7 Peluang Karir Jurusan Bimbingan dan Konseling

Sebagian besar masyarakat mengetahui bahwa lulusan dari jurusan Bimbingan dan Konseling otomatis akan menjadi seorang guru BK. Guru BK merupakan salah satu tenaga pengajar yang cukup dikenal oleh murid sekolah. Mereka mempunyai tugas untuk memberikan proses bimbingan dan juga konseling atau arahan secara psikologi kepada para siswa. Biasanya, guru BK akan menangani kasus kenakalan remaja, malas belajar pada siswa, penyalahgunaan narkotika, tawuran, dan masih banyak lagi. 

Selain guru BK, sebetulnya jurusan Bimbingan dan Konseling mempunyai prospek karier yang cukup luas, lho. Jadi, jika tidak ingin menjadi seorang tenaga pendidik di sekolah, kamu bisa memilih beberapa peluang karier berikut ini! Apa saja sih?

1. Hipnoterapis

7 Peluang Karir Jurusan Bimbingan dan Konseling
Menyukai kedamaian? Yuk, jadi hipnoterapis

Bukan hanya lulusan psikologi saja yang dapat menjadi hipnoterapis. Seseorang dari lulusan Bimbingan dan Konseling juga mampu menjadi hipnoterapis. Namun, untuk menjadi hipnoterapis perlu melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dan mengikuti berbagai pelatihan agar dapat menjadi hipnoterapis yang handal dan memiliki sertifikasi yang valid. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Staf HRD; Peluang Karir Bimbingan & Konseling yang Banyak Diminati

7 Peluang Karir Jurusan Bimbingan dan Konseling
Ingin berkarier di intansi swasta? Bisa kok!

Setelah lulus dari jurusan Bimbingan dan Konseling, kamu juga bisa untuk memilih karier sebagai Human Resource Development atau biasa disebut dengan HRD. Kemampuan psikologi kepribadian yang diajarkan di bangku perkuliahan tentunya dapat kamu terapkan dan manfaatkan dengan baik di bidang pekerjaan satu ini. 

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

3. Lembaga Kesehatan Mental (LAPAS)

7 Peluang Karir Jurusan Bimbingan dan Konseling
Lembaga ini cocok untuk kamu yang tertarik dengan issue kesehatan mental

Prospek dari Bimbingan dan Konseling sangatlah menjanjikan. Sebab, kamu bisa menggunakan kemampuan yang dimiliki untuk menolong dalam menuntaskan permasalahan-permasalahan terkait ganggun mental yang terjadi di masyarakat. Jadi, peranmu akan sangat berpengaruh besar di lembaga ini.

4. Peluang Karir Bimbingan & Konseling di Dinas Sosial (Panti)

7 Peluang Karir Jurusan Bimbingan dan Konseling
Lulusan BK juga dapat bekerja di Dinas Sosial atau panti

Dinas sosial merupakan salah satu prospek karier yang dapat dimasuki oleh lulusan dari jurusan Bimbingan dan Konseling. Dinas Sosial juga sangat membutuhkan orang lulusan Bimbingan dan Konseling dengan jumlah yang pastinya tidak sedikit. Selain itu, anak-anak yang ada di panti asuhan memerlukan seseorang untuk dapat memahami kondisi dan keadaan mereka. Bagaimana, tertarik?

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. Pusat Rehabilitasi

7 Peluang Karir Jurusan Bimbingan dan Konseling
Yuk, coba meniti karier di pusat rehabilitasi

Pusat rehabilitasi memerlukan seorang professional lulusan jurusan Bimbingan dan Konseling yang berkompeten dalam membantu mengentaskan masalah psikologi pasien. Di samping itu, kamu juga dapat menjadi tempat konseling masalah yang sedang mereka hadapi. Kamu bisa membantu mereka memberikan pelatihan, motivasi, maupun tindakan mediasi yang dapat mengurangi tingkat stress, sehingga para pasien tidak mudah putus ada dalam menjala hidup.

6. Konsultan Pendidikan Lembaga Bimbingan Belajar

7 Peluang Karir Jurusan Bimbingan dan Konseling
Hobi mengajar? Menjadi tenaga professional untuk bimbel, yuk!

Prospek kerja selanjutnya yaitu menjadi konsultan pendidikan pada lembaga Bimbingan Belajar atau Bimbel. Jadi, kata siapa bahwa konselor dari bimbingan dan konseling hanya ada di sekolah formal atau resmi saja? Bimbel juga perlu tenaga konsultan pendidikan juga lho.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

7. Konsultan Pengembangan SDM

7 Peluang Karir Jurusan Bimbingan dan Konseling
Ciptakan SDM berkualitas dengan menjadi konsultan pengembangan SDM

Peluang karier yang terakhir adalah menjadi seorang konsultan pengembangan Sumber Daya Manusia atau SDM. Profesi ini hampir mirip dengan HRD, namun untuk konsultan bisa kamu kerjakan secara mandiri di luar perusahaan.

Jadi, selain menjadi guru BK, kira-kira kamu yang saat ini tengah menyelesaikan pendidikan di jurusan Bimbingan dan Konseling, ke depannya ingin berkarier di bidang apa nih? Profesi apapun itu yang akan kamu pilih nanti, jangan lupa niatkan tak hanya sekadar untuk mencari uang dan jabatan ya guys! Tapi, niatkan juga supaya kita bisa jadi orang yang lebih bermanfaat.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill