Review Buku The 7 Habits of Highly Effective People

Judul Buku: “The 7 Habits of Highly Effective People”

Penulis: Stephen R. Covey

Penerbit: Free Press

Tahun Penerbitan: 1989

“The 7 Habits of Highly Effective People” adalah buku yang ditulis oleh Stephen R. Covey, seorang penulis dan pembicara terkenal di bidang pengembangan diri dan manajemen. Buku ini merupakan panduan praktis yang telah mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Covey mengidentifikasi tujuh kebiasaan kunci yang dimiliki oleh orang-orang yang sukses secara efektif, baik di tingkat pribadi maupun profesional.

Melalui buku ini, Covey mengajarkan kita tentang pentingnya membangun karakter dan etika yang kuat sebagai dasar kesuksesan jangka panjang. Ia menekankan pentingnya mengendalikan diri sendiri dan mengambil tanggung jawab atas tindakan dan hasil dalam hidup.

Covey juga membahas konsep “win-win” dalam berinteraksi dengan orang lain, mengembangkan kemampuan berempati, dan mencari solusi yang saling menguntungkan untuk semua pihak.

Buku ini mengilustrasikan kebiasaan-kebiasaan tersebut melalui contoh-contoh dan cerita yang menginspirasi. Covey memberikan panduan langkah-demi-langkah untuk mengintegrasikan kebiasaan-kebiasaan ini ke dalam kehidupan sehari-hari.

Dari memulai dengan akhir dalam pikiran (begin with the end in mind) hingga menciptakan kemenangan bersama (synergize), buku ini memberikan kerangka kerja yang kuat untuk mengembangkan kehidupan yang bermakna dan sukses secara holistik.

“The 7 Habits of Highly Effective People” tidak hanya memberikan wawasan dan prinsip-prinsip penting untuk mencapai kesuksesan, tetapi juga mengajarkan kita tentang pentingnya mengutamakan nilai-nilai pribadi dan membangun hubungan yang sehat dengan orang lain.

Buku ini telah menjadi salah satu karya klasik yang direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin mencapai kesuksesan dan keseimbangan dalam hidup mereka.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Key Summary:

  1. Begin with the end in mind: Mengarahkan hidup kita dengan memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin kita capai dan siapa yang ingin kita menjadi di masa depan. Dengan memulai dengan akhir dalam pikiran, kita dapat mengarahkan tindakan kita dengan tujuan yang lebih besar dan meningkatkan fokus kita pada hal-hal yang benar-benar penting.
  2. Put first things first: Menempatkan prioritas pada tugas-tugas yang paling penting dan memiliki dampak yang signifikan dalam mencapai tujuan jangka panjang kita. Dengan mengelola waktu dengan bijaksana dan fokus pada kegiatan yang paling berarti, kita dapat meningkatkan produktivitas dan menghindari penundaan yang tidak perlu.
  3. Think win-win: Mengembangkan sikap dan pendekatan yang mencari solusi yang saling menguntungkan bagi semua pihak dalam setiap situasi. Dengan membangun kolaborasi, menciptakan kesepakatan yang adil, dan menghargai kebutuhan dan kepentingan orang lain, kita dapat membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan.
  4. Seek first to understand, then to be understood: Memprioritaskan mendengarkan secara empatik dan memahami sudut pandang orang lain sebelum berusaha untuk dieksposisikan. Dengan menghargai dan mengerti orang lain, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik, mengatasi konflik, dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.
  5. Synergize: Menciptakan sinergi melalui kolaborasi kreatif dengan orang lain. Menggabungkan kekuatan, bakat, dan perspektif yang berbeda untuk mencapai hasil yang lebih baik daripada yang bisa dicapai secara individual. Dengan membuka pikiran kita dan bekerja secara sinergis, kita dapat mencapai hasil yang luar biasa dan memajukan tujuan bersama.
  6. Put first things first: Menempatkan prioritas pada tugas-tugas yang paling penting dan memiliki dampak yang signifikan dalam mencapai tujuan jangka panjang kita. Dengan mengelola waktu dengan bijaksana dan fokus pada kegiatan yang paling berarti, kita dapat meningkatkan produktivitas dan menghindari penundaan yang tidak perlu.
  7. Sharpen the saw: Mengutamakan perawatan diri dan pengembangan pribadi melalui pendidikan, refleksi, dan keseimbangan dalam kehidupan. Dengan memastikan bahwa kita dalam kondisi fisik, mental, emosional, dan spiritual yang baik, kita dapat mempertahankan performa yang tinggi dan mewujudkan kesuksesan yang berkelanjutan.
  8. Paradigm shift: Membuka pikiran kita untuk melihat dunia dan situasi dari sudut pandang yang berbeda. Merubah pola pikir yang kaku dan membuka diri terhadap perspektif baru membantu kita mengatasi hambatan dan mencapai solusi yang lebih kreatif dan inovatif.
  9. Circle of Influence: Fokus pada hal-hal yang dapat kita kontrol dan pengaruh kita, daripada menghabiskan energi kita pada hal-hal yang di luar kendali kita. Dengan memusatkan perhatian kita pada lingkup pengaruh kita, kita dapat mengambil tindakan yang efektif dan menghindari perasaan tidak berdaya.
  10. Emotional Bank Account: Membangun kepercayaan dan hubungan yang baik dengan orang lain melalui investasi emosional positif. Dengan memberikan perhatian, menghargai, dan mendukung orang lain, kita membangun saldo emosional yang kuat yang mendukung kolaborasi dan kerjasama yang sukses.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan