Bye Bye Nganggur! 5 Pekerjaan Ini Tetap Dapat Kamu Tekuni Walau Sedang Pandemi

Pandemi yang masih hilir mudik sampai hari ini telah berdampak besar dalam kehidupan. Salah satu dampaknya adalah kemunculan konsep “merumahkan” para pekerja dari beberapa perusahaan. Tentu kondisi ini membuat masyarakat harus pandai memutar otak demi kelangsungan hidup sehari-hari. Nyatanya, bukan hanya virus yang mematikan mereka, melainkan juga taraf perekonomian yang kian lama ambruk dan perlahan mencekik masyarakat. Belum lagi pandemi ini membuat orang-orang kesulitan mencari pekerjaan.

Nah, kini MySkill.id telah merangkum lima jenis pekerjaan yang masih dapat kamu jalani walaupun di masa pandemi seperti sekarang. Ingin tahu sederet rekomendasinya? Yuk, scroll down dan temukan pekerjaan yang paling menggambarkan “Wah, ini aku banget!”

1. Pekerjaan Menjadi Relawan

Menjadi volunteer saat pandemi? Siapa takut.
Menebar kebaikan lewat kegiatan volunteer

Siapa di antara kamu yang bercita-cita menjadi seorang volunteer? Bila kamu berseru iya, maka mungkin inilah saat untuk mewujudkannya! Tenaga para relawan akan sangat membantu nih, sobat MySkill.id. Kamu bisa memilih kegiatan volunteer semacam apa yang hendak ditekuni. Memang, untuk seorang relawan jangan pernah bergantung perihal nominal upah yang akan kamu terima, ya. Kita semua sama-sama mengerti bahwasanya ini merupakan pekerjaan mulia yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. 

Contoh pekerjaan relawan yang bisa jadi pilihan kamu adalah menjadi seorang vaksinator di pusat vaksinasi. Keberadaanmu akan sangat meringankan para nakes, terlebih lagi bila kamu merupakan seorang lulusan kesehatan! Bila sudah menjadi relawan untuk vaksinasi tersebut, jangan lupa mengedukasi lingkungan sekitar akan pentingnya vaksin, ya! 

2. Semua Orang Menjelma Freelancer ketika Pandemi

Pekerjaan di saat pandemi yang gak kalah digemari, menjadi freelancer.
Pemasukan tetap ada meski di rumah aja? Freelance jawabannya

Pernah mendengar selentingan omongan yang mengatakan “Kok dia bisa tetap belanja ini, itu padahal di rumah doang?” Nah, jangan heran ya sobat MySkill.id. Bisa jadi mereka bekerja sebagai freelancer, loh. Kelihatannya saja seperti orang yang sedang menganggur dan hanya bersantai di rumah. Namun, dibalik itu mereka juga berkutat dengan segudang job dan revisian dari para client. Menjadi seorang pekerja lepas semacam ini memang sangat fleksibel dan bisa kamu lakukan dimana saja. Jadi, itulah mengapa freelancer dapat menjadi pilihan kala pandemi melanda. 

Kamu hanya tinggal mengakses beberapa platform tertentu dan flexing perihal kemampuan yang kamu punya. Semakin baik self-branding yang kamu tawarkan, tentu kamu semakin menarik di mata para client. Cocok banget kan menjadi pilihan selama pandemi? Tapi, harus tetap ingat! Menjadi seorang pekerja lepas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jangan lupa untuk research terlebih dahulu sebelum memutuskan terjun ke dalamnya, ya!

Baca Juga: 4 Benefit Bergabung dalam Program Internship, Untung atau Buntung?

3. Jadi Guru kala Pandemi? Oke Banget!

Kamu suka mengajar? Pekerjaan ini cocok banget buat kamu.
Jadi tutor dadakan selama pandemi? Coba saja!

Hampir seluruh kegiatan yang dahulunya berada di luar, kini berpindah ke rumah. Inilah yang terjadi untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tidak ada lagi drama terlambat masuk kelas akibat macet. Kini yang ada malah kendala terputus jaringan saat tengah sekolah daring di Zoom. Sekolah daring pun acap kali membuat para orang tua resah, tidak jarang mereka meragukan efektivitas dari kegiatan belajar tersebut. Maka dari itu, beberapa darinya memutuskan untuk mempekerjakan seorang tutor tambahan, dimana kelak para pengajar ini akan membantu anak-anak mengatasi kendala dalam pengerjaan tugas dari sekolah. 

Nah, bagi kamu yang memiliki basic mengajar tentu pekerjaan ini akan sangat menguntungkan, sobat MySkill.id. Terlebih jika kamu punya sertifikasi mengajar, loh. Kamu dapat menawarkan jasa tutor ini dengan mengiklankan dirimu di berbagai media sosial yang ada. Bila cara tersebut belum berhasil, cobalah untuk melakukan pengamatan di sekitar lingkungan tempat kamu tinggal. Siapa tahu, ada mereka yang membutuhkan pendampingan belajar. Jangan malu menawarkan jasamu!

4. Coba Jalankan Online Business Sebagai Pekerjaan kala Pandemi

Coba bukan online bussines milikmu sendiri.
Create my online shop

Menjalankan sebuah bisnis online tampaknya merupakan salah satu cara untuk mengisi hari juga dompetmu saat pandemi begini. Kalau dahulu terlampau sibuk menjadi konsumen, maka inilah saatnya kamu beralih sebagai produsen! Create your own business. Ada banyak sekali konsep yang bisa kamu peroleh untuk menjalankan bisnis ini. Cobalah agar memaksimalkan penggunaan sosial media, seperti menjelajahi Pinterest dan temukan ide-ide segar di dalamnya. Biasakan dirimu untuk peka dengan kebutuhan yang menjadi incaran masyarakat saat ini. Setelah rampung, mulailah untuk memperhatikan kualitas produk yang kamu tawarkan. Konsumen yang puas merupakan harga mati yang perlu kamu capai. Jadilah kreatif dan temukan keuntungan yang tersimpan di baliknya! 

5. Jasa Konsultasi di Tengah Kepadatan Pandemi

Jasa konsultasi di tengah pandemi juga banyak digemari.
You got my ears

Pandemi yang belum juga usai mengakibatkan beban tersendiri bagi setiap individu. Berdiam diri di rumah pada akhirnya membuat ramai orang harus bergelut dengan rasa cemas dan ketakutan yang berlebih. Bahkan kondisi ini sangat rentan berujung kepada stress juga depresi yang tidak terkontrol. Bagaimana tidak, kehidupan yang biasanya berjalan normal secara mengejutkan dan tiba-tiba berubah. Tidak semua individu mampu beradaptasi dengan mudah. 

Untuk itu, peran psikolog dalam kondisi ini teramat penting. Ini merupakan salah satu langkah preventif yang bisa diambil untuk meminimalisir tingkat stress di kalangan masyarakat. Sayangnya, tidak banyak pihak yang aware akan hal ini. Nah, bagi kamu yang memang memiliki skill dalam memahami emosi dan hal-hal terkait itu dapat menawarkan jasa konsultasi yang kamu punya! Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik bagi clientmu dan berikan opsi alternatif untuk mengurangi struggle yang mereka miliki. Yuk, sembari bekerja kamu juga bisa bermanfaat bagi sekitar!

Setelah melihat lima jenis pekerjaan di atas, kamu tidak punya lagi alasan untuk bersantai, bukan? Ayo bangun, dan coba untuk mewujudkan passion-mu. Terkadang, menjalani sebuah pekerjaan memang tidak selalu karena besar nominalnya sobat MySkill.id, melainkan juga tentang seberapa besar kamu mau dan mampu menebar kebermanfaatan bagi orang ramai. Yuk, beri tahu kami kegiatanmu selama pandemi di kolom komentar.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Tips Membuat Profil LinkedIn yang Baik

Editor: Agnes Zefanya Yonatan