5 Rekomendasi Perusahaan yang Tepat untuk Magang dan Persiapan Karier

2 min read

Setiap orang dapat memulai perjalanan kariernya dari berbagai titik, salah satunya adalah melalui program magang atau internship.

Tidak hanya mendapat pengalaman, mahasiswa atau fresh graduate yang sering ikut serta dalam kegiatan magang biasanya memiliki banyak koneksi dan peluang sehingga lebih mudah memperoleh pekerjaan.

Nah, bagi Sobat MySkill yang sedang mencari tempat untuk mengikuti program internship, yuk, simak 5 rekomendasi perusahaan yang tepat untuk magang dan persiapan karier berikut ini!

1. Magang Industri Kreatif

Magang
Industri kreatif sebagai tempat persiapan karier berbagai jurusan

Rekomendasi tempat magang yang pertama adalah bidang industri kreatif. Jenis profesi yang begitu luas dan beragam menjadikan sektor ini terbuka lebar bagi seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan.

Adapun beberapa pekerjaan dalam industri kreatif adalah graphic designer, video editor,  photographer, content writer, dan lain-lain. Saat ini, profesi tersebut banyak dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan, baik konvensional maupun startup.

Oleh karena itu, kamu dapat dengan mudah mencari informasi mengenai perusahaan mana yang sedang membuka lowongan magang melalui media sosial, seperti Instagram, Twitter, hingga LinkedIn.

2. Magang di Perusahaan Startup

Magang
Program magang di perusahaan startup

Selain mengikuti internship pada industri kreatif, kamu juga bisa mengikuti program magang dari berbagai perusahaan startup di Indonesia.

Nah, berikut adalah rekomendasi perusahaan startup di berbagai sektor untuk bantu kamu mengembangkan karier di masa mendatang:

  • E-Commerce

Salah satu perusahaan startup paling banyak di tanah air adalah sektor e-commerce. Adapun beberapa perusahaan yang sering membuka lowongan magang antara lain Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan masih banyak lagi.

  • Transportasi

Perusahaan startup berikutnya adalah bidang transportasi. Sebagian besar masyarakat tentu pernah menggunakan jasa transportasi online seperti Gojek, Grab, dan lain-lain. Oleh karena itu, sektor transportasi dapat menjadi alternatif magang yang bisa kamu ikuti.

  • Edukasi

Salah satu perusahaan startup bidang edukasi yang terkenal di Indonesia adalah liniMuda, yang memiliki dua website unggulan untuk pengembangan karier maupun persiapan kuliah, yakni MySkill dan SimulasiKu.

Tidak hanya itu, liniMuda juga memiliki program E-Learning serta Bootcamp yang dibimbing langsung oleh para ahli guna meningkatkan hard skill sesuai kebutuhan profesi di era digital.

Untuk itu, liniMuda adalah rekomendasi tempat magang paling tepat bagi kamu yang ingin mencari pengalaman sekaligus ilmu baru.

Baca juga: Info Magang dan Lowongan Internship di Akun Instagram

3. Industri Perbankan

Magang
Internship dalam industri perbankan

Karier di industri perbankan kini tidak hanya terbuka untuk mahasiswa jurusan ekonomi saja, lo! Seiring dengan perkembangan teknologi, sektor perbankan biasanya juga membuka berbagai posisi, seperti IT security specialist, back-end developer, data analyst, data engineer, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, bagi kamu yang berasal dari jurusan Ilmu Komputer atau bidang IT lainnya, perbankan bisa menjadi solusi terbaik untuk mengembangkan potensi diri sehingga lebih siap menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Adapun berikut adalah beberapa program magang yang diselenggarakan oleh bank pemerintah maupun milik swasta di Indonesia:

  • Magang Bakti BCA

Informasi selengkapnya mengenai program tersebut dapat kamu akses melalui website karir.bca.co.id.

  • Program Bina BNI

Bina BNI umumnya terbagi dalam beberapa wilayah, seperti wilayah 06 untuk daerah Jawa Timur, wilayah 09 untuk Kalimantan, dan seterusnya. Oleh karena itu, kamu bisa memilih lokasi Bina BNI yang paling dekat dengan tempat tinggal atau domisili saat ini.

  • Magang Permata Bank

Informasi selengkapnya mengenai program tersebut dapat kamu akses melalui wesbite permatabank.com pada menu internship.

  • Program Kriya Mandiri oleh Bank Mandiri

Akses informasi lebih lanjut dapat kamu buka di laman bankmandiri.co.id.

4. Magang di Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur untuk persiapkan karier di masa depan

Rekomendasi perusahaan magang berikutnya adalah bidang manufaktur. Secara ekonomi, sektor tersebut cukup berpengaruh karena membutuhkan banyak tenaga kerja. Kebutuhan karyawan yang meningkat juga berarti membuka peluang lebih besar untuk berkarier di perusahaan manufaktur.

Adapun salah satu perusahaan yang sering membuka program internship adalah PT Astra International Tbk. Selanjutnya, agar selalu update dan tidak ketinggalan informasi terbaru, kamu bisa mengakses secara berkala melalui website career.astra.co.id.

Baca juga: Haruskah Anak Magang Dibayar? Yuk, Simak Alasannya!

5. Industri Pangan

Program magang dalam industri pangan

Sama halnya dengan perbankan, industri pangan tidak sebatas untuk mahasiswa jurusan tata boga. Namun, terdapat beberapa posisi seperti quality assurance (QA), quality control (QC), food market researcher, food scientist, product development, dan masih banyak lagi yang terbuka untuk mahasiswa jurusan gizi, teknologi pangan, hingga pertanian.

Adapun beberapa perusahaan yang sering membuka program internship antara lain PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk., PT Mayora Indah Tbk., dan lain-lain.

Itulah 5 rekomendasi perusahaan yang tepat untuk mempersiapkan karier pascakuliah. Nah, selain menjalani program internship, yuk, perdalam lagi ilmu pengetahuan kamu dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp bersama MySkill!

Editor: Deden Usman Hafidi