Komunikasi Buat Pengembangan Diri, Ini Manfaatnya!

Ada kalimat yang mengatakan bahwa “manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu, kita membutuhkan manusia lain di dalam kehidupannya”. Apakah kamu pernah mendengar kalimat ini?

Yap, sebagai manusia tidak ada yang bisa hidup sendiri, kita pasti membutuhkan orang lain di kehidupan, entah untuk sekadar berbagi cerita, tertawa, saling tolong-menolong, dan masih banyak lagi. Pemererat utama dari semua makhluk di bumi yakni adanya komunikasi. 

Kenapa sih, komunikasi yang baik itu penting untuk bersosialisasi? Bukankah hanya sekadar berbicara saja? Agar lebih jelas, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa manfaat dari skill komunikasi untuk pengembangan diri. Yuk, kita simak bersama-sama!  

1. Personal Branding

Komunikasi Buat Pengembangan Diri, Ini Manfaatnya!
Membangun reputasi yang baik dimulai dengan cara kita merepresentasikan diri

Personal branding adalah praktik untuk mempromosikan diri, karier, dan pencapaian sebagai sebuah brand. Hal ini juga berfungsi sebagai proses untuk mengembangkan dan mempertahankan reputasi maupun kesan secara individu. Dengan memiliki skill menyampaikan pesan yang mumpuni, kita akan sangat terbantu banget, nih, dengan banyak aspek, termasuk saat sedang melamar kerja.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Komunikasi Penting Digunakan Di mana Saja

Komunikasi Buat Pengembangan Diri, Ini Manfaatnya!
Networking yang luas penting dalam berkarier, sehingga butuh skill komunikasi yang baik untuk membangunnya

Komunikasi penting digunakan di mana saja, misalnya di rumah, sekolah, tempat kerja, café dan lain sebagainya. Terlebih komunikasi digunakan seperti saat menjawab pertanyaan, memperkenalkan diri, mengobrol dengan keluarga, teman, pasangan atau rekan kerja, dan memberikan feedback. So, jangan ragu untuk memperbaiki seni berbicara kita ya. Networking saat ini penting dalam berkarier, dan bisa membantu kita lebih dalam ketika menyelami karier.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Komunikasi Memperkaya Pengetahuan

Komunikasi Buat Pengembangan Diri, Ini Manfaatnya!
Proses belajar mengajar akan lebih efektif manakala informasi yang disampaikan terserap dengan baik

Selain buku bacaan, komunikasi adalah solusi untuk memperkaya pengetahuan. Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa dengan guru A pelajaran lebih mudah kita ingat daripada saat dengan guru yang lain? Salah satu faktor yang memengaruhi adalah penggunaan kemampuan bahasa yang baik saat proses belajar-mengajar berlangsung. Semakin baik kemampuan public speaking kita, tentunya akan memperkuat kemampuan riset dan menyerap informasi. Proses belajar pun lebih mudah dan mendapatkan hasil yang maksimal juga. Ingat, cara sebuah ilmu bisa mengalir dengan luas, salah satunya adalah membuat murid memahami informasi yang kita sedang sampaikan. Setuju?

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Menambah Self-Worth

Komunikasi Buat Pengembangan Diri, Ini Manfaatnya!
Cara berkomunikasi yang santun dapat mempererat hubungan dengan lingkungan kerja

Ketika sudah terjun ke dunia kerja, kita akan tahu betapa pentingnya skill komunikasi untuk menambah self-worth kita. Hal ini justru akan sangat membantu kita sehingga nantinya perusahaan akan mengenali potensi diri dan hubungan dengan rekan kerja semakin baik.

Nah gimana, sekarang sudah tahu kan, pentingnya skill komunikasi? Dalam berbagai momen dan kepentingan, hal ini menjadi sangat krusial karena merupakan garda terdepan seseorang menilai kita setelah cara berbusana. So, tingkatkan terus yuk, kemampuan berbahasa dan berbicara kita!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Oiya, agar keahlian kamu semakin optimal, yuk, tingkatkan skill kamu melalui E-Learning dan Bootcamp yang ada di MySkill.id! Terdapat beragam pilihan program pelatihan dan artikel-artikel keren seputar dunia profesi yang bisa kamu ikuti. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill