Review Buku The First 20 Hours: How to Learn … Fast!

Judul Buku: The First 20 Hours: How to Learn Anything . . . Fast!

Nama Penulis: Josh Kaufman.

Nama Penerbit: Portfolio Penguin.

Tahun Penerbitan: 2014.

Buku “The First 20 Hours: How to Learn Anything . . . Fast!” yang ditulis oleh Josh Kaufman adalah sebuah buku yang ramah dan menyenangkan yang memberikan panduan praktis tentang bagaimana belajar apa pun dengan cepat.

Dalam buku ini, Kaufman menantang mitos bahwa membutuhkan ribuan jam untuk menguasai suatu keterampilan. Ia berpendapat bahwa dengan pendekatan yang tepat, kita dapat memperoleh tingkat kompetensi yang tinggi dalam waktu singkat, yaitu dalam 20 jam pertama.

Buku ini menyajikan kerangka kerja yang jelas dan praktis untuk mempelajari keterampilan baru dengan cepat. Kaufman mengajarkan metode yang disebut “Rapid Skill Acquisition” yang melibatkan fokus pada inti dari keterampilan tersebut, pembelajaran yang terarah, dan latihan intensif.

Salah satu poin penting dalam buku ini adalah pentingnya mengatasi fase awal belajar yang sulit. Kaufman memberikan strategi untuk menghadapi rintangan-rintangan yang umum saat mempelajari keterampilan baru, seperti frustrasi dan kebingungan, serta bagaimana mengatasi kecenderungan untuk menyerah pada tahap awal ini.

Buku ini juga membahas tentang bagaimana memilih proyek atau tugas yang tepat untuk latihan intensif dalam 20 jam pertama. Kaufman memberikan wawasan tentang bagaimana mengatur waktu, memecah keterampilan menjadi komponen yang terkelompok, dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara efektif.

Dalam buku ini, Kita juga akan mempelajari strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan keterampilan setelah 20 jam pertama. Kaufman memberikan saran tentang bagaimana melanjutkan praktik yang konsisten, menguasai keterampilan dasar, dan mengembangkan kepercayaan diri.

Dengan menggunakan contoh nyata dan cerita inspiratif, Kaufman mengilustrasikan konsep-konsep yang diajarkan dalam buku ini dengan jelas dan menyenangkan. Ia menekankan pentingnya kesabaran, komitmen, dan latihan yang terarah dalam mencapai kemajuan yang signifikan dalam belajar.

“The First 20 Hours: How to Learn Anything . . . Fast!” adalah buku yang sangat cocok bagi siapa pun yang ingin menguasai keterampilan baru dengan cepat dan efisien. Dalam bahasa yang mudah dipahami dan dengan gaya penulisan yang inspiratif, buku ini memberikan panduan praktis untuk mengembangkan kompetensi dalam waktu singkat dan meraih kesuksesan dalam pembelajaran apa pun yang kita pilih.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Key Summary:

  1. Konsep 20 Jam Pertama: Buku ini mengajarkan bahwa dengan dedikasi dan fokus yang tepat, kita dapat memperoleh tingkat kompetensi yang signifikan dalam suatu keterampilan dalam 20 jam pertama pembelajaran.
  2. Memilih Keterampilan yang Tepat: Kaufman memberikan tips tentang bagaimana memilih keterampilan yang ingin dipelajari, mempertimbangkan minat pribadi dan relevansi dengan tujuan yang ingin dicapai.
  3. Memahami Inti Keterampilan: Buku ini mendorong kita untuk memahami inti dari keterampilan yang ingin dipelajari dan memfokuskan upaya pembelajaran pada hal-hal yang paling penting dan memberikan hasil yang maksimal.
  4. Pembelajaran Terarah: Kaufman menjelaskan tentang pentingnya mempelajari keterampilan secara terarah, dengan merancang sebuah rencana dan menyusun langkah-langkah yang jelas untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Latihan Intensif: Buku ini menggarisbawahi pentingnya latihan yang intensif dalam jangka waktu singkat. Kaufman memberikan wawasan tentang bagaimana melatih keterampilan dengan fokus, menggunakan teknik yang efektif, dan mengukur kemajuan secara teratur.
  6. Mengatasi Rintangan Awal: Kaufman memberikan strategi untuk mengatasi rintangan-rintangan yang sering muncul pada tahap awal pembelajaran, seperti kebingungan dan frustrasi. Buku ini memberikan wawasan tentang bagaimana menjaga motivasi dan terus maju meskipun menghadapi kesulitan.
  7. Memanfaatkan Sumber Daya yang Tersedia: Penulis memberikan tips tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya yang tersedia, seperti buku, panduan, dan sumber belajar online, untuk mempercepat pembelajaran.
  8. Pemecahan Keterampilan Menjadi Komponen: Buku ini membahas tentang pentingnya memecah keterampilan yang kompleks menjadi komponen yang lebih kecil dan lebih mudah dikuasai. Kaufman memberikan wawasan tentang bagaimana memahami struktur keterampilan dan memfokuskan upaya pembelajaran pada bagian yang paling penting.
  9. Praktik yang Konsisten: Kaufman menekankan pentingnya praktik yang konsisten dalam memperkuat keterampilan. Buku ini memberikan strategi untuk menjaga praktik yang teratur dan melatih keterampilan secara berkelanjutan.
  10. Mengembangkan Kepercayaan Diri: Penulis memberikan wawasan tentang bagaimana mengembangkan kepercayaan diri dalam mempelajari keterampilan baru. Buku ini memberikan strategi untuk mengatasi ketakutan dan keraguan diri, serta membangun keyakinan melalui eksperimen dan pengalaman langsung.
  11. Fokus pada Proses, Bukan Hasil: Kaufman menekankan pentingnya fokus pada proses pembelajaran, bukan hanya pada hasil akhir. Buku ini memberikan wawasan tentang bagaimana menikmati perjalanan pembelajaran dan melihat kesalahan sebagai bagian alami dari proses belajar.
  12. Mengatasi Gangguan dan Prokrastinasi: Buku ini memberikan strategi untuk mengatasi gangguan dan menghindari prokrastinasi yang dapat menghambat kemajuan pembelajaran. Kaufman memberikan tips tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang mendukung dan mengelola waktu dengan efektif.
  13. Menggunakan Teknologi dengan Bijak: Kaufman memberikan saran tentang bagaimana menggunakan teknologi dengan bijak dalam proses pembelajaran. Buku ini membahas tentang cara memanfaatkan aplikasi, sumber belajar online, dan alat elektronik untuk mendukung pembelajaran yang efektif.
  14. Pembelajaran yang Aktif: Buku ini mendorong pembelajaran yang aktif, dengan melibatkan diri dalam latihan langsung, praktik, dan eksperimen. Kaufman memberikan wawasan tentang bagaimana menggabungkan teori dengan praktik yang berarti.
  15. Melampaui 20 Jam Pertama: Kaufman memberikan saran tentang bagaimana melanjutkan pembelajaran setelah 20 jam pertama dan mengembangkan keterampilan menjadi tingkat yang lebih tinggi. Buku ini memberikan wawasan tentang bagaimana menjaga kebiasaan belajar dan terus memperbaiki keterampilan seiring waktu.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan