak file WordPress yang telah diunduh sebelumnya ke dalam folder “htdocs”.

3. Buat Database Baru di phpMyAdmin:
Buka browser dan masuk ke panel administrasi XAMPP. Klik pada tab phpMyAdmin di menu atas. Di sana, buat database baru untuk WordPress dengan mengetikkan nama database yang diinginkan dan menekan tombol “Create”.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

4. Setup Konfigurasi WordPress:
Buka browser dan ketikkan “localhost/nama_folder_wordpress_yang_dibuat” di bilah alamat. Ikuti langkah-langkah instalasi WordPress standar seperti pemilihan bahasa, informasi database (gunakan informasi database yang telah dibuat sebelumnya di phpMyAdmin), dan konfigurasi awal lainnya.

5. Login ke Dashboard WordPress:
Setelah proses instalasi selesai, akan diarahkan ke halaman login WordPress. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang dibuat selama proses instalasi, dan akan diarahkan ke dashboard WordPress.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Manfaat Install WordPress di Localhost XAMPP
  1. Pengembangan Lokal: Dapat menguji dan mengembangkan situs web tanpa mempengaruhi situs web yang sedang berjalan secara online.
  2. Akses Tanpa Koneksi Internet: Dapat mengakses situs web kapan pun tanpa koneksi internet, sehingga memungkinkan pengembangan di tempat yang tidak memiliki akses internet.
  3. Penghematan Waktu dan Biaya: Dapat menghindari biaya hosting dan waktu yang terbuang untuk mengunggah perubahan ke server langsung dengan mengembangkan situs secara lokal terlebih dahulu.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Mudah Bukan, Cara Instal WordPress Offline di XAMPP?
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang dapat menginstal WordPress secara offline di XAMPP dengan mudah. Dengan lingkungan pengembangan lokal, dapat bereksperimen dengan tema, plugin, dan konfigurasi lainnya tanpa risiko merusak situs web yang sebenarnya. Selamat mengembangkan!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill