6 Startup Finansial Sukses: Kenali Produk dan Manfaatnya

Era digitalisasi tak luput dari peran teknologi digital dalam bidang keuangan. Startup finansial adalah salah satu startup yang mendulang kesuksesan di tengah banyaknya kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi secara digital. Kehadiran startup ini tak hanya memberikan keuntungan bagi pengelola bisnis melainkan juga memberi kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas keuangan. Berikut simak ulasan 6 startup finansial yang berhasil mendulang kesuksesan dan memberikan banyak manfaat.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Finansialku, Perencanaan Keuangan

Finansialku, solusi perencanaan keuangan untuk masa depan yang lebih baik)
Finansialku, solusi perencanaan keuangan untuk masa depan yang lebih baik

Salah satu startup di bidang finansial yang memberikan kemudahan dalam perencanaan keuangan. Tak sedikit dari kita yang selalu merasa khawatir dengan kondisi keuangan. Finansialku menjadi solusi perencanaan keuangan yang terukur dan komprehensif yang bisa kamu coba. Kamu bisa melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran, perencanaan keuangan, mengelola investasi dan aset, serta evaluasi kondisi kesehatan keuangan melalui financial checkup

Startup finansial ini juga dilengkapi dengan fitur konsultasi keuangan dengan para ahli tersertifikasi CFP (Certified Financial Planner). Kamu tidak perlu lagi khawatir dengan kondisi keuangan yang tidak terukur. Dengan Finansialku, kamu bisa membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Buku Warung, Pencatatan Keuangan UMKM

 Anti berantakan, Buku Warung akan membantu UMKM dalam mengoptimalkan pencatatan keuangan
Anti berantakan, Buku Warung akan membantu UMKM dalam mengoptimalkan pencatatan keuangan

Buku Warung adalah startup finansial yang fokus pada pencatatan keuangan para pelaku usaha atau UMKM. Startup finansial ini memberikan beragam fitur kemudahan bagi UMKM dalam mengontrol pemasukan dan pengeluaran, mencatat dan melakukan update posisi stok, menyediakan beberapa layanan digital seperti pembayaran listrik dan pulsa, serta mengingatkan dan mengirim tagihan otomatis kepada konsumen yang belum melakukan pembayaran. 

Selain mendukung upaya UMKM dalam meningkatkan pelayanan kepada konsumen, Buku Warung juga memudahkan kamu dalam melakukan transaksi pembayaran kepada supplier melalui berbagai metode pembayaran. Kamu dapat melakukan transfer antar bank secara gratis tanpa kena biaya admin. Hal ini tentunya akan menguntungkan kamu untuk meminimalisir pengeluaran.

3. Bareksa, Investasi

Melek investasi digital dapat mencapai financial freedom di masa depan
Melek investasi digital dapat mencapai financial freedom di masa depan

Setelah berhasil mengatur keuangan dengan baik, berikutnya yang perlu kamu perhatikan dalam mencapai financial freedom adalah investasi. Bareksa sebagai pionir platform investasi di Indonesia memberikan berbagai pilihan investasi yang beragam. Salah satu produk andalannya adalah reksa dana, ada lebih dari 150 pilihan reksa dana terbaik yang telah dikurasi. Produk lainnya adalah emas dan SBN (Surat Berharga Negara). 

Buat kamu yang baru memulai investasi, kamu tidak perlu khawatir karena Bareksa menyediakan fitur Robo Advisor yang akan membimbingimu untuk memilih investasi yang sesuai dengan tujuan dan profil risikomu. Tak hanya itu,startup ini juga menyediakan berbagai metode pembayaran, baik melalui e-Wallet maupun banking.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Investree, Peer to Peer Lending

P2P adalah startup finansial yang membantu pembiayaan UKM
P2P adalah startup finansial yang membantu pembiayaan UKM

Startup finansial terus bermunculan dalam menunjang berbagai aktivitas keuangan. Salah satunya dengan kehadiran startup yang menjembatani pemilik dana dengan peminjam dana atau yang biasa dikenal dengan P2P (Peer to Peer Lending). Investree merupakan pionir startup finansial lending yang sudah berdiri lebih dari 5 tahun. 

Hal ini mendukung pembiayaan pelaku UKM dalam mengembangkan bisnisnya. Selain itu, Investree juga memberikan keuntungan bagi pemberi pinjaman. Startup ini hadir sebagai alternatif solusi pembiayaan perbankan yang tidak dapat menjangkau pembiayaan UKM dengan skala yang lebih kecil. Investree memberikan metode pinjaman yang terjangkau dan memiliki akses yang mudah.

5. Gopay, Dompet Digital

e-Wallet adalah salah satu startup finansial yang paling digandrungi karena perannya yang cukup signifikan
e-Wallet adalah salah satu startup finansial yang paling digandrungi karena perannya yang cukup signifikan

Dompet digital atau e-Wallet merupakan salah satu metode transaksi pembayaran berbasis digital melalui uang elektronik. Gopay adalah dompet digital yang paling banyak digemari lantaran banyaknya layanan dan produk yang saling terintegrasi.

Gopay tak hanya memudahkan kamu dalam melakukan transaksi pembayaran melalui QR Code atau memasukan nomor telepon, melainkan juga menyediakan layanan pulsa, tagihan, investasi, tiket bioskop, tiket event maupun tiket wahana rekreasi. Kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai kebutuhan dalam satu aplikasi.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

6. CekAja, Market Aggregator

Startup market aggregator adalah startup finansial yang membantu membandingkan beberapa produk finansial
Startup market aggregator adalah startup finansial yang membantu membandingkan beberapa produk finansial

Setelah mengulas beragam startup finansial dari berbagai aspek, berikutnya adalah membandingkan berbagai produk keuangan melalui market aggregator. CekAja adalah salah satunya. Startup finansial ini akan memudahkan kamu dalam membandingkan beberapa produk finansial yang mencakup informasi kartu kredit, kredit pinjaman, kredit UKM, asuransi, tabungan, dan investasi. 

Melalui CekAja, kamu tidak perlu lagi membandingkan produk-produk finansial tersebut melalui website perusahaan ataupun mendatangi perusahaan tersebut. Dengan memasukan informasi yang kamu butuhkan, CekAja akan menampilkan produk sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa mengaksesnya secara gratis tanpa biaya.

Itulah Sobat MySkill, ulasan mengenai 6 startup finansial yang memberikan banyak manfaat melalui berbagai fitur dan produknya. Melihat peluang semakin masifnya industri ini di era digital, tentunya akan menjadi prospek karier yang menjanjikan. Kamu bisa meningkatkan softskill dan hardskill melalui berbagai program bootcamp dan e-learning yang tersedia di MySkill.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill