Ringkasan Buku The Experience Maker by Dan Gingiss

Judul Buku: The Experience Maker: How to Create Remarkable Experiences That Your Customers Can’t Wait to Share

Penulis: Dan Gingiss

Penerbit: Morgan James Publishing

Tahun Penerbitan: 2021

  1. Pentingnya Mengenali Kebutuhan Pelanggan: Kita harus aktif mendengarkan dan memahami apa yang diinginkan dan diharapkan oleh pelanggan agar dapat menciptakan pengalaman yang relevan dan bermakna bagi mereka.
  2. Memahami Perjalanan Pelanggan: Kita diajarkan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang diambil oleh pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis kita. Dengan memahami perjalanan pelanggan, kita dapat mengidentifikasi titik-titik penting di mana kita dapat memberikan pengalaman yang lebih baik.
  3. Membangun Produk atau Layanan yang Menginspirasi: Kita diberikan wawasan tentang pentingnya merancang produk atau layanan yang inovatif dan menginspirasi, sehingga pelanggan merasa terhubung secara emosional dan terdorong untuk berbagi pengalaman mereka dengan orang lain.
  4. Fokus pada Detil-Detil Kecil yang Berarti Banyak: Menekankan pentingnya memberikan perhatian pada detil-detil kecil, karena seringkali hal-hal kecil inilah yang menciptakan perbedaan besar dalam pengalaman pelanggan kita.
  5. Menciptakan Memori Positif: Kita diajarkan bagaimana menciptakan momen-momen berkesan yang meninggalkan kesan positif dan berharga dalam ingatan pelanggan. Memori positif ini akan membantu memperkuat hubungan jangka panjang dengan pelanggan kita.
  6. Pelayanan Pelanggan yang Luar Biasa: Kita diberikan panduan tentang bagaimana memberikan pelayanan pelanggan yang terbaik, termasuk cara mengatasi keluhan dengan cepat dan efektif, serta memberikan solusi yang memuaskan bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan.
  7. Berinovasi dalam Pengalaman: Mendorong kita untuk terus berinovasi dalam menciptakan pengalaman pelanggan, sehingga bisnis kita tetap segar dan menarik di tengah persaingan yang ketat.
  8. Melibatkan Karyawan dalam Pengalaman: Menekankan pentingnya melibatkan seluruh karyawan dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa, karena pengalaman tersebut bukan hanya tanggung jawab dari satu departemen saja.
  9. Menyelaraskan Pengalaman di Seluruh Saluran: Mengajarkan bagaimana menyelaraskan pengalaman pelanggan di seluruh saluran, termasuk online dan offline, sehingga pelanggan merasa konsisten dan terhubung dengan merek kita.
  10. Berbagi Kisah Sukses: Kita diajak untuk memahami kisah sukses dari perusahaan-perusahaan lain yang telah berhasil menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Dengan mempelajari kasus-kasus tersebut, kita dapat mengambil inspirasi untuk diterapkan dalam bisnis kita sendiri.
  11. Menerapkan Prinsip Keberlanjutan: Menyoroti pentingnya mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam menciptakan pengalaman pelanggan. Kita diajarkan untuk menjadi perusahaan yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat, sehingga nilai-nilai ini juga tercermin dalam pengalaman yang kita tawarkan.
  12. Memanfaatkan Teknologi Secara Bijaksana: Diberikan wawasan tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi tetap harus bijaksana dalam penggunaannya agar teknologi tersebut tidak mengaburkan sisi humanis dari pengalaman.
  13. Melibatkan Pelanggan dalam Proses Pengembangan: Menganjurkan agar kita melibatkan pelanggan dalam proses pengembangan produk atau layanan baru. Dengan memperoleh masukan langsung dari pelanggan, kita dapat menciptakan solusi yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.
  14. Mengukur dan Menganalisis Pengalaman Pelanggan: Mengajarkan bagaimana mengukur dan menganalisis pengalaman pelanggan secara efektif. Dengan data yang tepat, kita dapat terus memperbaiki dan meningkatkan pengalaman yang kita tawarkan.
  15. Menjaga Konsistensi dalam Pengalaman: Terakhir, menekankan pentingnya menjaga konsistensi dalam pengalaman pelanggan kita. Konsistensi menciptakan kepercayaan dan loyalitas, sehingga pelanggan merasa yakin bahwa mereka akan selalu mendapatkan pengalaman yang luar biasa setiap kali berinteraksi dengan bisnis kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan