4 Macam Tes Bahasa Inggris untuk Mengembangkan Karier

Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dengan menguasainya, kita akan mendapat banyak sekali keuntungan, misalnya dapat studi ke luar negeri dan mempermudah dalam mengembangkan karier.

Dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, kamu berpeluang untuk bekerja di perusahaan internasional, bekerja di luar negeri, bahkan memiliki kesempatan untuk menduduki posisi yang lebih tinggi, seperti manajer.

Nah, terdapat empat jenis tes resmi yang bisa kamu coba. Keempat lembaga tes bahasa Inggris ini sudah diakui sehingga skor yang kamu dapatkan bisa dicantumkan pada CV. Apalagi jika kamu bisa meraih skor yang tinggi. Ini bisa menjadi modal yang sangat baik untuk karier masa depan. Berikut pembahasan dari MySkill mengenai keempat tes bahasa Inggris tersebut. Simak baik-baik, ya!

1. Tes Bahasa Inggris TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

Logo TOEFL
TOEFL merupakan salah satu jenis tes yang paling populer

Ini merupakan salah satu jenis tes yang paling populer. Banyak perusahaan dan lembaga pendidikan yang menggunakan nilai TOEFL sebagai salah satu syarat yang wajib untuk dimiliki.

Biasanya, tes TOEFL digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang sebelum orang tersebut memasuki dunia akademis maupun dunia profesional.

Tes yang satu ini akan menguji semua aspek, mulai dari berbicara (speaking), membaca (reading), mendengar (listening comprehension), hingga menulis dengan grammar yang tepat (grammar structure and written expression). 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. IELTS (International English Language Testing System)

Logo tes bahasa Inggris IELTS
IELTS terkenal dengan tingkat kesulitannya yang tinggi

International English Language Testing System (IELTS) juga merupakan sistem tes bahasa Inggris internasional yang populer di dunia untuk keperluan studi, bekerja, dan imigrasi. IELTS terkenal dengan tingkat kesulitannya sehingga banyak orang yang menganggap tidak mudah mendapatkan skor IELTS yang tinggi.

Sama seperti TOEFL, IELTS juga menguji empat keterampilan bahasa, yakni mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking).

Berbagai macam lembaga telah mengakui IELTS sebagai jenis tes yang sudah terstandardisasi. Jadi, bagi kamu yang membutuhkan penilaian kemampuan bahasa Inggris untuk kepentingan kariermu, ini bisa menjadi opsi yang sangat baik.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Tes Bahasa Inggris TOEIC (Test of English for International Communication)

4 Macam Tes Bahasa Inggris untuk Mengembangkan Karier
TOEIC banyak digunakan dalam industri di Indonesia

Jenis selanjutnya yang dapat kamu ikuti adalah Test of English for International Communication (TOEIC). Sebagai informasi, beberapa perusahaan besar di Indonesia mewajibkan para pencari kerja untuk melampirkan hasil tes TOEIC di dalam lamaran mereka. Selain perusahaan swasta, beberapa institusi pemerintahan juga mensyaratkan peserta untuk melampirkan hasil tes TOEIC dalam CV.

Lalu apa yang membuat perusahaan besar ini melirik TOEIC sebagai jenis tes untuk para pelamar kerja? Jawabannya terletak pada CEFR atau the common european framework of reference for languages. Standar penilaian ini terbilang lengkap karena mampu mengeksplorasi kemampuan berbahasa Inggris seseorang.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

4. CAE (Certificate of Advanced English)

4 Macam Tes Bahasa Inggris untuk Mengembangkan Karier
CAE bisa dimanfaatkan jika memiliki keinginan untuk berkarier di Inggris

Jenis tes terakhir yang dapat membantu mengembangkan kariermu adalah Certificate of Advanced English atau CAE. Lembaga yang menyelenggarakan CAE adalah Cambridge Exams. Terutama bagi yang bercita-cita memiliki pekerjaan di Inggris, kamu perlu mengetahui jenis tes yang satu ini.

CAE merancang soal-soal bahasa Inggris untuk menguji kemampuan peserta untuk terjun ke dunia profesional. Tes ini juga terkenal dengan tingkat kesulitannya yang tinggi. Jika kamu berniat mengikutinya, maka pastikan untuk mempersiapkannya secara matang.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Itulah empat jenis tes kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan kariermu. Mulai dari TOEFL, IELTS, TOEIC, hingga CAE. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan kamu perlu belajar dan berlatih dengan giat. Nah, MySkill memiliki kelas Persiapan Test Bahasa Inggris TOEFL dan IELTS dan berbagai kelas lainnya. Yuk, persiapkan bersama MySkill!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill