7 Beasiswa Kuliah dari Pemerintah: Bantu Ringankan Biaya

Finansial sering kali menjadi pertimbangan para siswa yang baru lulus SMA untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Namun, saat ini sudah tersedia banyak beasiswa sebagai solusi untuk meringankan beban finansial agar mereka tetap dapat belajar hingga jenjang kuliah, salah satunya adalah beasiswa kuliah pemerintah.

Pemerintah Indonesia saat ini memiliki berbagai program beasiswa untuk mencerdaskan anak bangsa baik beasiswa prestasi, afirmasi, maupun disabilitas. Berikut adalah beberapa  beasiswa untuk S1/D4/D3 sampai S2 dari yang bisa kamu coba. Yuk scroll dan baca sampai bawah!

1. KIP-Kuliah

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP).

KIP-K merupakan program bantuan dana dari pemerintah untuk mahasiswa S1 yang berprestasi namun memiliki keterbatasan ekonomi. KIP-K sendiri tak hanya berlaku untuk PTN saja, tapi untuk PTN dan PTS di seluruh Indonesia. Syaratnya adalah prodi yang kamu pilih sudah terakreditasi A atau B. Selain itu, KIP-K tidak membatasi jalur masuk untuk mendapatkan beasiswa ini. Jadi, jalurnya bisa melalui SNMPTN, SBMPTN, aatau mandiri.

Bukan hanya mendapat bantuan UKT atau Uang Kuliah Tunggal, penerima KIP-K juga akan mendapatkan benefit uang saku sebesar ± Rp700.000,00. Jika kamu sudah pernah mendaftar KIPK-K di semester 1 namun belum lolos, maka kamu bisa mencoba kembali saat semester 3, 5, atau 7.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Beasiswa Unggulan

7 Beasiswa Kuliah dari Pemerintah: Bantu Ringankan Biaya
Beasiswa unggulan dari Kemendikbud.

Penyelanggaran beasiswa unggulan adalah Kemendikbud, berlaku untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 baik dalam negeri maupun luar negri. Namun, pada tahun 2021 terdapat perubahan kebijakan, yang mana beasiswa ini hanya untuk tujuan kuliah dalam negeri saja. Beasiswa unggulan memiliki empat jenis, yaitu beasiswa masyarakat berprestasi, pegawai Kemendikbud, penyandang disabilitas, dan dan beasiswa penghargaan. 

Beasiswa masyarakat berprestasi berlaku untuk mereka yang memiiliki prestasi tingkat nasional atau internasional. Sedangkan beasiswa pegawai Kemedikbud adalah untuk para PNS. Sementara itu, beasiswa disabilitas tentu targetnya adalah peyandang disabilitas baik fisik, intelektual, sensorik maupun mental. Jenis yang terakhir yaitu beasiswa penghargaan, berlaku bagi anak kandung abdi negara yang gugur dalam tugas mereka.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Beasiswa prestasi Talenta

7 Beasiswa Kuliah dari Pemerintah: Bantu Ringankan Biaya
Booklet beasiswa prestasi talenta.

Beasiswa prestasi talenta adalah beasiswa untuk pelajar yang memiliki prestasi baik di Indonesia atau luar negeri, serta berhasil diterima di 15 perguruan tinggi utama dunia versi LPDP. Cakupan pembiayaan beasiswa talenta yaitu dana pendidikan, meliputi biaya UKT, tunjangan buku, dan skripsi. Tunjangan lainnya adaha biaya asuransi dan uang saku. Wah, lengkap banget ya!


Pendaftaran beasiswa talenta dapat kamu lakukan melalui website http://beasiswa-kemendikbud.go.id/ nih guys. Salah satu syarat mendaftar beasiswa prestasi talenta adalah telah lulus SMA/sederajat dan untuk mahasiswa on going maksimal berada di semester empat.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

4. Beasiswa pelaku budaya

7 Beasiswa Kuliah dari Pemerintah: Bantu Ringankan Biaya
Kamu seorang penggiat budaya? Yuk ikuti beasiswa ini!

Nah, lanjut ke beasiswa berikutnya yuk! Sudah tahu belum? Ada program beasiswa pelaku budaya nih guys. Beasiswa ini hadir untuk para penggiat budaya program S1, S2 maupun S3 di universitas dan prodi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Saat ini, program studi yang pemerintah tetapkan adalah Pedidikan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang. 

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Cakupan dari beasiswa ini sama dengan beasiswa prestasi talenta. Bagi kamu yang memenuhi kualifikasi, dapat mencoba daftar di http://beasiswa-kemendikbud.go.id/ lalu lengkapi semua syarat yang tertera.

5. Beasiswa calon guru SMK

7 Beasiswa Kuliah dari Pemerintah: Bantu Ringankan Biaya
Jika bercita-cita menjadi pendidik, beasiswa ini cocok untukmu.

Sesuai dengan namanya, beasiswa calon guru SMK adalah program untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan dengan program studi kejuruan yang telah ditetapkan, serta setelah lulus akan berpfosei sebagai guru atau tenaga pengajar di SMK. Bagaimana, tertarik?

6. PBSB ( Program Santri Berprestasi )

7 Beasiswa Kuliah dari Pemerintah: Bantu Ringankan Biaya
Santri, yuk merapat untuk coba beasiswa yang satu ini.

PBSB S1 dan S2 dari Kemenag khusus ditujukan bagi para santri yang unggul di bidang akademik dan agama. PBSB sudah hadir sejak tahun 2005, maka dari itu dari tahun ke tahunnya, program ini sudah mengalami berbagai perubahan sistem seleksi. Awalnya, beasiswa kuliah pemerintah yang satu ini berpusat pada Kemenag saja. Namun, saat ini seleksi dilakukan melalui beberapa tahap, mulai dari Kemenag, lanjut ke tahap kabupaten, kemudian porivnsi, dan berakhir di pusat.

Pendanaan PBSB yaitu biaya UKT, biaya hidup, tugas akhi, dan biaya dukungan lainya. Selain hanya diperuntukkan bagi santri, perguruan tinggi tujuan dan program studi beasiswa PBSB  telah ditentukan oleh Kemenag. Pendaftaran beasiswa ini dapat kamu coba secara online via website https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb

7. Beasiswa pemerintah daerah

7 Beasiswa Kuliah dari Pemerintah: Bantu Ringankan Biaya
Beasiswa yang tersedia bukan hanya tingkat nasional.

Selain beasiswa pemerintah pusat, pemerintah daerah juga mengeluarkan beasiswa S1 dengan kualifikasi, cakupan, dan kebijakan dari masing-masing daerah. Seperti beasiswa Pemerintah Kabupaten Jember, beasiswa pancakarsa (Kabupaten Bogor), dan lain sebagainya. 

Dari tujuh beasiswa kuliah pemerintah di atas, mana nih yang paling kamu minati? Yuk coba untuk daftar beasiswa yang sesuai dengan minat dan kualifikasi kamu. Jangan lupa cek info lainnya di Beasiswa dan Persiapan Studi Lanjut ya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill