5 Command SQL yang Wajib Kamu Tahu! Kira-Kira Apa Saja?

Hampir semua situs internet pasti menggunakan database. Dengan demikian, dapat dipastikan juga situs internet tersebut memanfaatkan Structured Query Language atau SQL untuk manajemen dan manipulasi data. Kamu tertarik mempelajari Structured Query Language? Kalau begitu lima command utama SQL berikut ini wajib kamu tahu  terlebih dahulu!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Select

5 Command SQL yang Wajib Kamu Tahu! Kira-Kira Apa Saja?
Select adalah command paling dasar dan yang paling perlu kamu ketahui.

Command pertama adalah select. Select merupakan command yang paling simpel. Command ini digunakan untuk memilih data yang kamu butuhkan dari database. Dengan adanya command ini, kamu tidak perlu kesulitan mencari data dalam database yang besar.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Where

Dengan where, kamu dapat mengetahui data secara spesifik.
Dengan where, kamu dapat mengetahui data secara spesifik.

Command selanjutnya yang perlu kamu ketahui dan pahami adalah where. Perbedaannya dengan select, yaitu select command membantumu mencari data, sedangkan where membantumu mencari data yang sifatnya lebih spesifik.

Misalnya, kamu ingin mencari data yang spesifik tentang tempat lahir dan usia, maka where adalah command-nya. Caranya, masukkan where setelah select di akhir command (Perhatikan contohnya pada gambar di atas).

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Order

Rapikan data yang kamu miliki dengan order.
Rapikan data yang kamu miliki dengan order.

Selanjutnya, command yang ketiga adalah order. Command ini dapat kamu gunakan untuk merapikan hasil pencarian datamu. Dengan menggunakan order, kamu akan lebih mudah dan menghemat waktu dalam mengatur data.

Cara pengaplikasian order adalah dengan memasukkannya di akhir statement command (Lihat pada gambar). Untuk mengurutkan data secara meningkat tambahkan ASC, sedangkan urutan data menurun gunakan DESC.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

4. Join

5 Command SQL yang Wajib Kamu Tahu! Kira-Kira Apa Saja?
Gabungkan data yang ada di table berbeda dengan join.

Join dapat kamu gunakan untuk menggabungkan data yang terdapat di tabel yang berbeda. Hasil dari penggunaan join adalah data yang tergabung dan berbentuk tabel baru. Kamu bisa lihat contoh command-nya melalui foto di atas!

5. Insert

Insert akan membantumu menginput data.
Insert akan membantumu menginput data.

Terakhir, command dasar yang perlu kamu tahu adalah insert. Insert berguna untuk menginput data ke dalam tabel di database. Untuk pengaplikasiannya, kamu bisa lihat contoh command-nya melalui foto di atas!

Nah, itu tadi lima command SQL yang perlu kamu tahu! Tertarik ingin mengetahui lebih dalam tentang SQL? Yuk, ikuti kelas-kelas persiapan karier di MYSkill yang membahas tentang SQL! Salah satunya, kamu bisa mengikuti kelas SQL–Preparation dan SQL–Window Function di MySkill.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill