Ambil Kesempatan, Ketahui 3 Jenis Scholarship Ini!

Setiap orang saat hendak melanjutkan jenjang pendidikannya pasti berharap agar mendapatkan beasiswa, khususnya bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Mungkin juga ada yang masih kebingungan soal jenis scholarship yang ada.

Sebelum itu, tidak sedikit yang berpikir bahwa beasiswa hanyalah untuk anak yang kurang mampu. Tentu saja itu salah besar karena sekarang banyak sekali jenis beasiswa yang bisa kamu ikuti, misalnya beasiswa jalur prestasi, lembaga tertentu, perguruan tinggi, dan pemerintah.

Pada penawaran beasiswa biasanya ada istilah-istilah khusus yang mungkin sedikit asing ketika terdengar, seperti full, partial, dan lain sebagainya. Sebenarnya ini juga bermanfaat untuk memberi arahan kepada kamu agar tidak salah daftar karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kalau begitu, berikut kami sajikan informasi terkait jenis scholarship yang harus kamu ketahui.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

1. Jenis Scholarship: Full-ride Scholarship

Ambil Kesempatan, Ketahui 3 Jenis Scholarship Ini!
Beasiswa ini mencakup seluruh biaya kebutuhan hidup

Jenis scholarship ini bermaksud memberikan dana beasiswa kepada peserta yang layak tentunya,  selama masa studi di sekolah atau universitas. Biayanya meliputi biaya pendidikan, tempat tinggal, buku kuliah, perlengkapan alat tulis, penelitian, tiket perjalanan (PP), asuransi, dan fasilitas lainnya tergantung penyedia beasiswanya. 

Penyedia beasiswa biasanya berasal dari pemerintah, kampus, hingga yayasan pendidikan atau lembaga tertentu. Lebih lanjut, kamu perlu mempersiapkannya dengan matang karena persaingannya sangat ketat. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

2. Full-tuition Scholarship

Ambil Kesempatan, Ketahui 3 Jenis Scholarship Ini!
Tentukan pilihanmu terlebih dahulu

Kira-kira apa nih bedanya full-ride dan full-tuition scholarship, sahabat MySkill? Sebenarnya hanya beda tipis, akan tetapi kamu tetap harus mengetahuinya.  Full-tuition scholarship hanya berfokus pada biaya pendidikan, fasilitas lab, dan buku. Nah, sedangkan full-ride scholarship cakupannya lebih luas, yakni seluruh biaya kebutuhan sekolah atau kuliah. Untuk itu, bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa full, bisa mencari yang lainnya.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut. 

3. Jenis Scholarship: Partial Scholarship

Partial scholarship cocok untukmu yang mau mengambil short course
Apakah kamu berminat mengikuti kursus singkat?

Partial scholarship biasanya diberikan untuk sahabat MySkill yang berminat mengikuti kegiatan short-course. Short-course atau kursus singkat merupakan salah satu cara yang mahasiswa ambil untuk mendapatkan keterampilan baru saat masa liburan, misalnya. 

Materi yang akan kamu dapatkan biasanya berkaitan dengan keterampilan yang relevan melalui praktik pada dunia nyata. Ada banyak sekali pilihan short-course yang bisa kamu ambil. Salah satunya pertukaran mahasiswa atau belajar bahasa asing langsung ke daerah asalnya. Selain itu, partial scholarship biasanya memiliki aturan yang cukup ketat. Kamu tidak bisa mencari tambahan sponsorship untuk mencoba memenuhi kebutuhanmu selama kuliah. 

Berbicara mengenai beasiswa, pas banget nih, MySkill.id sedang membuka kesempatan untuk para mahasiswa Vokasi dan S1 seluruh Indonesia untuk mendapatkan beasiswa sebesar Rp5000.000,00 per semester. Beasiswanya sendiri terdiri dari uang pendidikan bulanan, akses gratis pelatihan dan e-learning bersertifikat dari MySkill.id, serta mentorship persiapan karir dan studi pasca sarjana. 

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Lalu, apa saja syarat umumnya? Gampang banget lho, yaitu kamu harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), terdaftar sebagai mahasiswa aktif/cuti dan ditambah lagi tidak terbatas pada tingkat/jurusan/universitas dari dalam atau luar negeri. Ketentuan lainnya adalah tanpa syarat minimal IPK tertentu, tanpa Batasan sedang menerima beasiswa lainnya, dan tanpa syarat tingkat ekonomi tertentu.

Kemudian, untuk alur pendaftaran, kamu bisa membuka web MySkill.id dan membuat akun terlebih dahulu, lalu, klik poster beasiswanya, isi form pendaftaran, dan tunggu informasi selanjutnya. Wah, mudah sekali nih sahabat MySkill. Tunggu apa lagi, langsung saja daftar, ya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill