Platform E-mail Marketing Gratis Terbaik yang Wajib Dicoba!

E-mail marketing menjadi salah satu cara pemasaran yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon konsumen. Ada banyak platform yang tersedia untuk membantu mengelola e-mail marketing agar mencapai target penjualan perusahaan. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan strategi pemasaran e-mail. Salah satunya membuat e-mail marketing yang efisien dan menarik. Bagaimana caranya membuat e-mail yang menarik dan tetap efisien tanpa menghabiskan banyak waktu? Berikut adalah 4 platform e-mail marketing gratis terbaik yang sudah MySkill.id rangkum untuk kamu!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Mailchimp, Platform E-mail Marketing yang Cocok untuk Bisnis Kecil hingga Menengah

Platform E-mail Marketing Gratis Terbaik yang Wajib Dicoba!
Mailchimp merupakan platform e-mail marketing yang cocok untuk bisnis skala kecil hingga menengah

Berbagai bisnis kecil hingga menengah banyak yang menggunakan Mailchimp dalam penyusunan e-mail marketing mereka. Mailchimp memiliki berbagai fitur gratis, seperti pembuatan e-mail dan penjadwalan. 

Selain itu, Mailchimp mempunyai tampilan yang memudahkan pelanggan dalam membuat e-mail. Contohnya, pada Content Management System (CMS), kamu sebagai pelanggan bisa menyimpan gambar dan dokumen tertentu. Selain itu, kamu juga bisa membuat e-mail marketing dalam format otomatis berdasarkan segmentasi pelanggan.

Segmentasi pelanggan dapat kamu buat berdasarkan tahapan yang mereka lakukan. Misalnya, mulai dari yang baru registrasi, sudah memasukan produk ke cart, baru melakukan pembelian, dan lain sebagainya. 

Mailchimp juga memiliki fitur rekomendasi cerdas, di mana kamu bisa mendapatkan insights mengenai audiensmu dan perilaku mereka. Dengan fitur ini, kamu bisa mengoptimalkan upaya pemasaranmu agar mencapai hasil yang maksimal. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Omnisend, Platform Pemasaran E-mail yang Cocok untuk Pebisnis Online

Platform E-mail Marketing Gratis Terbaik yang Wajib Dicoba!
Omnisend merupakan platform pemasaran e-mail yang cocok untuk kamu yang berjualan melalui situs web

Buat kamu yang memulai bisnis melalui situs web, Omnisend mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Hal ini karena dukungan salah satu fiturnya yakni Product Picker. Fitur ini memungkinkan kamu memilih produk apa saja yang kamu inginkan ke dalam e-mail kamu. Selain itu, ada berbagai fitur lainnya, seperti kode kupon diskon dan kotak hadiah. 

Omnisend juga mempunyai fitur format otomatis dalam pengiriman e-mail berdasarkan perilaku pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur pengiriman pada waktu yang paling optimal untuk pelanggan. 

3. Sendinblue, Platform Pemasaran E-mail yang Cocok untuk Pemula

Platform E-mail Marketing Gratis Terbaik yang Wajib Dicoba!
Sendinblue merupakan platform pemasaran e-mail yang cocok untuk kamu yang masih pemula

Ingin memulai strategi pemasaran menggunakan e-mail? Sendinblue merupakan salah satu platform yang paling cocok untuk pemula. Selain e-mail marketing, Sendinblue juga memiliki beberapa fitur pemasaran lainnya, seperti fitur customer relationship management

Terdapat lebih dari 70 template desain yang bisa kamu gunakan supaya e-mail marketing milikmu terlihat menarik. Kelebihan template desain dari Sendinblue ini adalah tampilannya yang responsif sehingga memudahkan pembaca. Selain itu, platform ini juga memiliki fitur yang berfokus pada segmentasi audiens untuk memudahkan upaya mengoptimalkan kampanye dan target audiens yang tepat. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. MailerLite, Platform E-mail Marketing dengan Fitur Pop-Up dan Survei

Platform E-mail Marketing Gratis Terbaik yang Wajib Dicoba!
MailerLite memiliki fitur pop-up dan survei yang bisa diatur

Membutuhkan fitur pop-up dan survei untuk bisnismu? MailerLite jawabannya. Platform ini memiliki cukup banyak fitur yang berbeda dengan platform e-mail marketing lainnya, kamu bisa membuat pop-up dan survei yang bisa di-customize. Selain itu, MailerLite juga memiliki fitur pengeditan teks yang memungkinkan kamu menyesuaikan format dan paragraf teks. 

Kamu juga bisa meningkatkan klik dan konversi dengan membuat landing page yang sesuai dengan e-mail yang kamu kirim. Berbagai fitur MailerLite tersebut sangat cocok untuk situs web penjualan online, terutama untuk bisnis kecil hingga menengah.  

Nah, itulah 4 platform e-mail marketing yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan target audiensmu. Tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan bisnis kamu. Sudah menentukannya? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya. Selamat mencoba! 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Diah Ayu Chairani