Softskill dan Hardskill yang Dibutuhkan Resepsionis Hotel

Softskill yang Dibutuhkan Resepsionis Hotel

Sebagai ujung tombak layanan pelanggan di industri perhotelan, seorang resepsionis hotel harus dilengkapi dengan beragam softskill yang memungkinkannya untuk berinteraksi dengan tamu secara profesional dan ramah. Berikut adalah beberapa softskill yang sangat dibutuhkan:

  1. Komunikasi yang Efektif: Kemampuan berkomunikasi dengan jelas dan ramah sangat penting dalam menangani pertanyaan tamu, menerima reservasi, dan memberikan informasi yang diperlukan.
  2. Keterampilan interpersonal: Kemampuan untuk berinteraksi dengan beragam tipe tamu dengan sikap yang ramah, sabar, dan empati adalah kunci keberhasilan sebagai resepsionis hotel.
  3. Kemampuan Manajemen Waktu: Mengelola waktu dengan efisien untuk menangani berbagai tugas seperti check-in, check-out, dan menerima panggilan telepon adalah keterampilan yang penting.
  4. Penyelesaian Masalah: Kemampuan untuk berpikir cepat dan menemukan solusi untuk masalah yang timbul, seperti reservasi yang salah atau keluhan tamu, adalah kunci untuk menjaga kepuasan tamu.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Hardskill yang Dibutuhkan Resepsionis Hotel

Selain softskill yang kuat, seorang resepsionis hotel juga harus memiliki sejumlah hardskill yang spesifik untuk industri perhotelan:

  1. Penguasaan Bahasa Asing: Kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, sangat penting untuk berkomunikasi dengan tamu-tamu internasional.
  2. Penggunaan Sistem Reservasi: Memahami dan dapat menggunakan sistem reservasi hotel secara efisien untuk melakukan check-in, check-out, dan mengelola reservasi tamu.
  3. Pengelolaan Komputer: Kemampuan menggunakan perangkat lunak kantor dan sistem komputer hotel untuk melakukan tugas-tugas administratif.
  4. Pengetahuan tentang Properti: Mengetahui layanan, fasilitas, dan kebijakan hotel secara menyeluruh untuk memberikan informasi yang akurat kepada tamu.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Kesimpulan

Sebagai titik awal dan akhir perjalanan tamu di hotel, resepsionis memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan kepada tamu. Untuk berhasil dalam peran ini, kita perlu memiliki keseimbangan yang baik antara softskill yang kuat seperti komunikasi yang efektif dan keterampilan interpersonal, serta hardskill seperti penguasaan bahasa asing dan penggunaan sistem reservasi. Dengan kombinasi ini, kita dapat menjadi resepsionis hotel yang sukses dan memberikan layanan yang luar biasa kepada setiap tamu yang datang.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill