Bahasa Programming Python: Kelebihan dan Kekurangan

Python, saat mendengar namanya, teman-teman pasti membayangkan ular besar yang mematikan. Akan tetapi, artikel ini tak akan mengulik tentang ular besar tersebut. Pada kesempatan kali ini, MySkill akan membahas mengenai Python dalam dunia programming

Bagi teman-teman yang mengenal bidang pemrograman, pasti tidak asing dengan nama Python. Namun, sudahkah kalian mengetahui kelebihan dan kekurangannya? Guna mengenalnya lebih jauh, yuk, simak bersama-sama penjelasannya di bawah!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Apa itu Python dalam Programming?

Bahasa Programming Python: Kelebihan dan Kekurangan
Python merupakan programming language dalam melakukan coding

Sama seperti JavaScript, Python adalah bahasa programming yang dinamis untuk melakukan coding. Pembuatan skrip ini memiliki tujuan untuk membantu programmer dalam menulis kode dengan jelas dan logis guna merancang program skala kecil maupun besar. 

Python pertama kali hadir dalam dunia programming pada 20 Februari 1991. Guido Van Rossum, programmer asal Belanda, merupakan kreator sekaligus pendiri dari Python Software Foundation. Nama itu ia ambil dari program televisi lawas “Monty Python’s Flying Circus”. Perancangan bahasa pemrograman ini juga sudah dilakukan sejak sekitar tahun 1980-an. 

Melalui karyanya, Guido Van Rossum berharap dapat berkontribusi serta membantu memudahkan orang-orang untuk membuat sebuah program. Maka dari itu, skrip pemrograman ini dibuat sesederhana mungkin supaya mudah dimengerti.

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup terkenal. Selain itu, penggunaanya tak hanya populer di kalangan developer saja, tetapi data scientist dan profesi lain juga menggunakannya. Python berfungsi dalam pengembangan website, game, pengaturan data, hingga untuk fintech

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Kelebihan Programming Python

Bahasa Programming Python: Kelebihan dan Kekurangan
Bahasa pemrograman ini tersedia secara gratis
1. Mudah Digunakan dan Dipelajari

Sesuai dengan tujuan pembuatannya, bahasa pemrograman satu ini memiliki proses coding dan sintaks yang sederhana, sehingga mudah kalian mengerti dan pelajari. Hal tersebut juga membuatnya sangat cocok bagi pemula. 

2. Meningkatkan Produktivitas

Selain cocok untuk pemula, penggunaanya juga terbilang sangat efektif serta efisien dalam menjalankan berbagai fungsi complex. Melaluinya, developer mampu membuat proyek skala besar dengan lebih cepat dan mudah. Jika kita membandingkan dengan skrip programming lainnya, Python merupakan bahasa paling produktif. Maka dari itu, tidak heran bila banyak perusahaan developer besar menggunakannya.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Fleksibel dan Gratis

Bahasa programming Python terbilang sangat fleksibel. Penggunaanya membebaskan user dalam mencoba mengembangkan berbagai fitur. Bahkan, fleksibilitasnya ini juga terbukti dari kemampuan integrasinya dengan program yang terancang menggunakan skrip pemrograman lain. Di samping itu, kalian dapat mengunduhnya secara gratis. 

4. Menyediakan Banyak Macam Libraries 

Python programming language menyediakan banyak macam libraries dengan berbagai fungsi. Library sendiri merupakan kumpulan modul berisi kode-kode yang bisa kalian gunakan berkali-kali saat membuat program. Hal inilah yang membuatnya menjadi efektif dan efisien di mata developer.

Kekurangan Programming Python

Bahasa Programming Python: Kelebihan dan Kekurangan
Salah satu kekurangannya adalah memakan banyak memori
1. Kecepatan Terbatas

Bila kalian bandingkan dengan bahasa programming lainnya, Python cenderung lebih lambat. Beberapa proses eksekusinya memiliki kecepatan yang terbatas. Di samping itu, struktur dinamisnya juga berpengaruh dalam mengurangi kecepatan pada sistem.

2. Jarang Digunakan untuk Mobile Apps Development

Python memang sangat unggul untuk mengembangkan program desktops. Sayangnya, mereka memiliki kelemahan dalam pembuatan aplikasi berbasis smartphone, sehingga kurang efektif untuk mobile apps. Oleh karena itu, skrip pemrograman ini jarang developer gunakan dalam pembuatan mobile apps.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Memakan Banyak Memori

Karena fleksibilitas tipe datanya yang membutuhkan banyak tempat, penggunaannya pun dapat memakan memori. Hal tersebut juga menyebabkannya menjadi kurang efektif guna membangun mobile apps. Maka dari itu, Python programming language bukanlah pilihan tepat jika kalian ingin mengoptimasi memori. 

Dari penjelasan di atas teman-teman menjadi paham kekurangan dan kelebihan dari Python. Menguasai tentang Python sangat penting jika kalian ingin berkecimpung di dunia programming. Oleh sebab itu, bagi teman-teman yang tertarik dengan pemrograman perlu mengikuti kelas Pemrograman dengan Python dari MySkill.id! Mari, segera daftarkan diri kalian!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill