6 Jenis Perusahaan Startup di Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Pada proses menjalankan bisnis, ide cemerlang harus dibarengi dengan visi dan misi yang jelas agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Namun, selain hal-hal tersebut, pelaku bisnis ada baiknya untuk tidak melewatkan langkah penting, yakni mengetahui jenis startup.

Mengetahui jenisnya akan membantu pelaku bisnis untuk dapat lebih mengenal bisnis dan perusahaannya sendiri. Selanjutnya, MySkill.id telah merangkum 6 jenis startup utama di Indonesia dari berbagai bidang. Yuk, simak ulasannya!

1. Lifestyle Startup

lifestyle startup
bisnis yang berjalan sesuai dengan passion 

Jenis startup ini adalah yang memungkinkan Owner-nya untuk memiliki waktu kerja yang fleksibel. Pemilik dari lifestyle startup ini cenderung menjalani kehidupan yang mereka sukai sambil bekerja untuk diri mereka dan merasa termotivasi setiap hari dengan bisnisnya. Jadi, jenis bisnis berjalan dengan didasari oleh mimpi dan kesuksesan yang berasal dari passion.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Buyable Startup 

buyable startup
Berdiri untuk dibeli

Jenis perusahaan rintisan ini mengeksekusi ide dan inovasi yang sukses, kemudian menjualnya ke perusahaan besar karena membutuhkan investasi untuk terus bisa tumbuh. Hal ini menjadi semakin lazim terjadi dalam bisnis. Tujuan pemiliki sejak awal tidak untuk membangun perusahaan yang bernilai milyaran bahkan triliunan dolar, tetapi untuk menjualnya ke perusahaan yang lebih besar dengan harga yang lumayan tinggi.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Small-Business Startup 

small business startup
Skala sasaran keuntungan tidak besar

Sesuai namanya, startup jenis ini tidak berniat untuk dikembangkan oleh pemiliknya sejak awal. Pemilik cenderung hanya ingin menghasilkan keuntungan yang cukup untuk kehidupan dan kebutuhan keluarganya. Keuntungan yang mereka dapat mungkin tidak besar, tetapi dapat menciptakan lapangan kerja lokal karena biasanya pemilik mempekerjakan orang setempat atau anggota keluarga.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Scalable Startup

scalable startup
Untuk berkembang menjadi besar

Selanjutnya adalah Scalable startup, jenis ini adalah perusahaan yang dapat diskalakan dengan merancang dan meriset ide dan konsep untuk menarik minat investor besar. Visinya adalah untuk tumbuh menjadi perusahaan raksasa dengan keuntungan yang sangat tinggi. Biasanya perusahaan bergerak dalam bidang teknologi, seperti Facebook dan Google.

5. Social Startup 

social startup
Berhasrat untuk memberikan perubahan yang dampak baik

Perusahaan ini berdiri tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan atau kekayaan yang berlimpah untuk pendirinya. Namun, startup jenis ini tujuannya untuk membuat perubahan sosial yang memiliki dampak positif bagi masyarakat. Contohnya adalah startup crowdfunding seperti Kitabisa.com.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

6. Large-Company Startup 

large company startup
Berinovasi dan memperpanjang life cycles

Startup jenis ini harus berinovasi untuk memperpanjang siklus hidupnya, kalau tidak bisnis akan berhenti. Adanya perubahan selera pelanggan, teknologi, pesaing baru, dan faktor lainnya dapat menciptakan tekanan untuk inovasi yang mengharuskan perusahaan besar untuk membuat produk yang  baru yang bisa bersaing dan dijual kepada pelanggan baru. 

Itulah pembahasan dari jenis startup di Indonesia yang wajib untuk kamu ketahui. Sekarang kamu bisa tahu jenis startup sedang kamu rintis atau menentukan jenis apa yang akan kamu bangun sesuai dengan visi dan misi. Jika baru akan memulai, tips nya adalah pahami lebih dalam setiap jenis, model bisnis, dan pikirkan mana yang terbaik. 

Oh iya, kamu bisa belajar untuk membangun startup bersama dengan MySkill.id! Ada banyak kelas menarik yang bisa kamu ikuti seputar perusahaan rintisan ini, seperti Mengenal Business Model Canvas dan Mengenal Investasi di Startup yang sesuai untuk bisnismu.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill