7 Tips Menulis Pesan Networking Lewat Email plus Contohnya

Alasan Melakukan Networking Lewat Email

Email adalah salah satu cara paling efektif untuk melakukan networking di era digital saat ini. Dengan email, kita dapat dengan mudah terhubung dengan profesional lain, memperluas jaringan, dan membangun hubungan yang berarti. Selain itu, email juga memberikan fleksibilitas dan kesempatan untuk berkomunikasi secara lebih terencana dan efisien.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Tips Menulis Email Networking yang Profesional

  1. Subject Line yang Menarik: Gunakan subject line yang singkat, jelas, dan menarik perhatian penerima. Contoh: “Mengajukan Pertanyaan Mengenai Peluang Kolaborasi”.
  2. Personalisasi: Selalu sertakan nama penerima dalam salam dan sesuaikan isi email dengan latar belakang atau minat mereka. Contoh: “Halo Pak Budi, Saya tertarik dengan proyek yang sedang Anda kerjakan…”.
  3. Tujuan yang Jelas: Sampaikan tujuan kita dengan jelas dan singkat di awal email. Hindari penjelasan yang terlalu panjang dan membingungkan. Contoh: “Saya ingin berbagi pengalaman saya dalam bidang ini dan melihat apakah ada kesempatan untuk bekerja sama”.
  4. Highlight Keunggulan: Sertakan informasi singkat tentang diri kita, pengalaman kerja, dan keahlian yang relevan. Tetapkan nilai tambah yang dapat kita berikan kepada penerima. Contoh: “Saya memiliki pengalaman dalam pengelolaan proyek yang kompleks dan percaya bahwa saya dapat membawa kontribusi positif bagi proyek Anda”.
  5. Call to Action (CTA): Ajukan pertanyaan atau tawarkan kesempatan untuk berkomunikasi lebih lanjut. Contoh: “Apakah Anda tertarik untuk mendiskusikan lebih lanjut? Saya sangat menghargai waktu dan pandangan Anda”.
  6. Penutup yang Ramah: Akhiri email dengan penutup yang ramah, seperti “Terima kasih atas perhatian Anda” atau “Salam hangat”. Jangan lupa untuk menyertakan tanda tangan kita.
  7. Periksa dan Koreksi: Sebelum mengirim email, pastikan untuk memeriksa ejaan, tata bahasa, dan formatnya. Email yang rapi dan profesional dapat meningkatkan kesan kepada penerima.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Contoh Email Networking

Subject: Permintaan Informasi tentang Peluang Kolaborasi

Halo Pak Budi,

Saya senang menemukan profil Anda di LinkedIn dan melihat bahwa Anda memiliki pengalaman yang luas dalam bidang teknologi informasi. Saya tertarik dengan proyek-proyek yang sedang Anda kerjakan, terutama dalam pengembangan perangkat lunak.

Saya ingin memperkenalkan diri saya, saya adalah [Nama Anda], seorang profesional di bidang teknologi informasi dengan pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak selama 5 tahun terakhir. Saya sangat tertarik untuk berbagi pengalaman saya dengan Anda dan melihat apakah ada kesempatan untuk bekerja sama.

Apakah Anda tersedia untuk berbicara lebih lanjut? Saya siap untuk beradaptasi dengan jadwal Anda. Terima kasih atas perhatian Anda dan saya sangat menghargai waktu Anda.

Salam hangat,
[Nama Anda]
[Nomor Telepon]
[Alamat Email]

Dengan mengikuti tips ini dan menyusun email dengan bijaksana, kita dapat meningkatkan kesempatan untuk menjalin hubungan yang berarti dengan para profesional lain dan memperluas jaringan kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan