Gaji Business Intelligence di Indonesia dan Luar Negeri

Di era yang serba maju ini, ada begitu banyak perusahaan startup yang bermunculan. Perusahaan sangat membutuhkan ahli bisnis supaya bisnis bisa terus berjalan dan menerima untung yang stabil. Oleh karena itu, muncul posisi-posisi yang berhubungan dengan bisnis, salah satunya Business Intelligence (BI). Gaji Business Intelligence pun tidak sedikit, mengingat pekerjaan ini bukan pekerjaan yang mudah.

Maka dari itu, kali ini MySkill.id akan membahas tentang gaji Business Intelligence yang merupakan salah satu posisi yang penting dan kritis di perusahaan. Penasaran? Yuk, simak!

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

1. Profesi Business Intelligence (BI)

profesi business intelligence
Business Intelligence memegang peran penting bagi bisnis

Profesi inteligensi bisnis ini pada dasarnya adalah menganalisis data dan mengubah data tersebut menjadi prospek bisnis. Tujuannya untuk membantu perusahaan menghasilkan keputusan yang tepat dan klien bersedia bekerja sama dengan perusahaan. Seorang BI biasanya mengekstrak data dari berbagai sumber yang ada, seperti Customer Relationship Management (CRM), Supply Chain Management (SCM), dan Enterprise Resource Planning (ERP).

Data tersebut dapat menentukan keberlangsungan perusahaan tersebut, maka dari itu ini bukan pekerjaan yang mudah. Tugas BI lainnya adalah membuat perusahaan percaya diri dalam menghadapi tantangan, seperti menurunkan pasar hingga kompetisi dagang.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Gaji Business Intelligence (BI) di Indonesia 

gaji business intelligence
Pekerjaan yang kritis dengan gaji yang fantastis

Gaji yang untuk pekerjaan ini bisa berbeda-beda tergantung spesifikasi, pengalaman, skill, jenis perusahaan, dan jenis perusahaan. Berikut ini gaji rata-rata profesi Business Intelligence menurut situs Indeed.com:

  • Business Intelligence Analyst rata-rata pendapatannya sebesar Rp9.877.296,00 per bulan, setara dengan Rp139.506.507,00 per tahun.
  • Pendapatan Business Intelligence Consultant umumnya bisa mencapai Rp550.000.000,00 dalam setahun.
  • Business Intelligence Developer biasanya mendapat gaji sebesar Rp7.588.597,00 per bulan atau Rp107.181.023,00 per tahun.

Sementara itu, menurut situs payscale.com, upah rata-ratanya di Indonesia adalah Rp127.000.000,00 sampai Rp362.000.000,00 per tahunnya. 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Gaji Business Intelligence (BI) di Luar Negeri

gaji business intelligence
Gaji untuk profesi BI di Luar Negeri

Untuk kamu yang ingin mengembangkan karier ke luar negeri, kamu juga harus tahu berapa kompensasi yang akan kamu dapatkan dari perusahaan agar negosiasi berjalan dengan lancar dan tidak menjadi bumerang bagi kariermu. Berikut ini pendapatan rata-rata profesi Business Intelligence pada beberapa negara:

  • Amerika – rata-rata upah BI sebesar US$87.705 hingga US$100.433 per tahun.
  • Inggris Raya – pendapatan yang didapat umumnya sebesar £35.500 hingga £65.000 per tahun.
  • Australia – gaji pokoknya sebesar AU$99.253 hingga AU$151.433 per tahun.
  • Jepang – upah rata-rata bisa mencapai ¥12.247.128 setiap tahun.
  • Jerman – seorang BI umumnya mendapat gaji pokok sebesar €45.800 dalam setahun.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Nah, itulah informasi terkait gaji untuk profesi Business Intelligence. Gaji bisa berbeda-beda tergantung banyak faktor dan berubah seiring meningkatnya skill dan pengalaman kerja. Informasi ini dapat menjadi referensi terkait profesi ini jika kamu berniat untuk berkarier dalam bidang data dan analyst.

Buat kamu yang ingin mempelajari bidang ini lebih dalam lagi, bergabunglah dengan MySkill.id! Ikuti kelas Power BI untuk Visualisasi dan Analisis Data guna belajar mengenai tools Power BI untuk persiapan data, data modeling, visualisasi data, hingga pembuatan dashboard dan analisis data.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan