Social Media Management: Peran Pentingnya Dalam Bisnis

Di tengah penggunaan media sosial yang makin masif di masyarakat, para pelaku usaha harus bisa memanfaatkannya sebagai sarana untuk melancarkan bisnis. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan, perlu manajemen yang baik untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Oleh karena itu, social media management menjadi hal yang penting di era digital saat ini.

Mengelola akun media sosial itu tidak bisa kita samakan dengan melakukan marketing biasa, kita harus benar-benar memahami cara kerjanya dengan baik, misalnya memahami algoritma media sosial yang kita gunakan.

Social media management yang tepat dan efektif tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan yang melakukannya. Nah, dalam artikel ini, MySkill akan mengupas secara rinci mulai dari definisi, manfaat, hingga tools yang membantu pekerjaan seorang social media manager. Simak baik-baik, ya!

1. Apa Itu Social Media Management?

Social Media Management: Peran Pentingnya Dalam Bisnis
Social media management yang baik bisa mendatangkan keuntungan bisnis

Social media management merupakan proses membuat, menerbitkan, dan menganalisis konten yang akan kita posting. Dalam arti lain, manajemen media sosial merupakan penggunaan berbagai tools, software maupun layanan yang mampu membantu para pebisnis dalam membagikan konten bisnisnya dengan tujuan mendapatkan keuntungan lebih.

Konten-konten yang akan di-upload ke akun media sosial bisnis harus terkonsep dengan baik dan menarik sehingga mampu mempresentasikan perusahaan tersebut kepada para pengguna. Melalui akun ini, pelaku bisnis juga bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan, misalnya informasi tentang penilaian produk yang dari pelanggan.

Penjadwalan waktu posting, melakukan interaksi dengan pelanggan, hingga merespons di social media dengan cepat merupakan beberapa hal yang bisa kita kategorikan sebagai social media management. Oleh karena itu, pemahaman tentang media sosial dan perilaku konsumen harus benar-benar baik untuk membuat strategi yang tepat.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Pentingnya Social Media Management Bagi Perkembangan Bisnis

Social Media Management: Peran Pentingnya Dalam Bisnis
Di era digital, memanfaatkan social media akan berdampak baik
a. Meningkatkan Brand Awareness

Para pengusaha baru menyadari betapa pentingnya social media management. Hal ini bertujuan untuk mempresentasikan bisnis melalui media sosial. Banyak sekali manfaat yang kita rasakan dengan penggunaan social media, di antaranya adalah sebagai berikut.

Penerapan social media management yang baik dan mampu menciptakan konten yang berkualitas akan mampu menciptakan kesadaran audiens terhadap brand yang kita miliki. Dengan terciptanya brand awareness, tentu saja bisnis yang kamu miliki akan tumbuh menjadi lebih besar.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

b. Media Berbagi Informasi

Selain sebagai alat pemasaran, mengelola media sosial juga bisa bermanfaat untuk membagikan informasi dengan cara yang mudah. Misalnya, ketika bisnis yang kamu kelola sedang mengadakan promo barang tertentu. Media sosial akan sangat membantu dalam proses pembagian informasi. Dengan memanfaatkannya kamu akan mendapat keuntungan, seperti praktis, efisien, hemat tenaga, dan tentunya biaya yang murah.

c. Memperluas Audiens

Platform media sosial memiliki pengguna yang begitu banyak dan tersebar di hampir semua tempat. Dengan memanfaatkan hal tersebut, kamu bisa memperkenalkan brand secara luas. Karena itu, kelola media sosial dengan baik agar konsumen melihatnya sebagai bisnis yang bagus dan terpercaya sehingga memiliki ketertarikan untuk membeli produk yang tengah dipromosikan.

d. Menunjukkan Jati Diri Perusahaan

Selain sebagai wadah untuk promosi produk, media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menunjukkan kualitas dan jati diri perusahaan. Kedua hal ini biasa kita kenal dengan sebutan brand personality yang berperan penting bagi perkembangan bisnis.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Tools Social Media Management

Social Media Management: Peran Pentingnya Dalam Bisnis
Penggunaan tool dapat membantu pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien

Untuk memudahkan pekerjaan seorang social media manager, mereka biasanya menggunakan beberapa tools untuk mengelola akun media sosial bisnisnya. Berikut MySkill paparkan di antaranya.

a. HootSuite

Ini merupakan salah satu tool paling populer di kalangan pengelola media sosial. Dengan HootSuite, kamu bisa mengetahui trafik dan membuat jadwal untuk setiap pesan dan postingan di media sosial. Dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui jumlah orang yang mengunjungi akunmu dan bisa mengingat kapan waktu untuk mengunggah konten sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.

b. SocialOomph

Tool yang satu ini akan sangat membantumu dalam meningkatkan produktivitas di social media. Mereka menawarkan layanan, seperti otomatis follow, pelacakan kata kunci, auto-DM untuk follower baru, penjadwalan upload, dan fitur lainnya.

c. SproutSocial

Tool berikutnya adalah SproutSocial. Alat ini menawarkan fitur Single Stream Inbox yang bisa membantumu untuk memastikan tidak ada pesan masuk yang terlewat. Sama seperti tool lainnya, yang satu ini juga bisa melakukan penjadwalan serta menjadi alat monitoring dan analisis untuk membantu memvisualisasikan matriks yang penting di media sosial.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Itulah pembahasan lengkap dari MySkill tentang social media management. Jika kamu tertarik dengan bidang ini dan mempunyai keinginan mempelajarinya, tentu saja kamu bisa belajar bersama MySkill. Kamu bisa mengikuti mini bootcamp social media management bersama pemateri yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill