10 Jenis Kopi Dunia dan Indonesia, Calon Barista Wajib Tahu!

Kopi adalah minuman yang populer di seluruh dunia, dan setiap jenis kopi memiliki karakteristik unik yang membedakannya. Bagi calon barista, memahami berbagai jenis kopi adalah hal yang penting untuk menghasilkan minuman kopi yang berkualitas. Berikut adalah 10 jenis kopi dunia dan Indonesia yang perlu kamu ketahui:

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Jenis Kopi Dunia

  1. Arabika (Arabica): Jenis kopi Arabika merupakan yang paling populer di dunia. Kopi Arabika memiliki rasa yang kompleks, dengan asam yang seimbang dan aroma yang bervariasi tergantung pada tempat tumbuhnya.
  2. Robusta: Kopi Robusta memiliki rasa yang lebih kuat dan pahit dibandingkan Arabika. Kopi Robusta juga memiliki kadar kafein yang lebih tinggi.
  3. Liberika (Liberica): Jenis kopi yang lebih jarang ditemui, Liberika memiliki biji kopi yang lebih besar dan rasa yang berbeda, cenderung memiliki aroma yang lebih kuat dan asam yang rendah.
  4. Excelsa: Kopi Excelsa memiliki ciri khas rasa yang unik, dengan paduan antara asam yang tinggi dan rasa yang kompleks, sering digunakan sebagai campuran untuk meningkatkan kompleksitas rasa kopi.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Jenis Kopi Indonesia

  1. Kopi Luwak: Kopi Luwak adalah jenis kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang dimakan oleh musang atau luwak, kemudian difermentasi di dalam tubuh musang sebelum dikeluarkan. Proses fermentasi ini memberikan rasa yang unik pada kopi Luwak.
  2. Kopi Aceh: Kopi Aceh dikenal dengan cita rasanya yang khas, dengan sentuhan rempah-rempah dan coklat.
  3. Kopi Toraja: Kopi Toraja berasal dari daerah Toraja di Sulawesi Selatan. Kopi ini memiliki rasa yang kompleks, dengan asam yang seimbang dan aroma yang kuat.
  4. Kopi Mandailing: Kopi Mandailing berasal dari daerah Mandailing, Sumatera Utara. Kopi ini memiliki cita rasa yang kuat, dengan aroma dan keasaman yang rendah.
  5. Kopi Gayo: Kopi Gayo berasal dari daerah Gayo, Aceh. Kopi ini memiliki rasa yang kaya dengan asam yang seimbang dan aroma yang kompleks.
  6. Kopi Bali: Kopi Bali memiliki karakteristik yang unik, dengan aroma yang manis dan rasa yang lembut.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Memahami berbagai jenis kopi dunia dan Indonesia adalah langkah penting bagi calon barista untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyajikan kopi yang berkualitas tinggi. Dengan memahami karakteristik masing-masing jenis kopi, seorang barista dapat menciptakan pengalaman kopi yang unik dan memuaskan bagi para pecinta kopi.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan