Decoy Effect dalam Marketing: Definisi dan Efeknya

Definisi Decoy Effect

Decoy effect adalah fenomena di mana penambahan pilihan yang tidak populer atau tidak menarik dalam sebuah pilihan dapat mempengaruhi preferensi kita terhadap pilihan lain yang sebelumnya dianggap lebih baik. Dengan kata lain, penambahan opsi yang inferior dapat membuat opsi lain terlihat lebih menarik.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Dampak dari Decoy Effect

  1. Meningkatkan Penjualan Produk Tertentu: Dalam strategi pemasaran, decoy effect dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk tertentu dengan menambahkan pilihan yang kurang menguntungkan namun membuat produk utama terlihat lebih menarik.
  2. Meningkatkan Keuntungan: Dengan memanfaatkan decoy effect, kita dapat meningkatkan keuntungan kita dengan mendorong konsumen untuk memilih opsi yang lebih menguntungkan bagi kita.
  3. Mengubah Preferensi Kita: Decoy effect juga dapat mengubah preferensi kita, membuat kita memilih opsi yang sebelumnya tidak dianggap sebagai pilihan yang menarik.
  4. Membuat Keputusan Kita Tidak Rasional: Decoy effect dapat membuat kita membuat keputusan yang tidak rasional, karena kita dipengaruhi oleh penambahan opsi yang seharusnya tidak mempengaruhi pilihan kita.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Cara Menghindari Decoy Effect sebagai Konsumen

  1. Lakukan Penelitian: Lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum membuat keputusan pembelian. Ketahui opsi-opsi yang tersedia dan bandingkan fitur, manfaat, dan harga secara teliti.
  2. Fokus pada Kebutuhan Kita: Fokus pada kebutuhan dan preferensi pribadi kita, bukan pada opsi tambahan yang mungkin ditambahkan untuk mempengaruhi pilihan kita.
  3. Pertimbangkan Semua Opsi: Pertimbangkan semua opsi yang tersedia tanpa mempertimbangkan opsi tambahan yang mungkin ditambahkan sebagai decoy.
  4. Bandingkan dengan Jujur: Saat membandingkan produk atau layanan, lakukan perbandingan yang jujur berdasarkan fitur, manfaat, dan harga, bukan karena pengaruh dari opsi tambahan.
  5. Gunakan Logika dan Nalar: Gunakan logika dan nalar kita dalam membuat keputusan pembelian, dan jangan terpengaruh oleh strategi pemasaran yang mungkin digunakan untuk menciptakan decoy effect.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Decoy effect adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian kita. Sebagai konsumen, penting untuk waspada terhadap efek ini dan menggunakan nalar serta pengetahuan kita untuk membuat keputusan pembelian yang tepat.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan