Digital Marketing Specialist, Profesi Incaran Perusahaan!

Digital Marketing Specialist atau ahli pemasaran digital menjadi salah satu profesi yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Perusahaan atau bisnis tentunya membutuhkan pekerja yang ahli dalam bidang yang menjadi tanggung jawabnya. 

Memang tidak mudah untuk menjadi seorang ahli dalam suatu bidang. Pasalnya, ada banyak pembelajaran, praktik, hingga jam terbang tinggi untuk bisa menguasai bidang tersebut. Terutama untuk perusahaan yang menjual produk maupun jasa dan memerlukan strategi pemasaran. 

Salah satu profesi yang membutuhkan keahlian dalam melakukan strategi pemasaran adalah Digital Marketing Specialist. Profesi ini bukan hanya ahli dalam satu atau dua pekerjaan, tapi harus mampu menguasai seluruh lingkup kerja di bidang tersebut. 

Jika kamu tertarik menekuni pemasaran digital, kamu bisa mempertimbangkan kariermu sebagai Digital Marketing Specialist, lho! Yuk, simak beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang profesi ini!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Apa itu Digital Marketing Specialist

Digital Marketing Specialist, Profesi Incaran Perusahaan!
Digital Marketing Specialist bertanggung jawab dalam menciptakan citra merek

Di era digital ini, melakukan pemasaran secara konvensional sudah tidak seefektif dulu. Hampir semua aspek kehidupan telah mengalami digitalisasi, terutama dalam penjualan produk atau jasa. Banyak perusahaan saat ini perlu bersaing dalam menyediakan konten pemasaran untuk produk atau jasa yang mereka tawarkan. Selain itu, konten pemasaran yang mereka buat juga dapat menyebar dengan cepat dan mudah ditemukan. 

Seseorang yang cocok untuk melakukan pekerjaan tersebut adalah Digital Marketing Specialist. Biasanya, orang dengan profesi ini akan bekerja bersama tim pemasaran perusahaan untuk melakukan beberapa hal. Misalnya, mengidentifikasi target pasar, menciptakan citra merek, dan membuat kampanye pemasaran di berbagai platform digital.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Seperti Apa Pekerjaan Seorang Ahli Pemasaran Digital?

Jobdesc digital markating specialist
Pekerjaan Digital Marketing Specialist mencakup beberapa bidang pemasaran

Ahli pemasaran digital pada dasarnya memiliki beberapa pekerjaan yang lingkup kerjanya sama dengan Digital Marketer. Misalnya, membuat strategi kampanye pemasaran digital, merancang distribusi konten pemasaran di media sosial, dan melakukan optimisasi mesin pencari (SEO). Seseorang dengan profesi ini harus bisa menguasai semua lingkup pekerjaan di bidang pemasaran digital.

Jika kamu sering mendengar profesi Social Media Specialist dan SEO Specialist, maka seorang Digital Marketing Specialist harus mampu menguasai kedua pekerjaan tersebut. Selain itu, profesi ini juga harus memiliki aset digital untuk menunjang pekerjaannya, seperti situs web pribadi dan akun media sosial. 

Ahli pemasaran digital berperan untuk meningkatkan brand awareness dan mempromosikan produk atau jasa perusahaan. Selain itu, mereka harus mahir mengevaluasi kebutuhan pasar dan permintaan konsumen. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Apa Saja Keterampilan Seorang Ahli Pemasaran Digital? 

Digital Marketing Specialist, Profesi Incaran Perusahaan!
Seorang Digital Marketing Specialist membutuhkan beberapa keterampilan utama

Digital Marketing Specialist bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi dalam memasarkan produk atau jasa secara online. Mereka menyusun berbagai promosi dan kampanye online untuk menyampaikan pesan perusahaan mereka. Berikut ini beberapa keterampilan utama yang harus dimiliki!

1. Mengetahui dasar-dasar pemasaran.

2. Mengetahui bagaimana merencanakan dan memiliki kemampuan untuk mengatur waktu.

3. Memiliki kemampuan presentasi yang baik dan kreatif. 

4. Memiliki pengetahuan di bidang utama pemasaran, seperti SEO, media sosial, content marketing, e-mail marketing, pay-per-click (PPC), dan Search Engine Marketing (SEM). 

5. Melakukan perencanaan, membuat, dan menerapkan strategi pemasaran.

6. Mengembangkan citra merek secara efektif.

7. Selalu up-to-date dengan tren dan berita pemasaran, seperti pembaruan Google dan perubahan dalam algoritma. 

8. Memiliki pemahaman dasar tentang coding. Biasanya ahli pemasaran digital bekerja dengan pengembang web dan perancang web. Sebab itu, mereka perlu memiliki pengetahuan dasar tentang HTML dan beberapa bahasa pemrograman, seperti CSS, Ruby, JavaScript, dan PHP. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk menjadi Digital Marketing Specialist. Jika kamu tertarik untuk terjun di bidang ini, kamu bisa mengasah keterampilanmu melalui kelas-kelas yang MySkill.id sediakan, lho!

Ada beberapa kelas yang MySkill.id tawarkan untuk kamu yang mau belajar mengenai pemasaran digital. Beberapa di antaranya seperti Merancang Strategi Brand Marketing, Mengenal Digital Marketing Framework, dan Mengenal Search Engine Optimization. Berbagai kelas tersebut cocok banget buat pemula atau kamu yang sudah berpengalaman sebelumnya! So, tunggu apa lagi yuk, gabung!

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill