Manajemen Karir: Pengertian, Tujuan dan Proses Pengembangan

2 min read

manajemen karier

Terkadang, perusahaan terlalu fokus untuk meraih goal mereka dan lupa memperhatikan aspek peningkatan dari karyawannya. Inilah yang kerap menjadi akar masalah sebuah perusahaan, kurangnya kepuasan dan motivasi kerja karyawan menurun. Ini adalah manajemen karir yang merupakan satu dari banyak aspek HRD yang harus dikelola, serta berpengaruh terhadap kelangsungan kinerja karyawan dan perusahaan. 

Meskipun terkadang proses ini masih belum menjadi prioritas utama HRD, tetapi secara bersamaan ini adalah proses yang perlu diperhatikan. Hal ini membuat perusahaan harus terus meningkatkan jenjang karir karyawan supaya potensi perusahaan untuk maju juga semakin besar. Jadi, apa itu manajemen karir? Nah, MySkill.id akan mengulas secara lengkap. Simak selengkapnya!

Apa itu Manajemen Karir?

manajemen karier adalah
Jenjang karir penting untuk karyawan dan perusahaan

Manajemen karir adalah proses yang direncanakan dan dilakukan oleh individu terkait perencanaan karir yang nyata, serta keterlibatannya dalam pekerjaan selama hidupnya. Sementara itu, bagi perusahaan ini termasuk upaya untuk mengelola alur pergerakan karyawan sehingga dapat memenuhi target perusahaan dan individu tersebut. Proses tersebut mencakup berbagai konsep, antara lain: kesadaran diri, perencanaan eksplorasi, pembelajaran seumur hidup dan jaringan.

Jenjang karir termasuk proses yang penting bagi perusahaan dalam mengembangkan karir karyawan dan mempertahankan kinerja baik perusahaan. Dengan adanya manajemen karir, perusahaan belajar untuk menciptakan suasana lingkungan kerja yang optimis dan gairah belajar karyawan akan terus ada.

Baca juga: Mengajukan Pertanyaan Untuk HRD? Siapa Takut! 

Tujuan Manajemen Karir

Dari penjelasan umum terkait definisi, kamu juga perlu mengetahui tujuan dari manajemen karir yaitu:

  • Mencapai tujuan karyawan dan perusahaan.
  • Membuktikan kesejahteraan karyawan.
  • Membantu karyawan dalam mengidentifikasi passion diri mereka.
  • Untuk menjalin hubungan yang erat antara karyawan dan company.
  • Sebagai bentuk social responsibilty.
  • Memperkuat pelaksanaan tujuan perusahaan

Proses Manajemen Karir

tipe dasar manajemen karier
Terdapat tiga tipe dasar manajemen karir

Tanggung jawab dalam mengatur karir mungkin lebih besar pada individu daripada perusahaan. Pertama, kamu harus menekankan diri kamu terkait tujuan karir dan kehidupanmu. Career management dapat menjadi hal yang sangat sulit bagi seseorang yang tidak menyadari peluang yang tersedia atau tidak sepenuhnya menyadari passion mereka. 

Namun untuk tujuan yang lebih spesifik, terukur, dan dapat dicapai lebih besar adalah peluang rencana pengelolaan yang membuahkan hasil bagi karir individu dan kinerja perusahaan. Ada tiga proses manajemen karir, antara lain:

1. Perencanaan Tujuan

Perencanaan tujuan adalah proses mengidentifikasi tujuan akhir karir. Jika kamu baru memulai karirmu, ini bisa menjadi proses evaluasi minat, kemampuan, kepribadian, kepuasan kinerja, dan nilai anda untuk perusahaan. Proses ini dapat membuatmu meyakinkan kembali tujuan jangka panjang dan motivasi, serta keseimbangan kerja dengan kehidupan pribadimu. 

2. Perencanaan Karir

Perencanaan karir artinya rencana konkret yang kamu buat untuk mencapai tujuan akhirmu sebagai individu maupun karyawan. Ini melibatkan identifikasi jalur karir, pengalaman kerja, pendidikan, dan serangkaian tujuan yang dapat kamu tindak lanjuti. Perencanaan karir akan membantu kamu dalam proses pengembangan karir.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Membuat Rencana Karir Itu Penting 

3. Pengembangan Karir

Ketiga adalah pengembangan karir. Dengan menerapkan perencanaan karir, karirmu akan berkembang secara individu maupun profesional. Hal ini akan memberikan dampak yang baik bagi kinerja dan reputasi perusahaan. Pengembangan karir mencakup bidang-bidang, seperti mengatur waktu, kualitas kerja, jaringan antar rekan kerja, dan lain-lain.  

Itulah penjelasan career management yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan kualitas kinerja di perusahaan maupun individu. Proses me-manage karir akan membantu perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang memiliki potensi yang baik. Hal ini juga tentu akan membantumu mengembangkan karir dan mencapai tujuan akhirmu. 

Jika kamu ingin mempelajari tentang manajemen karir lebih lanjut, kamu dapat bergabung dengan MySkill.id! Tersedia kelas untuk Membangun Jenjang Karir Kepemimpinan yang bisa kamu ikuti. Melalui kelas tersebut kamu akan belajar mengenai kemampuan personal dan manajerial, konsep skill-mastery, dan cara membangun pola pikir kepemimpinan yang akan berguna bagi proses karirmu. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, gabung dengan MySkill.id!

Editor: Alwan Kurnia