Data Science: 6 Trik Jitu Belajar Ilmu Data Bersama MySkill

Tahukah kamu? Data science merupakan ilmu yang sangat populer pada beberapa waktu belakangan. Hal ini terjadi karena banyak sekali perusahaan yang sudah memanfaatkan data untuk mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, industri memerlukan banyak sumber daya di bidang pengolahan data untuk memenuhi jumlah permintaan.

Bagi yang belum mengetahui definisinya, data science adalah ilmu yang menggabungkan ilmu komputer (pemrograman), statistika, dan matematika yang bertujuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan kumpulan data besar yang terstruktur dan tidak terstruktur.

Nah, jika kamu ingin mengambil peluang untuk berkarier sebagai data scientist, MySkill akan membantu kamu melalui tips belajar data science di bawah ini. Yuk, simak ulasannya!

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

1. Belajar Data Science di Institusi Resmi

Data Science: 6 Trik Jitu Belajar Ilmu Data Bersama MySkill
Beberapa perguruan tinggi di Indonesia sudah membuka program studi data science

Melihat jumlah peminat yang terus meningkat membuat beberapa perguruan tinggi di Indonesia membuka program studi yang berkaitan dengan ilmu data. Beberapa di antaranya adalah Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), dan Universitas Airlangga (Unair).

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

2. Manfaatkan Kursus Online Data Science

Data Science: 6 Trik Jitu Belajar Ilmu Data Bersama MySkill
Kursus online data science sudah banyak tersedia di internet

Selain belajar melalui institusi formal, kamu juga bisa belajar melalui kursus-kursus online yang bertebaran di internet. Mereka menawarkan program yang bisa kamu pilih untuk mempelajari ilmu ini. 

Metode ini lebih praktis dan efektif karena bisa dilakukan di mana pun. Prosesnya lebih singkat dan padat jika dibandingkan dengan kuliah di perguruan tinggi yang membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Tentu saja, MySkill bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk mempelajari data science. Ada banyak kelas yang bisa kamu pilih, mulai dari kelas yang berhubungan dengan data hingga kelas yang mempelajari tools tertentu, lo!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Kuasai Skill yang Mendukung

Data Science: 6 Trik Jitu Belajar Ilmu Data Bersama MySkill
Programming adalah salah satu skill penunjang

Data Science merupakan bidang yang menggabungkan banyak ilmu sehingga kamu harus bisa menguasai berbagai macam skill. Di antaranya adalah matematika, statistika, programming, dan pemahaman tentang database.

Selain itu, kamu juga harus menguasai beberapa keterampilan nonteknis untuk menunjang karier di bidang ini. Skills tersebut adalah kemampuan visualisasi, komunikasi, rasa ingin tahu yang tinggi, problem solving, kreatif, dan inovatif.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

4. Bergabung dengan Komunitas

Data Science: 6 Trik Jitu Belajar Ilmu Data Bersama MySkill
Bergabunglah ke komunitas

Cara berikutnya adalah bergabung dengan komunitas khusus yang mempelajari data science. Berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama akan sangat membantu kamu mencapai tujuan.

Jika kamu belum tahu, di Indonesia ada, lo, komunitas besar yang khusus mempelajari bidang ini! Salah satunya adalah Data Science Indonesia, komunitas yang telah berdiri sejak 2015 ini mempunyai visi menciptakan ekosistem inovasi berbasis data demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

5. Belajar Autodidak

Data Science: 6 Trik Jitu Belajar Ilmu Data Bersama MySkill
Kamu dapat memanfaatkan internet untuk belajar autodidak

Autodidak adalah orang yang memiliki keahlian dengan belajar sendiri. Di era teknologi informasi yang sudah sangat maju seperti sekarang, internet menawarkan begitu banyak kesempatan bagi semua orang untuk belajar berbagai hal. Kamu harus bisa memanfaatkan kemudahan tersebut termasuk dalam mempelajari data science. Di internet ada banyak situs yang menyediakan informasi lengkap seputar ilmu ini.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

6. Mencoba Magang

Data Science: 6 Trik Jitu Belajar Ilmu Data Bersama MySkill
Magang akan menambah pengalaman

Cara terbaik dalam mempelajari sesuatu adalah mempraktikkannya secara langsung. Magang di suatu perusahaan adalah salah satu trik untuk mengasah kemampuan dan menambah wawasan kamu.

Nantinya, pengalaman yang kamu peroleh tersebut dapat kamu cantumkan dalam CV. Hal ini akan menambahkan value diri kamu untuk bekerja secara profesional di masa yang akan datang. Selain itu, magang juga dapat memperluas relasi dan memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya, lo!

Itu dia sejumlah tips tentang cara belajar data science bagi pemula dari MySKill. Semoga cara-cara di atas bisa membantu kamu yang ingin mempelajarinya. Kamu juga bisa mengeksplorasi ilmu ini dengan mempelajari tools yang berkaitan. Nah, MySkill menyediakan kelas Mengenal Tableau-Tahap Dasar dan SQL-Basic dengan harga yang sangat terjangkau, lo! Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli kelasnya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill