KIP Kuliah, Beasiswa Bagi yang Punya Semangat Belajar Tinggi

Bidang pendidikan yang berkualitas memang menjadi tonggak utama berkompetennya masyarakat dalam membangun bangsa. Untuk menjamin pendidikan yang berkualitas untuk semua rakyatnya, Pemerintah Indonesia mengadakan program KIP Kuliah.

Buat Sobat MySkill yang hendak masuk perguruan tinggi, beasiswa ini layak menjadi pertimbanganmu. Sebab, kuota penerimaannya besar, lo! Penasaran? Berikut informasi selengkapnya!

1. Apa Itu KIP Kuliah?

KIP Kuliah, Beasiswa Bagi yang Punya Semangat Belajar Tinggi
Pengadaan KIP Kuliah berperan untuk meneruskan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa

Indonesia memiliki cita-cita untuk dapat memberikan pendidikan berkualitas kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Hal ini tercermin pada Pembukaan UUD 1945. Selanjutnya, pemerintah mencoba merealisasikannya dengan membentuk Permendikbud Nomor 10 Tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar. 

Inti utama dari Program Indonesia Pintar (PIP) adalah usaha pemerintah memberikan jaminan akses ke perguruan tinggi mana saja kepada calon mahasiswa yang kurang mampu, berada pada daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), atau sedang terkena bencana.

Semuanya itu berada pada satu payung beasiswa, yaitu beasiswa KIP Kuliah. Jadi, beasiswa ini diadakan langsung oleh negara dan pemerintah, tepatnya Kemdikbudristek. Jadi, dijamin program ini gak abal-abal, deh!

Untuk bagian selanjutnya, istilah KIP Kuliah akan digunakan dalam menjelaskan benefit Program Indonesia Pintar ini. Seperti namanya, tentu Sobat membutuhkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk dapat mengikuti rangkaian prosesnya. Kalaupun belum punya KIP, Sobat bisa langsung membuatnya, kok!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Keuntungan KIP Kuliah Ada Apa Saja?

KIP Kuliah, Beasiswa Bagi yang Punya Semangat Belajar Tinggi
Keuntungan beasiswa ini ada pada bantuan pembiayaannya

Hal pertama yang menjadi pertimbangan ketika mendaftar beasiswa pastilah benefit atau keuntungan yang didapat. Untuk menjaring peminat dan dapat efektif memberikan manfaat, KIP Kuliah mempunyai serangkaian penawaran menarik, lo!

a. Bantuan biaya pendidikan

Benefit utama KIP Kuliah memang ada pada pendanaan sehingga Sobat akan mendapatkan sejumlah dana. Untuk biaya pendidikan, Kemdikbudristek akan menanggung semua biaya pendidikan sebanyak

  • Rp12 juta untuk jurusan dengan akreditasi A;
  • Rp4 juta untuk jurusan dengan akreditasi B; dan
  • Rp2,4 juta untuk jurusan dengan akreditasi C.

Perguruan tinggi yang sudah mengajukan besaran biaya pendidikan untuk tiap prodinya dilarang memungut uang apa pun lagi dari peserta bantuan ini.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

b. Bantuan biaya hidup

Penerima KIP Kuliah juga akan mendapatkan bantuan biaya hidup mulai dari Rp800 ribu sampai Rp1,4 juta per bulan tergantung keadaan ekonomi dan klaster kota/kabupatennya.

Uang ini adalah uang bersih yang akan Sobat terima langsung ke rekeningmu. Jadi, tidak dibayarkan langsung ke perguruan tinggi seperti bantuan biaya pendidikan.

Semua keuntungan tadi bisa Sobat nikmati dengan hanya melakukan 1 kali pendaftaran dan berlaku sampai maksimal

  • 8 semester untuk jenjang S-1 dan D-4;
  • 6 semester untuk jenjang D-3; dan
  • 4 semester untuk jenjang D-2.

Jumlah kuota penerimanya juga tidak main-main, Kemdikbudristek sudah menganggarkan dana untuk 200 ribu penerima, lo! Bahkan, pada beberapa perguruan tinggi, kuota yang mereka sediakan masih tersisa sehingga dengan mendaftar saja, Sobat sudah pasti keterima.

Sobat berniat mendaftar ke program studi (prodi) yang ada program profesinya, tetapi takut program tersebut tidak ter-cover oleh KIP Kuliah? Gak perlu takut! Sebab, beasiswa ini juga meng-cover program profesi Dokter, Dokter Gigi, Dokter Hewan, Ners, Apoteker, dan Guru, kok!

Terakhir, hanya karena Sobat menerima KIP Kuliah bukan berarti kamu berhak masuk ke perguruan tinggi abal-abal. Nyatanya, Kemdikbudristek mendorong para penerima untuk berkuliah di prodi dengan akreditasi A, baik PTN maupun PTS. Wah, benefit-nya worth it banget, ya!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Persyaratan KIP Kuliah

KIP Kuliah, Beasiswa Bagi yang Punya Semangat Belajar Tinggi
Calon penerima beasiswa perlu menyertakan kartu KIP sebagai salah satu persyaratan utama

Sama seperti program beasiswa lainnya, terdapat sejumlah persyaratan umum dan khusus yang perlu Sobat penuhi.

a. Persyaratan umum
  • Pendaftar merupakan lulusan sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), atau sederajat yang lulus maksimal 2 tahun sebelum tahun mendaftar beasiswa.
  • Pendaftar telah lulus penerimaan mahasiswa baru dari semua jalur, baik PTS maupun PTN, pada jurusan yang sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional.
  • Calon awardee memiliki potensi akademis yang baik, tetapi terhalang oleh kemampuan ekonomi, atau kondisi lainnya, dengan bukti dokumen yang sah.
b. Persyaratan khusus

Dari penjelasan sebelumnya, Sobat butuh KIP untuk bisa mendaftar program ini. Selain itu, Sobat harus memenuhi minimal 1 dari beberapa persyaratan di bawah ini. Berikut adalah persyaratan lain yang terkait.

  • Terdaftar dalam program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk KIP
  • Keluarganya merupakan peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Keluarganya merupakan pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Berasal dari panti asuhan/panti sosial
  • Berasal dari keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Bagaimana jika tidak memenuhi satu pun dari kelima persyaratan itu? Tenang, Sobat tetap bisa mendaftar jika

  • pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal sebesar Rp4 juta rupiah; atau
  • pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750 ribu.

Tentunya, untuk membuktikan kondisi tersebut, Sobat perlu menyertakan sejumlah dokumen pendukung, ya!

4. Proses Seleksi KIP Kuliah

KIP Kuliah, Beasiswa Bagi yang Punya Semangat Belajar Tinggi
Peserta tetap harus mengikuti proses penerimaan mahasiswa baru sesuai dengan prosedur

Setelah memenuhi semua persyaratan, waktunya melakukan pendaftaran. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  1. Sobat bisa mendaftar lewat link kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  2. Setelah itu, lakukan registrasi akun dengan menyertakan NIK, NISN, NPSN, dan email aktif. Sistem akan melihat apakah Sobat layak mendapatkan KIP Kuliah atau tidak
  3. Setelah membuat akun dan terseleksi oleh sistem komputer, Sobat akan mendapatkan nomor pendaftaran KIP Kuliah beserta kode akses ke alamat email-mu
  4. Selanjutnya, Sobat masuk ke dalam SIM KIP Kuliah dan menuliskan nomor pendaftaran serta kode akses tadi
  5. Kemudian, pilih proses seleksi masuk perguruan tinggi yang akan diikuti (SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, ataupun Mandiri)
  6. Terakhir, Sobat hanya perlu menyelesaikan pendaftaran pada seleksi masuk perguruan tinggi sesuai pilihan tadi. Selebihnya, sistem yang akan mengurus verifikasi ke perguruan tinggi sebelum membawanya ke Puslapdik (Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan) Kemdikbudristek

Selain itu, Sobat juga bisa melakukan semua langkah tadi lewat aplikasi mobile-nya, lo! Buka toko aplikasi yang ada di smartphone-mu dan cari saja “KIP Kuliah Mobile Apps”.

Last but not least, walaupun sewaktu-waktu bisa berubah, Sobat tetap perlu mengetahui tanggal-tanggal penting KIP Kuliah ini. Berikut adalah tanggalnya pada masa pelaksanaan tahun 2022:

  • Registrasi akun KIP Kuliah: 2 Februari–31 Oktober 2022
  • Sosialisasi KIP Kuliah: 2 Februari–30 Juni 2022
  • Penetapan penerima: 1 Juli–31 Oktober 2022

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Informasi Lebih Lanjut

KIP Kuliah, Beasiswa Bagi yang Punya Semangat Belajar Tinggi
Website resmi KIP Kuliah menyediakan semua informasi penting, termasuk panduan pendaftaran

Sobat merasa bingung atau ada masalah ketika sedang melakukan pendaftaran? Jangan khawatir karena pemerintah sudah menyediakan sejumlah tempat untuk kamu bertanya. Berikut adalah daftarnya:

Besar sekali benefit dari KIP Kuliah, ya? Sekarang, buat Sobat yang sekiranya memenuhi syarat dan berminat untuk mendaftar, segera kumpulkan persyaratan dan perhatikan jadwal-jadwal pentingnya, ya! Ayo, semua bisa kuliah!

Sambil menikmati masa kuliah, jangan lupa untuk mengembangkan skill-mu, Sobat. Apalagi, di era industri 4.0 yang persaingannya kencang ini, butuh kemampuan yang tidak biasa di bidang digital.

Namun, jangan khawatir karena MySkill menyediakan banyak bootcamp, mulai dari topik SEO, copywriting, hingga data science, dengan harga yang terjangkau.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill