Apakah Sobat memiliki banyak tugas? Bingung mau mengerjakan yang mana dulu? Atau, pengin ngerjain, tapi malah procrastinating? Nah, supaya masalah-masalah tadi gak ada lagi selama mengerjakan tugas, Sobat bisa menggunakan to do list.
To do list memang cocok banget buat para mahasiswa yang bingung mengatur jadwal, overwhelmed dengan tugas, dan bahkan yang galau mau mengerjakan tugas mana terlebih dahulu.
Namun, apa, sih, to do list itu? Terus, gimana cara membuatnya? Buat Sobat yang kepo, yuk, simak artikel ini sampai habis!
Apa Itu To Do List?
Sesuai dengan artinya, to do berarti melakukan sesuatu, sedangkan list adalah daftar. Jadi, to do list merupakan sebuah daftar atau rangkaian kegiatan yang akan kamu kerjakan dalam kurun waktu tertentu.
Dengan membuat sebuah daftar kegiatan, ada banyak manfaat yang bisa Sobat dapatkan, antara lain meningkatkan konsentrasi, memudahkan kegiatan, membantu mengingat, dan bisa mengurangi stres, lo! Bermanfaat banget, ‘kan?
Sebelum membuatnya, ada sejumlah trik yang perlu kamu ketahui supaya daftar kegiatanmu lebih efektif. Nah, di bawah ini, MySkill sudah merangkum lima triknya untukmu. Ada apa saja? Check it out!
1. Catat Kegiatan dengan Rinci
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencatat seluruh kegiatan. Ingat, Sobat harus menuliskannya secara rinci, mulai dari apa yang ingin kamu kerjakan, jam berapa harus mulai dan selesai, hingga memberikan penjelasan yang detail terkait kegiatan tersebut.
Sobat bisa mencatat kegiatan tersebut di sebuah notes kosong. Tujuannya, supaya gak tercampur dengan hal lain. Selain itu, Sobat juga bisa menghias notes tersebut dengan spidol warna-warni. Hal ini supaya catatan tersebut terlihat eye-catching dan kamu juga gak bosan saat membacanya.
2. Urutkan Skala Prioritas Tiap Poin
Setelah mencatat secara rinci, Sobat bisa mulai mengurutkan skala prioritasnya. Pembuatan skala prioritas ini bertujuan untuk menentukan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Di samping itu, hal ini supaya kamu terhindar dari kebingungan akibat banyaknya kegiatan.
Dalam membuat skala prioritas, Sobat bisa menggunakan metode 1-3-5, yaitu menentukan 1 hal yang sangat penting, 3 hal penting, dan 5 hal yang gak terlalu penting.
Kamu juga bisa menggunakan The Eisenhower Decision Matrix, nih. Caranya adalah dengan membagi kegiatanmu ke dalam 4 skala, yaitu urgent-important (darurat-penting), urgent-not important (darurat-tidak penting), not urgent-important (tidak darurat-penting), dan not urgent-not important (tidak darurat-tidak penting). Jadi mudah, ‘kan?
3. Tandai Kegiatan yang Sudah Selesai
Langkah ketiga adalah tandai kegiatanmu yang sudah selesai. Sobat bisa memberikan tanda atau memberinya warna agar lebih noticeable atau ‘mudah dilihat’. Contohnya adalah dengan spidol warna-warni, tanda bintang, lingkaran, dan lain-lain.
For your information, menyelesaikan dan memberikan tanda kalau kegiatanmu sudah selesai akan memberikan rasa kepuasan dan semangat tersendiri, lo! Cobain, deh!
Baca Juga: 7 Rekomendasi Situs Jurnal Internasional yang Gratis dan Tepercaya
4. Unduh Aplikasi To Do List di Gadgetmu
Gak hanya secara manual, Sobat juga bisa membuat daftar kegiatan dengan bantuan aplikasi, lo! Di zaman yang semakin canggih ini, banyak sekali aplikasi yang memungkinkanmu untuk menyusun rangkaian kegiatan dalam sehari. Selain mempermudah kegiatan, juga bisa menunjang produktivitas-mu, nih.
Ada beberapa aplikasi to do list yang bisa Sobat gunakan, seperti Any.do, Todoist, Wunderlist, Google Keep, dan Remember the Milk. Kamu bisa dengan mudah mengunduhnya di Google Play Store dan App Store gadgetmu. Jika sudah, aplikasinya pun siap digunakan!
5. Evaluasi dan Berikan Reward kepada Dirimu
Jika semua langkah di atas sudah Sobat lakukan, last but not least, jangan lupa untuk evaluasi dan reward yourself! Penting banget, nih, untuk selalu evaluasi hal-hal yang sudah kamu kerjakan.
Salah satu caranya adalah dengan melihat kegiatan apa saja yang sudah bisa dicapai dalam periode tertentu. Jika sudah sesuai target, maka Sobat bisa memberikan reward alias ‘penghargaan’ kepada dirimu sendiri sebagai tanda kepuasan atas kerja keras yang telah dilakukan. Be kind to yourself, ya!
Nah, itu dia 5 trik membuat to do list, Guys. Bagaimana? Mudah, ‘kan? Maka dari itu, mulai dari sekarang, Sobat harus menyusun daftar agar kegiatanmu lebih teratur, ya!
Di samping kemampuan manajemen tadi, kamu juga perlu memperkaya diri dengan skill lainnya, nih. Caranya gimana? Nah, MySkill punya segudang bootcamp dan e-learning yang dapat membantumu dalam mengembangkan skill. Penasaran? Makanya, buruan cek sekarang!
Baca Juga: 7 Aplikasi Pembuat Mind Mapping Gratis untuk Tugas Kuliah
Editor: Fria Sumitro