Maba Wajib Tahu! Yuk, Kenali 4 Istilah Perkuliahan Ini!

Kuliah sudah menjadi impian bagi kebanyakan orang. Banyak pelajar yang bermimpi untuk dapat berkuliah di universitas negeri ternama sehingga sudah mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari. Namun, banyak dari mereka yang tidak begitu mengenal berbagai istilah dalam dunia perkuliahan. Penasaran dengan istilah-istilah apa aja itu? Berikut ini adalah 4 istilah perkuliahan yang wajib mahasiswa baru ketahui sebelum masuk kuliah, cekidot!

1. SKS

Maba Wajib Tahu! Yuk, Kenali 4 Istilah Perkuliahan Ini!
Kredit tanpa bunga, ya satuan kredit semester

SKS bukan berarti sistem kebut semalam, yah! SKS merupakan akronim dari Satuan Kredit Semester yang berarti beban studi pada setiap mata kuliah. Mata kuliah yang kamu ambil memiliki jumlah SKS yang berbeda-beda pula. 

SKS juga dapat kamu gunakan sebagai indikator untuk menentukan mata kuliah mana yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Umumnya, mata kuliah dengan kesulitan tinggi memiliki jumlah SKS yang tinggi pula. Mata kuliah dengan jumlah SKS tinggi juga merupakan mata kuliah yang sangat penting dalam program studi kamu. Jadi, jangan sampai kamu mendapat nilai rendah di mata kuliah ini, yah!

Jumlah SKS menentukan durasi kegiatan belajar mengajar. 1 SKS sama dengan satu jam pelajaran dengan durasi jam pelajaran yang berbeda di setiap perguruan tinggi. Umumnya, 1 SKS sama dengan 50 menit KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Setiap perguruan tinggi memiliki regulasi yang berbeda pula terkait jumlah SKS maksimal yang dapat mahasiswa ambil selama satu semester.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. KRS

Maba Wajib Tahu! Yuk, Kenali 4 Istilah Perkuliahan Ini!
Rencanakan studimu dengan matang

Setelah membahas SKS tentunya kita akan beralih ke poin kedua, yaitu KRS yang merupakan akronim dari Kartu Rencana Studi. Sesuai dengan namanya, KRS merupakan daftar mata kuliah yang akan mahasiswa tempuh selama satu semester ke depan.

Di awal semester, mahasiswa wajib mengurus dan merancang mata kuliah apa saja yang ingin mereka ambil. KRS ini juga dapat menjadi bukti bahwa mahasiswa yang bersangkutan masih aktif berkuliah.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

3. KHS

Maba Wajib Tahu! Yuk, Kenali 4 Istilah Perkuliahan Ini!
Usaha menentukan hasil

Setelah membahas mengenai KRS, maka tak lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai KHS. KRS merupakan daftar mata kuliah yang akan mahasiswa tempuh selama satu semester ke depan, sedangkan KHS merupakan kebalikannya. KHS atau Kartu Hasil Studi merupakan hasil studi yang berisi daftar mata kuliah yang telah kamu tempuh selama satu semester ke belakang.

KHS juga memuat nilai IP (Indeks Prestasi) dari setiap mata kuliah yang telah kamu tempuh. IP inilah yang akan menentukan jumlah SKS yang dapat kamu tempuh di semester selanjutnya. Kamu bisa mengambil mata kuliah dengan jumlah SKS yang lebih banyak dengan IP yang tinggi. Di akhir masa kuliah, IP dari setiap semester akan menentukan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) kamu.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

4. DPA

Maba Wajib Tahu! Yuk, Kenali 4 Istilah Perkuliahan Ini!
Jangan malu-malu, DPA-mu bukan orang asing

Yang terakhir dan tidak kalah penting untuk kamu ketahui adalah DPA. Setiap mahasiswa tentunya akan menemui berbagai macam kesulitan selama menjalani masa studi mereka. DPA (Dosen Pembimbing Akademik) inilah yang nantinya akan membantu setiap mahasiswa untuk mengatasi kesulitan yang mereka hadapi.

Selain bertugas membantu mahasiswa untuk mengatasi berbagai kesulitan selama menjalani masa studi, DPA juga bertugas membimbing mahasiswa untuk menyelesaikan masa studinya dengan cepat dan efisien. Jadi, jangan malu-malu atau merasa canggung untuk berkonsultasi dengan DPA-mu, yah!

Itu dia informasi mengenai 4 istilah yang wajib mahasiswa baru ketahui sebelum masuk kuliah. Jadi gimana? Sekarang kamu udah paham mengenai beberapa istilah perkuliahan, kan? Dengan informasi yang telah kamu dapatkan, tentunya kamu akan lebih siap untuk menghadapi dunia perkuliahan!

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Buat kamu yang tertarik untuk mendapatkan berbagai artikel menarik dan informatif terkait Masa Kuliah, kamu bisa menemukan dan membacanya setiap hari hanya di MySkill.id! Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas dan boot camp mengenai Persiapan Karir yang telah MySkill.id sediakan untuk mempersiapkan diri setelah menyelesaikan masa studi kamu! Jadi, tunggu apa lagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill