Beasiswa Chevening: Ketahui Persyaratan dan Cakupannya!

Nama Beasiswa Chevening tentunya sangat familier untuk para scholarship hunter, khususnya bagi teman-teman yang ingin melanjutkan studi ke Inggris. Banyaknya kampus ternama di Inggris, membuat banyak orang berbondong-bondong menempa ilmu di negara tersebut. Pada kesempatan kali ini, MySkill akan membagikan informasi mengenai Beasiswa Chevening. Sudahkah kalian mengetahui tentang scholarship ini? Yuk, simak bersama pembahasan di bawah!

Mengenal Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening: Ketahui Persyaratan dan Cakupannya!
Beasiswa Chevening merupakan program fully funded

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa internasional dari Pemerintah Inggris yang bersifat fully funded untuk jenjang master degree. Program ini didanai oleh Foreign Commonwealth and Development Office (FCDO) beserta lembaga mitra lainnya. Melalui Beasiswa Chevening, Pemerintah Inggris berharap dapat menghasilkan global leader yang bisa membawa perubahan positif pada dunia.

Pemerintah menawarkan program ini untuk para lulusan S1 (semua jurusan) dari 160 negara. Beasiswa Chevening akan menerima kandidat yang memiliki semangat, kemampuan, dan visi dalam membuat dunia yang lebih baik. Karenanya, para penerima scholarship ini memiliki latar belakang yang beragam. Sejak 1983 hingga kini, Beasiswa Chevening sudah memiliki sekitar 50.000 alumni dari berbagai negara.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa Chevening: Ketahui Persyaratan dan Cakupannya!
Scholarship ini memberikan berbagai tunjangan

Program ini menawarkan berbagai manfaat kepada penerimanya. Oleh karena itu, tak heran jika jumlah pendaftarnya terbilang banyak. Berikut adalah cakupan beasiswa yang akan awardee terima:

  1. Biaya perkuliahan.
  2. Tiket pesawat pulang-pergi dari negara asal ke Inggris, maupun sebaliknya.
  3. Tunjangan kedatangan dan kepulangan.
  4. Biaya pengurusan visa.
  5. Tambahan dana untuk melalukan tes TB.
  6. Tunjangan biaya hidup bulanan serta uang akomodasi. Jumlah biaya bulanan akan disesuaikan dengan biaya hidup di kota tempat awardee menetap.
  7. Dana perjalanan untuk menghadiri kegiatan Chevening.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Persyaratan Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening: Ketahui Persyaratan dan Cakupannya!
Persyaratan untuk pendaftar Beasiswa Chevening

Guna mendapatkan manfaat di atas, kalian perlu mendaftarkan diri. Namun, sebelum mendaftarkan diri pastikan bahwa kalian telah memenuhi persyaratan dari Beasiswa Chevening. Di bawah ini merupakan persyaratan yang harus teman-teman penuhi:

  1. Pendaftar merupakan warga negara dari salah satu 160 negara mitra.
  2. Pendaftar telah menyelesaikan studi S1.
  3. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun. Dua tahun pengalaman ini termasuk pekerjaan full-time, part-time, internship, dan voluntary work.
  4. Memenuhi persyaratan akademik serta bahasa inggris seperti IELTS, TOEFL IBT, dan Pearson PTE Academic. Syarat kemampuan bahasa inggris, perlu peserta sesuaikan dengan persyaratan dari kampus.
  5. Pelamar telah mendaftar ke 3 program studi yang berbeda pada satu universitas di Inggris, atau registrasi ke 3 program studi serupa di tiga universitas berbeda. Pendaftar juga diwajibkan sudah mendapatkan unconditional offer dari salah satu pilihan program studi tersebut.
  6. Tidak pernah melakukan studi dengan menerima dana dari Pemerintah Inggris.
  7. Pendaftar bersedia kembali ke negara asal setelah selesai menempuh studi.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Di samping kriteria tersebut, teman-teman juga perlu menyiapkan berkas-berkas persyaratan untuk mendaftarkan diri. Berikut adalah dokumen yang harus kalian siapkan jika ingin mengikuti pendaftarannya:

  1. Passport dan KTP.
  2. Ijazah beserta transkrip nilai.
  3. Dua reference letters.
  4. Biografi singkat.
  5. Esai dengan tema yang telah pihak pemberi beasiswa tentukan.
  6. letter of Acceptance.

Tahap Pendaftaran

Beasiswa Chevening: Ketahui Persyaratan dan Cakupannya!
Alur resgistrasi melalui website

Beasiswa Chevening memiliki alur pendaftaran yang sedikit berbeda dengan program lainnya. Oleh karena itu, pastikan kalian mengetahui tiap tahapannya. Di bawah ini adalah tahap pendaftaran Beasiswa Chevening:

  1. Tahap pendaftaran online melalui website resmi Chevening. Isilah formulir pendaftaran dengan tepat pada tahap ini.
  2. Setelah pendaftaran online tutup, akan ada penyaringan awal berdasarkan kriteria sebelumnya.
  3. Kemudian terdapat tahap penilaian dan penentuan peringkat pada pendaftar yang memenuhi kriteria. Hasil penilaian akan diserahkan pada kedutaan besar Inggris.
  4. Setelah itu, pihak kedutaan akan mengulasnya untuk melakukan shortlist.
  5. Peserta yang masuk ke dalam daftar shortlist harus melakukan submit 2 reffrece letters dan education documents.
  6. Jika sudah menyerahkan dokumen tersebut, kandidat akan melakukan tahap wawancara.
  7. Setelahnya akan ada pengumuman kandidat yang terpilih sebagai awardee.
  8. Kemudian, penerima beasiswa akan memiliki tenggat waktu untuk mengumpulkan satu unconditional offer dari universitas di Inggris.

Itulah persyaratan, cakupan, dan tahap pendaftaran Beasiswa Chevening. Jika ingin mendaftar, jangan lupa untuk menyiapkan kemampuan bahasa inggris kalian juga, ya! Teman-teman bisa belajar bersama MySkill.id. dengan mengikuti bootcamp English & IELTS Test Preparation.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Yuk, persiapkan diri guna mengikuti Beasiswa Chevening! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, teman-teman bisa kunjungi akun Instagram @cheveningfcdo. Informasi terbaru mengenai scholarship ini juga bisa kalian peroleh di situs official-nya.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill