7 Perbedaan Segmentasi Pasar dan Target Pasar

Segmentasi pasar dan target pasar adalah dua konsep penting dalam pemasaran yang sering kali tertukar. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam konteks strategi pemasaran. Berikut adalah tujuh perbedaan antara segmentasi pasar dan target pasar yang perlu dipahami:

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Definisi

  • Segmentasi Pasar: Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan karakteristik atau kebutuhan yang sama.
  • Target Pasar: Target pasar adalah kelompok tertentu dari segmentasi pasar yang menjadi fokus perhatian perusahaan untuk pemasaran produk atau layanan mereka.

2. Tujuan

  • Segmentasi Pasar: Tujuan dari segmentasi pasar adalah untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau karakteristik yang serupa.
  • Target Pasar: Tujuan dari target pasar adalah untuk menentukan kelompok mana yang akan menjadi sasaran pemasaran produk atau layanan perusahaan.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Proses

  • Segmentasi Pasar: Proses segmentasi pasar melibatkan analisis pasar untuk mengidentifikasi segmen-segmen potensial berdasarkan demografi, geografi, perilaku, atau psikografi.
  • Target Pasar: Setelah melakukan segmentasi pasar, perusahaan memilih salah satu atau beberapa segmen yang paling menarik dan cocok untuk menjadi target pasar mereka.

4. Ruang Lingkup

  • Segmentasi Pasar: Segmentasi pasar bersifat lebih luas karena melibatkan pembagian pasar secara keseluruhan.
  • Target Pasar: Target pasar lebih spesifik karena mengarah pada kelompok tertentu di dalam segmen pasar.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Fokus

  • Segmentasi Pasar: Segmentasi pasar lebih fokus pada pengidentifikasian dan pemahaman tentang variasi dalam kebutuhan dan perilaku konsumen.
  • Target Pasar: Target pasar lebih fokus pada bagaimana mempengaruhi dan menarik kelompok tertentu dalam segmen pasar untuk membeli produk atau layanan perusahaan.

6. Strategi Pemasaran

  • Segmentasi Pasar: Segmentasi pasar membantu dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dengan menyesuaikan produk atau layanan dengan kebutuhan spesifik dari setiap segmen.
  • Target Pasar: Target pasar membantu dalam menentukan cara terbaik untuk mencapai dan memengaruhi kelompok tertentu yang menjadi sasaran pemasaran.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

7. Hasil yang Diinginkan

  • Segmentasi Pasar: Segmentasi pasar diharapkan dapat menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang pasar dan memungkinkan perusahaan untuk menyediakan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Target Pasar: Target pasar diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pemasaran dengan mengarahkan upaya pemasaran ke kelompok yang paling mungkin menjadi pelanggan.

Dengan memahami perbedaan antara segmentasi pasar dan target pasar, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill