Tanyakan 8 Hal Ini pada Atasan Ketika Performance Review

1. Kinerja Individu

Performance review adalah kesempatan bagi kita untuk mendapatkan umpan balik tentang kinerja kita di tempat kerja. Salah satu hal penting yang perlu kita tanyakan pada atasan adalah evaluasi tentang kinerja individu kita. Dengan memahami area mana yang telah kita lakukan dengan baik dan di mana kita dapat meningkat, kita dapat mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan dan pengembangan lebih lanjut.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Klarifikasi Expectasi

Seringkali, kita mungkin tidak sepenuhnya memahami harapan yang diinginkan oleh atasan kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengklarifikasi harapan tersebut selama performance review. Dengan demikian, kita dapat menyesuaikan diri dan bekerja menuju tujuan yang telah ditetapkan.

3. Tujuan dan Target

Selama performance review, kita harus memastikan bahwa kita memahami dengan jelas tujuan dan target kita untuk periode berikutnya. Ini membantu kita untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan memberikan arah yang jelas untuk upaya kita.

4. Pengembangan Karir

Penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana kita dapat mengembangkan karir kita di perusahaan. Pertanyaan tentang peluang untuk pertumbuhan, pelatihan, atau proyek-proyek khusus dapat membantu kita memahami bagaimana kita dapat terus berkembang dan meningkatkan nilai kita di tempat kerja.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Umpan Balik dari Rekan Kerja

Selain mendengar umpan balik dari atasan, penting juga untuk mengetahui persepsi rekan kerja terhadap kinerja kita. Kita dapat bertanya kepada atasan tentang apa yang rekan kerja katakan tentang kita dan mencari tahu apakah ada area di mana kita dapat bekerja sama untuk meningkatkan kinerja.

6. Keseimbangan Kerja-Hidup

Dalam lingkungan kerja yang serba cepat, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi semakin penting. Kita dapat bertanya pada atasan tentang upaya perusahaan untuk mendukung keseimbangan kerja-hidup karyawan, serta mencari saran tentang bagaimana kita dapat mencapainya.

7. Pengakuan dan Penghargaan

Performance review juga merupakan kesempatan bagi kita untuk menerima pengakuan atas kontribusi dan pencapaian kita. Kita dapat bertanya pada atasan tentang apakah ada rencana untuk penghargaan atau pengakuan bagi karyawan yang berprestasi, dan bagaimana kita dapat berkontribusi untuk mendapatkan pengakuan tersebut.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca Graphic Designer di sini.

8. Pencapaian Organisasi

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, kita harus menanyakan atasan tentang pencapaian organisasi secara keseluruhan. Mengetahui bagaimana perusahaan berkinerja dan mengidentifikasi area di mana kita dapat berkontribusi lebih lanjut dapat membantu kita merasa lebih terhubung dengan misi dan visi perusahaan.

Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini selama performance review, kita dapat memastikan bahwa kita mendapatkan informasi yang kita butuhkan untuk terus berkembang dan berhasil di tempat kerja.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill