Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Menghadapi Dunia Kerja

Menghadapi dunia kerja menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar mahasiswa yang sebentar lagi akan menjajakinya. Akan tetapi, ada juga yang telah lama mempersiapkan hal tersebut, sehingga tidak terlalu khawatir lagi. Kamu termasuk golongan yang mana nih, sahabat MySkill? Semoga saja banyak yang sudah siap, ya. 

Lalu, hal apa saja sih yang mestinya mahasiswa siapkan sebelum menghadapi dunia kerja? Tidak perlu khawatir, kami akan menjelaskan informasi itu secara singkat dan jelas. Langsung saja yuk, kita simak penjelasannya!

1. Mempersiapkan Mental untuk Menghadapi Dunia Kerja

Siapkan mental sebelum menghadapi dunia kerja
Mencoba berpikiran positif

Apakah yang harus kamu persiapkan pertama kali untuk menghadapi dunia kerja? Yaps, kesiapan mental itu sangatlah penting. Maksudnya, kamu mesti kuat ketika memasuki dunia kerja yang sudah jelas berbeda dengan aktivitas perkuliahan. Di sana, pastinya kamu akan menemui banyak orang dengan berbagai macam kepribadian yang mana akan menjadi rekan kerjamu. Apabila ada kritikan dari atasan atau sesama pekerja, bersikaplah lebih bijak.

Selanjutnya, lebih baik kamu memaksimalkan kemampuan yang ada, karena dalam bekerja seringkali kamu akan menemui istilah “deadline”. Maka, jalani tanggung-jawab individu itu dan lakukan yang terbaik.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Melakukan Refleksi Tentang Kapasitas Diri

Ketahui apa kelebihan dan kelemahanmu
Kenali diri kamu terlebih dahulu

Mengetahui apa yang dimiliki oleh diri sendiri merupakan sebuah kunci untuk menemukan arah kemana diri kamu akan melangkah. Ketahui apa yang kurang dan apa yang sebenarnya mesti kamu tingkatkan. 

Sebagai seorang mahasiswa tentunya selama menjalani perkuliahan sudah mendapat banyak sekali pengalaman entah itu dari kegiatan kampus atau luar kampus. Melalui itu, mungkin kamu sudah mulai menyadari kapasitas diri.  

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini. 

3. Memiliki Keyakinan Akan Kemampuan yang Kamu Miliki

Yakinlah akan kemampuanmu sebelum menghadapi dunia kerja
Berusaha untuk tetap percaya diri

Jika kamu memiliki kemampuan tanpa adanya keyakinan, kami rasa itu percuma. Mengapa? Karena hal tersebut dapat menjadikan kamu kurang percaya diri, takut akan kegagalan, dan pada akhirnya memilih mundur atau membuang sia-sia kesempatan yang ada. Kurangi berpikir seperti itu, ya, sahabat MySkill.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Mengikuti Training, Workshop, Maupun Seminar Sebelum Menghadapi Dunia Kerja

Ikutilah training dan workshop imtuk menambah pengalaman
Pilih kegiatan yang sesuai dengan minatmu

alah satu cara agar kamu bisa mempelajari keterampilan baru atau supaya mendapatkan pengetahuan mengenai suatu hal adalah dengan mengikuti semacam training, workshop, seminar ataupun kelas online bersertifikat seperti di MySkill.id.  

Saat ini kami rasa sudah banyak layanan seperti itu, kamu tinggal mencari pada media sosial atau laman Google. Manfaatkan waktumu selama kuliah untuk mengerjakan berbagai hal yang positif. Mungkin kamu belum menyadari manfaatnya sekarang, namun nanti waktu memasuki dunia kerja pasti akan sangat berguna dan memberi nilai tambah.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. Melatih Kemampuan Sosial yang Baik supaya Siap Menghadapi Dunia Kerja

Bersosialisasi dengan baik harus disiapkan sebelum menghadapi dunia kerja
Mulailah dari hal kecil

Kesulitan dalam bersosialisasi dengan banyak orang adalah masalah umum yang individu lain juga alami. Itu cukup wajar, kok.  Kamu hanya perlu melatihnya karena itu akan sangat memengaruhi karir masa depanmu. 

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna melatih kemampuan sosial ialah seperti menerapkan tata krama yang baik saat bercengkrama dengan orang, membaca buku tentang keterampilan sosial, melakukan kontak mata dengan lawan bicara, bergabung bersama organisasi kampus, dan mencoba untuk memulai percakapan.

Nah, itu tadi adalah penjabaran hal-hal yang harus mahasiswa siapkan sebelum menghadapi dunia kerja. Ceritakan juga pengalaman persiapan kamu menuju karir profesional pada kolom komentar, ya!

Buat kamu yang ingin mempersiapkan dengan matang sebelum memasuki dunia karir profesional, ikuti saja kelas yang MySkill.id sediakan. Nanti kamu akan mendapatkan materi mengenai kebutuhan industri dan persiapan akademik, kesiapan soft-skills dan hard-skills, serta proses pencarian kerja dan seleksi umum.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Theodora Beatrice Suryateja