Management Trainee: Fresh Graduate Wajib Tahu Hal Ini!

Management trainee atau biasa kita kenal dengan singkatan MT adalah sebuah istilah yang sudah tidak asing di kalangan job seeker. Perusahaan-perusahaan besar kerap membuka program ini untuk kandidat yang akan memulai kariernya di bidang profesional, termasuk untuk fresh graduate.

Jika mengikuti program ini, Sobat akan belajar banyak hal, mulai dari melatih hard skill hingga soft skill. Tentu, ini adalah sebuah langkah yang baik untuk merintis karier di dunia profesional.

Lalu apa, sih, sebenarnya program management trainee itu? Nah, jika kamu masih bingung, MySkill akan memberikan penjelasan lengkap mengenai program yang satu ini. Bagi Sobat yang tertarik dengan programnya dan ingin mengetahuinya lebih lanjut, simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Apa Itu Management Trainee?

Pengertian management trainee
Management trainee diawasi langsung oleh manajer

Management trainee merupakan sebuah sistem perekrutan karyawan baru di suatu perusahaan dan kandidat yang lolos akan bekerja di bawah pengawasan manajer atau eksekutif perusahaan lainnya secara langsung.

Tujuan dari MT adalah untuk melatih para trainee agar bisa memperoleh semua pengetahuan dan pengalaman penting terkait sistem operasional suatu perusahaan. Harapannya, beberapa dari peserta MT bisa mengisi posisi manajerial di masa yang akan datang.

Umumnya, yang mengadakan program ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, marketing, sales, dan retail. Oleh karena itu, skill yang akan dilatih dalam program ini berkaitan dengan bidang tersebut.

2. Manfaat Management Trainee

Management trainee bermanfaat untuk mengasah skill trainee.
MT memiliki banyak manfaat

Dari sekian banyak pelatihan dan ilmu yang akan trainee dapatkan, tentu memberikan segudang manfaat di dalamnya. Soft skill, seperti komunikasi, berpikir kritis, problem solving, dan leadership akan terasah dengan mengikuti program ini. Kemampuan teknis dalam bekerja juga akan trainee peroleh karena memiliki kesempatan untuk mempraktikkannya secara langsung.

Selain manfaat bagi peserta management trainee, program ini juga memberikan banyak manfaat bagi pihak perusahaan, seperti sebagai sarana pengelolaan SDM perusahaan, sarana peningkatan kemampuan manajerial, dan menjamin ketersediaan sumber daya manusia untuk mengisi posisi penting di kemudian hari.

3. Apa Saja Tugas-Tugasnya?

MT bertugas memahami operasional perusahaan
Tugas utama MT adalah memahami operasional perusahaan

Untuk memiliki prospek sebagai manajer di masa depan, peserta management trainee perlu memastikan untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Dengan begitu, manajer yang menjadi pembimbing akan melihatnya sebagai calon pemimpin perusahaan di masa yang akan datang. Adapun tugas dan tanggung jawab management trainee, yaitu:

  • memahami sistem operasional perusahaan, seperti proses kerja dan SOP yang berlaku;
  • memberi bantuan pada manajer untuk menyelesaikan tugas;
  • melakukan pekerjaan administratif, seperti data entry;
  • memberi kontribusi dalam proses perencanaan strategi perusahaan;
  • membuat laporan atau menganalisis data membantu manajer dalam melakukan evaluasi pekerjaan;
  • membuat dan menyajikan presentasi;
  • hadir dalam meeting;
  • berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan, baik itu seminar, workshop, bootcamp, dan bentuk pelatihan lainnya; serta
  • mengikuti tes dan evaluasi di masa akhir sesi training.

4. Gaji Management Trainee

MT memiliki gaji yang besar
Gaji MT terbilang cukup untuk seorang yang baru memulai karier

Mungkin, beberapa dari kamu yang membaca artikel ini penasaran dengan pendapatan dari management trainee. Tenang saja, MySkill punya jawabannya. Merangkum dari beberapa sumber, penghasilan rata-rata dari management trainee adalah Rp5 juta per bulan. 

Pendapatan tersebut tentu bisa berbeda-beda, tergantung dari UMP atau UMK tempat perusahaan itu berada. Tergantung juga dengan kebijakan setiap perusahaan. Biasanya, perusahaan besarlah yang berani membayar MT dengan angka yang tergolong tinggi.

Angka tersebut tentu menggiurkan, apalagi bagi para fresh graduate yang baru memulai merintis karier di dunia profesional. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika program MT menjadi rebutan para lulusan baru untuk memulai kariernya. Peminat MT memang selalu berlimpah, terutama program MT di perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai reputasi yang baik.

Itulah pembahasan dari MySkill seputar profesi management trainee. Bagaimana? Apakah kamu tertarik merintis karier di bidang ini? Jika benar demikian, maka Sobat harus membekali diri dengan berbagai kemampuan. Nah, MySkill punya banyak sekali kelas mulai dari marketing, bahasa Inggris, hingga kelas persiapan interview yang bisa kamu akses dengan harga terjangkau. Yuk, segera bekali dirimu bersama MySkill.

Baca juga: Yuk Kenalan Dengan Customer Relationship Management (CRM) Sebelum Memulai Bisnis!

Editor: Wahda Nur Lestari