Tips TOEFL: 6 Cara Ini untuk Mendapatkan Skor yang Tinggi

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional sehingga semua orang di dunia dituntut untuk bisa menguasainya. Terlebih lagi, jika kamu memiliki cita-cita untuk berkuliah di luar negeri atau bekerja di perusahaan internasional, menguasai bahasa ini adalah suatu kewajiban. Oleh karena itu, jangan terkejut jika kamu diminta untuk melakukan tes TOEFL sebagai syarat. Ini tentu tidak mudah, selain belajar, kamu perlu tahu berbagai tips TOEFL jitu untuk mendapat skor yang baik.

Test of English as a Foreign Language atau TOEFL sendiri merupakan tes yang terstandarisasi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dan orang tersebut bertujuan untuk bekerja atau berkuliah di tempat yang menggunakan bahasa ini dalam komunikasi sehari-hari.

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan tes TOEFL, berarti kamu sedang berada di artikel yang tepat. MySkill akan memberikan tips agar bisa mendapatkan nilai tes TOEFL yang tinggi. Simak tips-tips di bawah ini, ya!

1. Pelajari Format Tes TOEFL

Tips TOEFL: 6 Cara Ini untuk Mendapatkan Skor yang Tinggi
Mengenal format tes penting sebelum tes yang sebenarnya

Jika kamu ingin mendapatkan skor yang tinggi, maka kamu wajib untuk mengetahui tes formatnya akan seperti apa. Misalnya, ketahui tentang berapa waktu setiap sesi, soal seperti apa yang biasanya muncul, dan lain sebagainya. Dengan mempelajarinya, kamu akan mengetahui sesuatu yang akan kamu hadapi nantinya. Berikut MySkill beri tahu waktu tes TOEFL di setiap sesinya.

a. Internet-based test:

  • reading section: 60-80 menit (36-56 pertanyaan);
  • listening section: 60-90 menit (34-51 pertanyaan);
  • short break: 10 menit;
  • speaking section: 20 menit (6 tugas); dan
  • writing section: 50 menit (2 esai).

b. Paper-based test:

  • listening section: 30-40 menit (50 pertanyaan);
  • writing section: 25 menit (40 pertanyaan);
  • reading section: 55 menit (50 pertanyaan); dan
  • TWE test: 30 menit (menulis 1 esai).

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Tips TOEFL: Perbanyak Perbendaharaan Kata

Tips TOEFL: 6 Cara Ini untuk Mendapatkan Skor yang Tinggi
Dengan memiliki kosakata yang banyak maka akan sangat membantu dalam mengerjakan soal

Tips yang kedua ini akan sangat mempermudahmu untuk mendapatkan skor yang tinggi. Pasalnya, mengetahui kosakata yang beragam akan mempunyai lebih besar peluang untuk memahami teks di dalam ujian sehingga bisa menjawab pertanyaan dengan benar. Menguasai banyak kosakata juga akan memudahkan kamu saat mengekspresikan diri dalam sesi writing dan speaking.

Karena TOEFL merupakan tes yang bersifat akademik, MySkill menyarankan kamu untuk lebih menambah kosakata akademis tingkat tinggi daripada mempelajari kosakata tidak baku atau slang.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

3. Atur Waktu dengan Baik

Tips TOEFL: 6 Cara Ini untuk Mendapatkan Skor yang Tinggi
Manajemen waktu yang baik akan membuat tes lebih efektif dan efisien

Kesalahan dari peserta tes yang cukup sering muncul adalah terburu-buru atau terlalu lama ketika mengerjakan soal sehingga banyak menjawab soal dengan asal-asalan atau kehabisan waktu.

Tips yang bisa MySkill berikan adalah gunakan waktu sebaik mungkin dengan cara mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dan memeriksa jawaban yang kamu isi secara rutin.

4. Membaca dengan Teknik Skimming

Membaca skimming untuk tes TOEFL
Membaca dengan teknik skimming akan menghemat waktu

Pada soal tes TOEFL, terdapat banyak teks yang cukup panjang pada bagian tes reading. Maka dari itu, belajarlah untuk membaca dengan cepat dan pastikan mengerti isi teks tersebut. Hal ini bertujuan agar menghemat waktu, tetapi tetap dengan cara yang tidak terburu-buru.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Ketahui Kelemahan

Tips TOEFL: 6 Cara Ini untuk Mendapatkan Skor yang Tinggi
Ketahui kelemahan dengan cara sering berlatih

Tips berikutnya adalah dengan mengetahui kelemahanmu dalam berbahasa Inggris. Hal ini sangat penting karena banyak peserta yang mendapatkan skor yang rendah karena tidak bisa menjawab tipe soal yang merupakan kelemahannya.

Karena hal tersebut, sebaiknya kamu berlatih dengan giat dan sering untuk mengetahui titik kelemahan. Luangkanlah waktu untuk melatih hal yang menjadi kelemahanmu. Misalnya, jika kamu merasa sesi listening adalah kelemahanmu maka kamu bisa lebih memfokuskan diri untuk berlatih mendengarkan percakapan singkat dan panjang dalam bahasa Inggris.

6. Tips TOEFL: Buat Catatan Materi

Tips TOEFL: 6 Cara Ini untuk Mendapatkan Skor yang Tinggi
Buat catatan yang efektif

Ketika mengerjakan soal tes TOEFL, kamu akan mendapatkan selembar kertas kosong yang sangat bisa kamu manfaatkan untuk membuat catatan. Misalnya dalam ujian listening, kamu bisa mencatat hal penting yang kamu dengarkan dalam audio, seperti gagasan utama dan istilah penting.

Ujian speaking dan writing juga bisa dibuat catatannya. Untuk ujian speaking, kamu bisa mencatat poin penting yang nantinya akan kamu sampaikan. Lalu di sesi writing, kamu bisa menuliskan hal-hal penting secara singkat agar nantinya tidak kebingungan dan membuang-buang waktu.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Itulah 6 Tips dari MySkill untuk mendapatkan skor TOEFL yang tinggi. Intinya, kamu perlu belajar dan berlatih dengan giat untuk mengaplikasikan tips-tips di atas. Nah, MySkill memiliki banyak kelas tentang TOEFL yang bisa kamu manfaatkan sebagai media belajar. Harganya juga sangat terjangkau, lo!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill