Make It Stick: The Science of Successful Learning.

Judul Buku: Make It Stick: The Science of Successful Learning.

Nama Penulis: Peter C. Brown, Henry L. Roediger III, dan Mark A. McDaniel.

Nama Penerbit: Belknap Press: An Imprint of Harvard University Press.

Tahun Penerbitan: 2014.

Buku “Make It Stick: The Science of Successful Learning” yang ditulis oleh Peter C. Brown, Henry L. Roediger III, dan Mark A. McDaniel adalah sebuah panduan yang ramah dan menyenangkan yang mengungkapkan ilmu di balik pembelajaran yang berhasil. Buku ini menyoroti pendekatan ilmiah dan teknik yang efektif untuk memperoleh dan mempertahankan pengetahuan dalam jangka panjang.

Dalam buku ini, penulis menjelaskan tentang pentingnya memahami bagaimana otak kita belajar dan menyimpan informasi. Mereka membahas konsep-konsep seperti “interleaving” (bergantian) materi pembelajaran, pengujian diri, dan pengulangan yang terencana untuk memperkuat memori.

Salah satu poin penting dalam buku ini adalah bagaimana kesalahan dan tantangan dalam pembelajaran sebenarnya membantu kita memperkuat pemahaman dan retensi informasi. Penulis menggambarkan teknik-teknik seperti “retrieval practice” (praktik pengambilan) dan “spacing” (penempatan jarak) dalam pengulangan materi untuk meningkatkan retensi jangka panjang.

Buku ini juga membahas pentingnya menggabungkan pembelajaran aktif, refleksi, dan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran. Penulis memberikan contoh kasus nyata dan studi penelitian untuk mendukung konsep-konsep yang diajarkan.

Ditulis dengan gaya yang ramah dan menyenangkan, buku ini membantu pembaca untuk mengatasi mitos dan kekeliruan yang umumnya terkait dengan pembelajaran. Penulis menekankan bahwa mempelajari keterampilan atau pengetahuan membutuhkan upaya aktif, refleksi, dan pengulangan yang terencana.

“Make It Stick: The Science of Successful Learning” adalah buku yang sangat berguna bagi siapa pun yang ingin mempelajari keterampilan baru, memperdalam pengetahuan, atau meningkatkan efektivitas belajar mereka. Dalam bahasa yang mudah dipahami, buku ini menggabungkan penelitian ilmiah dengan saran praktis untuk membantu Kita mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan.

Key Summary:

  1. Pembelajaran yang Efektif: Buku ini membahas tentang pendekatan pembelajaran yang efektif berdasarkan penelitian ilmiah. Penulis menyoroti strategi-strategi yang dapat membantu kita memperoleh dan mempertahankan pengetahuan dalam jangka panjang.
  2. Retrieval Practice: Salah satu poin utama dalam buku ini adalah pentingnya praktik pengambilan atau pengujian diri. Penulis menjelaskan bahwa menguji diri secara berulang membantu mengingat dan mengkonsolidasi informasi dengan lebih baik daripada metode belajar pasif.
  3. Interleaving: Buku ini mengungkapkan manfaat “interleaving” atau bergantian materi pembelajaran. Alih-alih fokus pada satu topik dalam waktu yang lama, penulis menganjurkan untuk beralih antara topik-topik yang berbeda untuk memperkuat pemahaman secara keseluruhan.
  4. Spacing: Penulis menjelaskan tentang prinsip spacing atau penempatan jarak dalam pengulangan materi. Dalam buku ini, kita akan mempelajari betapa pentingnya menyebarkan waktu belajar kita secara merata, daripada belajar secara intensif dalam waktu yang singkat.
  5. Efek Generasi: Buku ini membahas efek generasi atau self-generation effect dalam mempelajari materi. Penulis menyarankan kita untuk mencoba menghasilkan jawaban sendiri ketika belajar, daripada hanya mengulang informasi yang diberikan.
  6. Konsolidasi Memori: Buku ini menjelaskan tentang proses konsolidasi memori dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran. Penulis menggambarkan pentingnya tidur yang cukup dan waktu istirahat untuk memperkuat ingatan dan meningkatkan retensi informasi.
  7. Pemahaman yang Dalam: Penulis mendorong kita untuk membangun pemahaman yang mendalam, bukan sekadar menghafal informasi secara mekanis. Mereka memberikan tips tentang bagaimana mempraktekkan pemecahan masalah, merenungkan materi, dan membuat koneksi antara konsep-konsep yang telah dipelajari.
  8. Menangani Kesulitan: Buku ini memberikan panduan tentang cara menghadapi kesulitan dalam pembelajaran. Penulis menekankan pentingnya mempersepsi kesulitan sebagai kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan ketimbang sebagai hambatan.
  9. Membangun Pola Pikir yang Positif: Buku ini mendorong kita untuk mengembangkan pola pikir yang positif terkait dengan pembelajaran. Penulis menjelaskan bahwa keyakinan akan kemampuan kita untuk belajar dan berkembang sangat memengaruhi hasil pembelajaran.
  10. Aktif dalam Diskusi: Buku ini menganjurkan kita untuk terlibat aktif dalam diskusi dan berbagi pengetahuan dengan orang lain. Melalui diskusi, kita dapat menguji dan mengasah pemahaman kita, serta memperoleh sudut pandang baru.
  11. Menggunakan Meta-Kognisi: Penulis membahas pentingnya penggunaan meta-kognisi atau pemahaman tentang cara kita belajar. Mereka memberikan wawasan tentang bagaimana merefleksikan proses pembelajaran kita, mengenali kekuatan dan kelemahan kita, dan mengadaptasi strategi belajar yang sesuai.
  12. Menghindari Illusi Pemahaman: Buku ini mengungkapkan bahaya dari illusi pemahaman, yaitu merasa telah memahami suatu konsep tanpa benar-benar memahaminya. Penulis memberikan strategi untuk mengatasi illusi ini dengan praktik pengujian diri secara aktif.
  13. Menerapkan Pengetahuan: Penulis mendorong kita untuk menerapkan pengetahuan yang telah kita pelajari dalam situasi nyata. Dengan menerapkan pengetahuan kita, kita dapat memperkuat pemahaman dan merasakan manfaat langsung dari pembelajaran.
  14. Menggunakan Analogi: Buku ini menjelaskan bagaimana menggunakan analogi untuk membantu pemahaman dan menghubungkan konsep-konsep yang berbeda. Penulis memberikan contoh penggunaan analogi yang kreatif untuk memudahkan pemahaman dan mengingat informasi yang kompleks.
  15. Belajar Seumur Hidup: Buku ini mendorong kita untuk menjadikan pembelajaran sebagai bagian tak terpisahkan dari hidup kita. Penulis mengajak kita untuk terus berusaha belajar dan mengembangkan diri sepanjang hidup kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.