Ditanya Mengenai Kekurangan Saat Interview? Ini Dia Tips Menjawabnya!

Bukan hal biasa jika kamu menerima pertanyaan mengenai kekurangan. Kamu tidak perlu khawatir untuk menjawab pertanyaan tersebut, karena pertanyaan ini akan selalu menghiasi suasana interview pekerjaan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika mendengar pertanyaan ini. Simak jawaban interview mengenai kekurangan yang telah MySkill rangkum pada artikel berikut.

1. Usahakan Kekurangan Tidak Berkaitan dengan Posisi

Hindari kekurangan yang berkaitan dengan posisi yang dilamar
Hindari kekurangan yang berkaitan dengan posisi yang dilamar

Tujuan utama seorang interviewer menanyakanmu mengenai kekurangan adalah untuk menggali seberapa jauh kamu mengenali diri sendiri. Dengan begitu, interviewer dapat melihat kejujuran dan solusimu dalam menangani kekurangan tersebut. Oleh sebab itu, jika kekurangan tersebut berkaitan dengan posisi yang kamu lamar, maka usahakan untuk menghindarinya agar tidak mengganggu hasil kinerjamu kelak di perusahaan.

Sebagai contoh, bila kamu melamar posisi Accounting, kamu bisa sampaikan kepada interviewer bahwa kekuranganmu adalah public speaking. Kendati demikian, kamu dapat menyisipkan upaya kamu untuk mengembangkan kemampuan tersebut dengan mengikuti kursus dan aktif di organisasi. 

Baca Juga: Ditanya Kelebihan Dan Kekurangan Sama HRD? Jangan Khawatir!

2. Ceritakan Bagaimana Kamu Mengatasi Kekurangan Berdasarkan Pengalaman

Gunakan metode STAR untuk menjawab kekurangan secara terstruktur
Gunakan metode STAR untuk menjawab kekurangan secara terstruktur

Melansir laman CakeResume, kamu dapat menggunakan metode STAR untuk membantu menyampaikan pengalamanmu dalam mengatasi kekurangan dengan jawaban yang lebih berkesan. STAR merupakan singkatan yang terdiri dari:

  • Situation: ceritakan pengalaman yang pernah kamu hadapi terkait kekurangan yang kamu miliki dengan jelas. Contoh: “Kekurangan saya adalah public speaking, saya sempat merasa kecakapan ini menghambat saya untuk bisa tampil di tempat umum. Namun saya berhasil mengatasinya dengan melakukan beberapa hal.”
  • Task: berikan gambaran mengenai tanggung jawab yang kamu pegang ketika menghadapi situasi tersebut. Contoh: “Saat itu, saya bertanggung jawab sebagai ketua tim, saya harus mempresentasikan tugas tim terkait study case cashflow perusahaan yang telah kami buat.”
  • Action: jelaskan langkah-langkah bagaimana kamu mengatasinya. Contoh: “Sebelum tiba hari untuk mempresentasikan hasil pekerjaan tim, saya berlatih untuk mempresentasikannya di hadapan rekan satu tim.”
  • Result: sampaikan hasil yang kamu dapatkan dari tindakan yang telah kamu ambil. Contoh: “Saya menerima banyak masukan dari rekan-rekan dan berusaha untuk memperbaikinya dengan berlatih kembali di rumah. Hasilnya pada saat hari H, saya merasa lebih percaya diri untuk mempresentasikan hasil pekerjaan tim di kelas.”

3. Sampaikan Jawaban dengan Lugas dan Jelas

Sampaikan jawaban dengan lugas dan jelas dan berikan kesan yang baik
Sampaikan jawaban dengan lugas dan jelas dan berikan kesan yang baik

Menjawab kekurangan diri ketika interview bukan berarti kita harus merasa pesimis dengan kekurangan yang kita miliki. Berikut beberapa contoh kekurangan diri legkap dengan jawaban yang lugas dan jelas:

  1. Belum Memiliki Pengalaman

Hal ini umumnya terjadi pada fresh graduate, kamu bisa sampaikan bahwa kamu terus meningkatkan skill dan kompetensimu pada posisi yang kamu lamar. Kamu bisa sampaikan bahwa kamu mencoba mengasah kemampuan tersebut melalui program magang yang pernah kamu ikuti. 

  1. Belum Menguasai Bahasa Asing

Belakangan bahasa asing menjadi syarat wajib yang tertera pada flyer lowongan pekerjaan. Tidak ada salahnya bagi kamu yang belum menguasai bahasa asing untuk tetap melamar dengan catatan kamu berusaha untuk terus meningkatkannya. Ketika kamu berhasil hingga ke tahap interview, kamu bisa sampaikan bahwa kekurangan ini telah kamu atasi dengan mengikuti kursus online dan berlatih listening dalam bentuk video dan audio.

  1. Kurang Percaya Diri

Kurang percaya diri sering kali menjadi kekurangan bagi sebagian orang. Jika kamu mengalami hal demikian, kamu bisa menyampaikan untuk mengatasi percaya dirimu, kamu berusaha untuk keluar dari zona nyaman dengan mengikuti kegiatan organisasi. Aktif beroganisasi akan membantumu menumbuhkan rasa percaya diri yang lebih baik.

Baca Juga: Cara Jitu Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview 

Jika kamu menemukan kekurangan lain pada dirimu yang belum diulas pada artikel ini, kamu bisa melakukan metode STAR untuk menjawab bagaimana menangani kekuranganmu secara tepat. Selain itu, kamu bisa mengikuti berbagai program e-learning dan bootcamp di MySkill untuk meminimalisir dan mengatasi kekuranganmu.

Penulis: Utami Nur Hidayati

Editor: Dinan Fuzianti