Hashtag Instagram Penting bagi Akunmu, Ini 5 Alasannya

Terdapat beberapa aspek penting yang perlu Sobat MySkill ketahui untuk membangun akun Instagram. Cara mengembangkan akun dengan membuat konten menarik secara konsisten, mungkin sudah sering kamu dengar. Akan tetapi, apakah kamu sudah tau bahwa hashtag juga termasuk dalam aspek penting guna membangun akun Instagram?

Orang-orang kerap kali mengabaikan penggunaannya. Padahal, hashtag memiliki peran cukup krusial. Sebenarnya seberapa penting sih, hashtag di Instagram? Untuk mengetahui jawabannya, mari, simak bersama-sama penjelasan di bawah ini!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Pengertian Hashtag

Hashtag instagram adalah salah satu cara menaikkan sebuah konten
Hashtag biasanya berada pada caption dan kolom komentar

Hashtag di Instagram sama seperti keyword yang membantu search engine dalam menemukan dan mengidentifikasi sebuah konten. Keberadaannya biasa diletakkan pada caption maupun kolom comment.

Selain itu, melaluinya, kamu dapat meningkatkan engagement akun. Pada dasarnya hashtag berpengaruh pada penilaian algoritma Instagram. Sistem algoritma sendiri tak mampu membaca baik gambar maupun foto. Namun, sistem dapat mengerti tulisan pada hashtag, sehingga pemakaiannya ini terbilang cukup penting.

Dalam menggunakannya, seorang content creator perlu memilih kata terkait konten. Sehingga sistem algoritma dapat mengkategorikan konten tersebut pada kelompok content yang serupa. Jika menggunakan tagar yang relevan, konten akan tampil pada layar target user-mu. Maka dari itu, jangan asal dalam menentukan tagar, pilihlah dengan benar.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini. 

Alasan Pentingnya Hashtag Instagram

5 peran penting penggunaan hashtag intagram
Pentingnya penggunaan tagar Instagram (Dokumen: pribadi)
1. Membantu Promosi Konten

Supaya bisa lebih mudah dikenali, creator bisa melakukan promosi mengenai produknya dengan membuat tagar baru. Hal tersebut juga akan memudahkan orang-orang dalam mengikuti topik tertentu yang ditawarkan creator. Selain itu, keberadaan hashtag ini akan membantu kreator menciptakan target campaigns-nya di Instagram guna strategi promosi. Bahkan, penggunaannya juga mampu menyebarluaskan informasi mengenai kampanye tersebut. 

Sebelumnya terdapat pembahasan bahwa hashtag berpengaruh pada algoritma Instagram. Hal ini menandakan bahwa tagar memengaruhi distribusi sebuah konten. Sehingga kerelevanan sebuah hashtag dapat membantu dalam menjangkau target audiens yang tepat. Oleh sebab itu, hal ini penting dalam membantu promosi konten.

2. Hashtag Mampu Menarik Audiens

Hashtag merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan engagement. Tingkat kerelevanan tagar dengan isi konten dapat memudahkan target audiens dalam menemukan kontenmu. Apalagi jika kamu menggunakan hashtag yang sedang populer di Instagram. 

Hal tersebut pastinya dapat menarik banyak audiens serta meningkatkan hasil engagement. Di samping itu, tagar mampu mendorong user untuk melihat konten lain milikmu, bahkan bisa saja mereka memutuskan untuk mem-follow akunmu. 

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

3. Membangun Relasi dengan Followers

Penggunaanya mampu mendorong followers untuk ikut memakai tagar buatanmu. Hal ini bisa Sobat MySkill terapkan dengan meminta mereka menunjukan foto atau video sambil mencantumkan hashtag-mu. Misal kamu sedang melakukan kampanye makan singkong, mintalah followers untuk partisipasi membagikan foto mereka sedang makan singkong. Contoh lainnya bisa kamu lakukan dengan membuat tagar pada acara giveaway.

Melalui cara tersebut, tak hanya membuat followers mempromosikan kampanyemu. Akan tetapi, juga mampu mendekatkan hubungan dan meningkatkan interaksinya dengan kamu. Oleh karena itu, hubungan dengan followers dapat terbangun melalui tagar.

4. Membantu Mengenal Kompetitor

Guna melakukan promosi akunnya, kreator perlu mengetahui tentang kompetitornya. Kehadiran hashtag membantumu melakukan research tentang kompetitor. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan melihat tagar apa yang paling sering pesaing gunakan. 

Di samping itu, lihatlah juga post pertama dalam halaman pencarian Instagram dari hashtag terkait. Perhatikan hasil respon audiens terhadap unggahan peringkat pertama tersebut. Dari post pertama itu, kamu bisa pelajari jenis konten apa yang paling efektif guna menarik audiens. 

5. Bisa Mendeskripsikan Konten

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, sistem algoritma tak dapat membaca dan mengkategorikan sebuah foto. Maka dari itu, percuma memiliki konten bagus di Instagram, tetapi tidak menggunakan hashtag. Gunakanlah tagar secara akurat supaya sistem dapat membaca maksud dari kontenmu. Hal tersebut membuat sistem mampu mengelompokkanya bersama konten dengan topik serupa, sehingga content dapat tersebar pada target audiens yang berpotensi.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Nah, itu dia alasan pentingnya penggunaan hashtag Instagram. Dari tulisan di atas, Sobat MySkill jadi mengetahui bahwa penerapannya juga berpengaruh dalam membentuk strategi campaign di sosial media. Kebetulan MySkill.id memiliki kelas Merancang Strategi Campaign & Media Planning. Bagi yang tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam, kamu bisa segera mengikutinya. Tunggu apalagi? Yuk, daftarkan dirimu!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill