Cara Menggunakan Tools Figma dengan Berbagai Fitur, Yuk Belajar!

Mungkin beberapa dari kamu sudah tidak asing dengan tools Figma yang memudahkan para UI dan UX designer dalam merancang dan megembangkan aplikasi. Lalu, bagaimana para perancang tersebut melakukannya? MySkill.id menghadirkan cara menggunakan tools Figma melalui penjelasan dari beberapa fitur yang ada.

Berikut fitur-fitur yang ada di tools Figma untuk memudahkan kamu dalam mengembangkan aplikasi!

1. Prototyping

Cara Menggunakan Tools Figma, Fitur Protoyping https://www.figma.com/
Fitur Prototyping memudahkanmu dalam demonstrasi aplikasi

Prototyping adalah fitur yang memudahkan kamu untuk menguji rancangan desain yang sudah kamu buat dengan mencoba menjalankannya seperti sebuah aplikasi. Fitur ini berguna ketika kamu ingin membuat beberapa rancangan tampilan secara realtime dan nyata.

Di dalam fitur ini, kamu akan merasakan bagaimana rancangan dasar dari aplikasi yang sedang kamu buat. Prototype ini memberikan pengalaman rancangan dasar tersebut menjadi layaknya aplikasi siap guna.

2. Smart Animate

Cara Menggunakan Tools Figma dengan Fitur Smart Animate https://www.figma.com/
Smart Animate membuat desain aplikasi lebih nyata

Fungsi dari fitur Smart Animate ini bisa kamu gunakan untuk menambahkan animasi transisi dalam perpindahan tampilan layer. Dalam fitur ini, kamu akan mendapatkan pengalaman menyunting desain aplikasi yang lebih halus.

Maksud dari transisi perpindahan tampilan adalah setiap layer dari desain yang kamu buat dapat didemonstrasikan layaknya aplikasi yang sudah jadi.

Secara umum, terdapat beberapa animasi yang dapat kamu gunakan untuk transisi perpindahan. Namun, Smart Animate ini fokus pada setiap komponen yang berada di dalam sebuah tampilan.

3. Dukungan Plugin

Cara Menggunakan Tools Figma Plugin https://www.figma.com/
Dukungan Plugin membantu pengerjaan desainmu lebih mudah

Fitur Plugin ini dapat kamu gunakan untuk mempercepat proses pembuatan rancangan desain aplikasi.

Figma menyediakan beberapa Plugin seperti Google Sheet Sync. Dengan ini, kamu bisa menampilkan data yang berada pada Google Sheet ke dalam sebuah rancangan desain yang sedang kamu buat.

Baca juga: Ini Dia 4 Aplikasi Wajib Buat Kamu yang Ingin Menjadi Designer UI/UX!

4. Auto Layout

Cara Menggunakan Tools Figma Auto Layout https://www.figma.com/
Auto Layout untuk desain lebih sempurna

Dengan fitur Auto Layout ini, kamu akan lebih mudah dalam mengatur komponen layer terutama yang berhubungan dengan ukuran dan posisi.

Jika kamu menggunakan fitur ini, kamu dapat menyesuaikan bentuk dari ukuran ataupun posisi rancangan desainmu secara otomatis.

5. Collaboration

Cara Menggunakan Tools Figma Collaboration  https://www.figma.com/
Collaboration sebagai wadah bekerja sama dalam tim

Fitur ini adalah salah satu fitur unggulan dari tools Figma. Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat membagikan project desain aplikasimu dengan banyak pengguna. Cukup dengan membagikan tautan project, maka pengguna lain dapat mengaksesnya.

Dalam fitur ini pun pengguna lain dapat mengubah, mengomentari, dan berinteraksi secara langsung dalam pembuatan desain aplikasi. Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang sedang mengerjakan project aplikasi dalam tim.

Setelah membaca penjelasan tentang cara menggunakan tools Figma di atas, apakah kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut?

Tenang, MySkill.id menyediakan sebuah kelas pelatihan untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut perihal tutorial menggunakan tools Figma.

Di kelas ini, kamu akan mendapatkan pembelajaran mengenai pembuatan desain menggunakan tools Figma hingga kamu mahir, loh! Yuk, segera cek!

Editor: Putrika Annaya Salsabila

Baca juga: Kenalan Lebih Dekat dengan Tools Figma, Yuk!