7 Tips Membangun Bisnis di Sosial Media, Jangkau Market yang Semakin Luas!

2 min read

Media sosial saat ini berkembang dengan pesat dengan banyak pengguna di seluruh dunia. Karena itu, banyak sekali pebisnis yang memanfaatkan social media sebagai jalan untuk mensukseskan bisnis mereka.

Banyaknya pengguna sosial media dapat memberikan pengaruh yang sangat pesat terhadap sebuah bisnis. Salah satunya adalah terciptanya brand awareness dan memberikan jangkauan pasar yang lebih luas. Namun, bila kita tidak memahami bagaimana cara membangun bisnis di sosial media, bisa-bisa bisnismu akan tersingkirkan oleh kompetitor.

Maka dari itu, yuk, simak cara membangun bisnis di sosial media berikut ini!

1. Pilih media sosial yang tepat

Setiap social media memiliki karakter user yang berbeda-beda.

Sebelum memulai bisnis di media sosial, teman-teman harus melakukan riset terlebih dahulu, kira-kira platform apa yang cocok untuk bisnis yang sedang berjalan. Apakah Instagram? TikTok? Facebook? Atau media sosial lainnya? Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan target pasar dari brand atau bisnis yang dibangun.

Setiap platform memiliki audiens yang berbeda, Twitter memiliki mayoritas audiens yang senang membaca, Instagram memiliki audiens yang tertarik melihat sebuah gambar, sedangkan TikTok memiliki audiens yang suka menonton video pendek yang menarik.

Karena perbedaan ini, para pakar lebih menyarankan untuk memilih sosial media dengan pengguna terbanyak seperti, Facebook, Tiktok, dan Instagram.

2. Buat tujuan

Tujuan untuk menciptakan hasrat dan keyakinan

Setelah memilih sosial media yang tepat, teman-teman wajib membuat sebuah tujuan dalam menggunakan sosial media. Apa goals yang ingin teman-teman capai? Entah itu pembelian yang meningkat, followers yang bertambah, dan lain sebagainya. Pasalnya, jika tidak ada target, maka proses membangun bisnis di sosial media tidak akan maksimal.

Ada pun tujuan lain dalam memaksimalkan bisnis di sosial media, seperti menjaga hubungan baik dengan pelanggan, membuat kontenmenarik yang bersifat informatif, edukatif, atau menghibur, promosi produk, melakukan riset untuk membuat produk baru, hingga menjangkau pasar yang lebih luas.

3. Susun rencana yang tepat

Rencana itu penting dalam membangun bisnis agar terarah

Setelah membuat tujuan, saatnya susun rencana untuk membangun bisnis. Proses ini bisa dilakukan dengan cara brainstorming dan melakukan riset konten atau trend. Maka dari itu, salah satu syarat mutlak jika ingin membangun bisnis di sosial media, kamu harus update terhadap hal apa yang sedang ramai di dunia maya.

Buatlah to-do list mengenai apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan yang telah ter-planning sebelumnya. Teman-temen bisa mulai dengan membedah bahan apa saja yang penting agar tujuan tersebut tercapai dan bagaimana memulainya.

4. Buat konten yang kreatif dan menarik

membangun bisnis di sosmed
Konten yang kreatif akan lebih disukai audiens

Setelah menyusun rencana, teman-teman bisa mengeksekusi rencana tersebut. Mulailah untuk membuat konten yang menarik perhatian para user di platform sosial media yang teman-teman gunakan.

Jika menggunakan Instagram, maka teman-teman bisa membuat konten carousel atau foto yang eyecatchy. Sementara itu untuk TikTok, teman-teman bisa membuat konten video yang unik dan menarik, begitu pun dengan sosial media lainnya yang menyesuaikan dengan algoritma dan ciri khas masing-masing platform.

5. Bangun hubungan baik dengan pelanggan

membangun bisnis di sosial media
Meningkatkan user experience itu penting

Dalam membangun bisnis di sosial media, menjaga hubungan baik dengan pelanggan itu sangat penting. Banyak sekali bisnis yang gagal karena hanya memperhatikan produk mereka, tapi tidak memperhatikan pelayanan pelanggan.

Pengalaman pelanggan sangat penting karena berkaitan dengan penilaian konsumen terhadap brand itu sendiri. Terkadang, pelanggan yang mendapatkan pelayanan yang baik dari sebuah brand akan memberikan promosi gratis kepada teman-teman atau keluarga mereka. Kalau dalam istilah marketing, hal ini biasa disebut juga dengan word of mouth.

6. Tetap aktif dan konsisten

Tips membangun bisnis di sosial media
Aktif dan konsisten adalah kunci kesuksesan berbisnis

Aktif dan konsisten adalah kunci utama dalam membangun bisnis di sosial media. Keaktifan di sosial media akan berdampak baik pada pelanggan sehingga menciptakan kepercayaan kepada sebuah brand.

Sementara itu, konsistensi adalah hal utama dalam berbisnis. Pebisnis yang tidak konsisten tidak akan bisa mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih baik. Bahkan, banyak sekali bisnis yang gagal dan berhenti karena tidak adanya konsistensi.

7. Maksimalkan dengan ikut kursus digital marketing

Membangun bisnis di sosial media
Kursus di MySkill.id dengan harga yang terjangkau

Bagi teman-teman yang masih pemula dan ingin membangun bisnis di sosial media, bisa mencoba untuk mengikuti kursus digital marketing dari MySkill.id yang akan memberikan edukasi serta tips dan trik agar sebuah bisnis dapat berkembang dengan pesat di era digital saat ini.

Selain dalam membangun bisnis, digital marketing juga merupakan salah satu bidang atau skill yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan. Jadi, peluang karier-nya di masa depan memang sangat bagus.

Nah, itulah tips yang bisa digunakan untuk membangun bisnis di sosial media. Hal terpenting dalam membangun bisnis adalah konsistensi dan keyakinan. Jadi, tetap semangat ya!

Penulis: Rizki Ali Akbar

Editor: Intan Aulia Husnunnisa