ESTP, Ini Dia 5 Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu!

Rasanya pasti sangat menyenangkan apabila memiliki pekerjaan yang cocok dengan kita. Bukan hanya sesuai dengan keterampilan, tetapi juga dengan kepribadian. Bagi kamu yang memiliki kepribadian ESTP, tentu terdapat beberapa pekerjaan yang cocok untukmu. Dalam artikel ini, MySkill akan beberkan mengenai pekerjaan apa saja yang sesuai untuk seorang ESTP.

ESTP sendiri merupakan singkatan dari extraverted, sensing, thinking, dan perceiving. Jumlahnya kira-kira sebanyak 4–10% populasi dunia yang memiliki kepribadian ini. Orang dengan tipe kepribadian ESTP terkenal sebagai sosok yang ceria, outgoing, energetic, pandai bersosialisasi, dan tegas. 

Karakteristik utama seorang ESTP yang mudah bersosialisasi, persuasif, tegas, dan kaya akan inovasi membuat kepribadian ini sangat cocok dengan beberapa jenis pekerjaan. Berikut adalah 5 pekerjaan tersebut.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

1. ESTP Sebagai Pebisnis

Seorang pebisnis dengan jas hitam.
Pebisnis harus berani mengambil risiko

Pekerjaan pertama yang cocok dengan kepribadian ini adalah pebisnis. Sifatnya yang berani mengambil segala tantangan dan risiko serta selalu memiliki banyak ide baru membuat seorang ESTP sangat cocok dengan pekerjaan ini.

Orang dengan kepribadian ini juga terkenal dengan kemampuannya dalam bersosialisasi. Seperti yang kita ketahui, kemampuan untuk berinteraksi dengan banyak orang merupakan skill yang wajib dimiliki seorang pebisnis. Oleh karena itu, profesi ini sangat tepat untuk seorang ESTP.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Jurnalis

ESTP cocok menjadi jurnalis
Jurnalis akan mewawancarai banyak orang

Pekerjaan selanjutnya yang cocok bagi ESTP adalah jurnalis. Profesi ini perlu kemampuan untuk membangun relasi, mewawancarai banyak orang, menemukan sumber-sumber informasi, dan lain sebagainya. Intinya, pekerjaan sebagai jurnalis mengharuskan untuk berinteraksi dengan banyak sekali orang.

Kepribadiannya yang outgoing dan keterampilan komunikasi interpersonal yang ESTP miliki merupakan modal yang sangat besar untuk menjadi seorang jurnalis yang andal. Selain itu, waktu kerja jurnalis juga tidak kaku atau fleksibel. Jam kerja yang seperti ini tentu merupakan kesukaan ESTP.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. ESTP Sebagai Manajer

Kepribadian ESTP cocok menjadi seorang manajer
Sikap tegas sangat dibutuhkan seorang manajer

ESTP memiliki modal yang sangat besar untuk menjadi seorang manajer yang baik. Kepribadiannya yang senang berinteraksi dengan orang banyak serta sikap tegas yang mereka miliki, membuat karakter ini sangat cocok dengan posisi manajerial.

Kelebihannya yang ramah, energik, dan mudah beradaptasi merupakan sikap yang sangat pas dengan profesi ini. Selain itu, inovasi yang selalu muncul dari seorang ESTP merupakan skill wajib seorang manajer. Dengan sederet keterampilan itu, mereka bisa menjadi manajer yang baik dan membantu perusahaan untuk mencapai kesuksesan.

4. Detektif

Detektif adalah pekerjaan yang dipenuhi dengan tantangan

Profesi ini tentu memiliki tantangan yang berbeda-beda di setiap pekerjaannya. Sifatnya yang cenderung mudah bosan dan senang terhadap tantangan merupakan sifat yang sangat cocok dengan profesi sebagai detektif.

Karakteristik “P” dalam ESTP berarti perceiving. Artinya, mereka memiliki pemikiran kritis yang sangat berguna dalam proses penyelidikan. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai detektif bisa dikatakan sesuai dengan kepribadian ini. Jika berminat menjadi seorang detektif, kamu bisa bekerja di kantor hukum, kepolisian, BIN, BAIS, KPK, dan lembaga lain yang membutuhkan keahlian karakter ini.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. ESTP Sebagai Polisi

Tugas utama polisi adalah mengayomi masyarakat

Terakhir adalah sebagai polisi. Profesi ini mempunyai tugas utama untuk mengayomi masyarakat. Dengan karakternya yang mudah bersosialisasi dengan banyak orang dan beradaptasi di lingkungan yang baru membuat orang dengan kepribadian ini dinilai cocok menjadi polisi.

Polisi juga merupakan salah satu profesi yang memacu adrenalin karena menghadapi berbagai hal yang tak terduga. ESTP tidak takut untuk mencoba, mengambil risiko, serta berpikir cepat dan kritis. Tentu saja, ini merupakan keterampilan wajib seorang polisi dan menjadi poin plus kepribadian ini.

Pada dasarnya, mengetahui tipe kepribadian dapat membantumu untuk mengenal diri sendiri dan bisa mengidentifikasi keunggulan dan potensi yang kamu miliki. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika melakukan berbagai macam tes untuk mengetahuinya. Sebab terdapat banyak jenis kepribadian, salah satunya adalah yang tengah kita bahas kali ini.

ESTP cenderung memiliki kecocokan untuk berkarier di bidang yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan banyak orang. Namun, bekerja bukan hanya soal kecocokan kepribadian, melainkan juga keterampilan teknis. Nah, untuk melatihnya, MySkill memiliki banyak sekali kelas dengan berbagai macam keterampilan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Wahda Nur Lestari