10 Soft Skill yang Mahasiswa Wajib Kamu Miliki!

Sebelum terjun ke masyarakat atau dunia kerja, mahasiswa wajib memiliki beberapa hard skill dan soft skill sebagai aspek penting yang harus dikuasai. 10 soft skill yang akan MySkill.id bahas kali ini wajib mahasiswa ketahui dan kuasai. Mari simak bersama-sama!

Soft skill adalah kompetensi yang penting, tapi jarang termuat dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Sebagai mahasiswa, perlu untuk mengetahui dan melatihnya secara sadar dan mandiri.

Soft skill ini bukan serta merta sebagai pelengkap kemampuan akademis mahasiswa, melainkan bertujuan agar mahasiswa mampu bersaing setelah lulus dan terjun di masyarakat nantinya.

Berikut ini 10 soft skill wajib dimiliki mahasiswa!

Kamu Maba? Kenali 6 Jenis Organisasi Mahasiswa di Kampus!

1. Kepemimpinan

Di dunia kerja, tidak selamanya kamu akan menjadi bawahan atau suruhan. Kadang-kadang atau bahkan mungkin kamu harus menjadi seorang pemimpin.

Memiliki soft skill kepemimpinan ini penting karena kamu akan mendapat kesempatan untuk menentukan sebuah pilihan. Di mana pilihan tersebut akan memengaruhi rekan-rekan satu kerjamu dan bahkan menentukan apa yang akan terjadi padamu.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Tanggung Jawab

Setiap orang haruslah memiliki sebuah tanggung jawab. Soft skill ini berperan sangat penting untuk mahasiswa karena berpengaruh terhadap kompetensi dan moral saat di lingkungan masyarakat atau kerja nantinya.

Menyelesaikan tugas dan menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa itu bagian dari tanggung jawab seorang mahasiswa. Kamu akan dihadapkan dengan risiko dari hasil pekerjaan atau keputusan saat lulus nanti. Jadi, penting bagimu untuk menjunjung tinggi soft skill tanggung jawab ini.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Integritas

Hampir sama dengan tanggung jawab, mahasiswa perlu memiliki yang namanya soft skill integritas. Mahasiswa harus konsisten dalam mengambil tindakan, penentuan keputusan, dan mampu untuk menghadapi risiko hasil.

Mahasiswa perlu memiliki sifat integritas bukan hanya saat masih kuliah. Namun, saat lulus nantinya sifat ini memiliki peran dalam menentukan bagaimana kariermu akan berjalan.

4. Komunikasi yang Efektif

Kemampuan berkomunikasi adalah soft skill yang penting bagi mahasiswa. Selain agar mampu berinteraksi dengan orang lain, mahasiswa juga akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang memerlukan komunikasi. Seperti berbicara di depan umum, presentasi di depan dosen, bahkan wawancara magang atau kerja.

Mahasiswa harus mampu menyampaikan informasi kepada orang lain, memberikan ide, dan memberikan kritik atau saran tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

10 Soft Skill yang Mahasiswa Wajib Punya di Tahun 2022

5. Kemampuan Adaptasi

Bukan hanya di dalam kelas, mahasiswa juga perlu mendapatkan hal baru dari luar kelas atau lingkungan baru. Oleh karena itu, kemampuan dalam beradaptasi penting untuk mahasiswa agar mampu untuk menyesuaikan diri.

Soft skill ini akan membuat mahasiswa dapat menghadapi perubahan yang cepat dan memberikan gagasan inovatif terhadap lingkungan yang baru.

Kemampuan ini akan sangat berguna saat berada di lingkungan masyarakat atau kerja karena atmosfer yang benar-benar berbeda daripada di kelas perkuliahan.

6. Teamwork

Kegiatan kerja kelompok atau organisasi melatih mahasiswa dalam melakukan kerja sama tim.

Mahasiswa tidak akan terus melakukan segalanya secara sendirian. Mahasiswa akan dipaksa untuk dapat bekerja dengan orang lain yang mana penting pada saat mahasiswa lulus nantinya.

Soft skill ini juga mengajarkan mahasiswa untuk saling menghargai pendapat orang lain, saling memberi, dan bertanggung jawab atas apa yang telah menjadi hasil kerja sama.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

7. Keselarasan Tujuan

Setiap orang memiliki tujuan dan pendapat yang berbeda-beda. Kita sebagai mahasiswa dituntut untuk memahami dan menghormati visi maupun tujuan dari pendapat orang lain. Tidak bersikap egois dan memikirkan keadaan sekitar menjadi kunci soft skill keselarasan tujuan ini. Kamu sebagai mahasiswa perlu mengembangkan kemampuan ini sebelum benar-benar terjun di masyarakat atau lingkungan kerja.

8. Pengelolaan Diri

Dalam pekerjaan sehari-hari tidak selamanya kamu mendapatkan situasi yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memiliki soft skill ini untuk menciptakan kontrol diri yang lebih baik.

Kamu harus dapat mengendalikan diri dengan bersikap tenang dalam menghadapi segala kesulitan dan tantangan. Hal ini dapat dicapai dengan mengembangkan kebiasaan hidup secara efektif, selalu berusaha untuk tetap fokus, terorganisir, dan mampu mengatur waktu dengan baik.

9. Memotivasi Diri

Jangan mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan. Buatlah tantangan tersebut menjadi motivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebagai seorang mahasiswa, paksa diri kamu untuk tidak bermalas-malasan. Kamu adalah pribadi yang mampu untuk mengerjakan sesuatu dengan baik dan benar.

10. Mampu Belajar dengan Cepat

Seiring dengan terus berkembangnya teknologi dan informasi yang begitu cepat, soft skill menjadi orang yang fast learner sangat berpengaruh bagi seorang mahasiswa.

10 Soft Skill yang Mahasiswa Wajib Punya di Tahun 2022

Mahasiswa harus bisa mempelajari hal-hal baru yang sedang berkembang saat ini. Perkembangan zaman membuat orang-orang untuk terus bergerak maju. Jika kamu tidak memiliki kemampuan ini, maka kamu akan ketinggalan.

Itulah 10 soft skill wajib untuk mahasiswa di tahun ini. Jangan lupa untuk terus belajar, berlatih, dan mencari tahu informasi, ya! Kamu tidak ingin menjadi mahasiswa yang ketinggalan zaman, bukan?

Bagi kamu yang masih bingung dalam mempersiapkan karier ke depan nantinya, coba deh untuk belajar di MySkill.id Kamu akan mendapat informasi sekaligus pelatihan mengenai aspek-aspek dalam memulai kariermu di masa depan nantinya. Yuk, segera cek!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill