SEMrush, Tools untuk Membantu Kamu dalam Optimasi SEO

Dalam dunia yang sudah serba canggih seperti sekarang, istilah SEO dan digital marketing sangat sering kita dengar. Banyak orang yang menggunakan kedua hal tersebut untuk berbagai kepentingan, misalnya kepentingan bisnis. Para SEO specialist dan digital marketer menggunakan berbagai macam tools untuk menunjang pekerjaan mereka, salah satunya adalah SEMrush.

Banyak orang menganggap bahwa SEMrush adalah tool yang serba bisa. Ini adalah tool yang sangat lengkap jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya dalam membantu melakukan optimasi website. Cara penggunaannya pun cukup simpel sehingga para pemula tidak akan kebingungan ketika mencoba SEMrush.

Dalam artikel ini, MySkill akan memaparkan mengenai hal-hal yang wajib kamu tahu tentang SEMrush. Mulai dari pengertian, fitur, hingga cara meriset keyword-nya. Simak pemaparannya di bawah ini!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Apa Itu SEMrush?

SEMrush alat untuk riset keyword
SEMrush digunakan dalam riset keyword

SEMrush merupakan tools online untuk menganalisis kata kunci atau keyword. Kamu bisa mendapatkan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan melalui tool ini. Makin bagus keyword-nya, maka makin besar peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung pada website.

Selain bermanfaat dalam meriset keyword, SEMrush juga bermanfaat untuk hal lainnya, seperti site audit, link building, memantau trafik suatu situs web, dan melihat ranking keyword.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

2. Fitur-Fitur di Dalamnya

Tool ini memiliki fitur organic research
SEMrush memiliki banyak fitur

Setelah mengetahui apa itu SEMrush, kamu juga harus mengetahui fitur-fitur yang tersedia dalam tool ini. Berikut MySkill paparkan rinciannya:

  • Organic Research: Fitur yang menampilkan total keyword dari suatu website, jumlah trafik website, dan biaya trafik website.
  • Organic Search Positions:  Fitur ini berguna untuk mendapatkan daftar kata kunci yang telah disediakan, misalnya keyword, position, traffic, volume, CPC, dan URL.
  • Traffic Analytics: Fitur ini memberikan data mengenai traffic website secara keseluruhan, seperti jumlah visits, unique visitors, average visit duration, bounce rate, dan traffic rank.
  • Paid Search: Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetahui kata kunci dan ad copy kompetitor.
  • Keyword Gap: Fitur ini menyediakan informasi tentang daftar kata kunci yang memiliki gap dengan kata kunci kompetitor dan menunjukan ranking-nya.
  • Keyword Magic Tool: Fitur ini memberikan banyak ide keyword. Misalnya, saat memasukan kata kunci “Wisata Bandung”.  Kamu bisa mendapatkan sekumpulan keyword yang terkait dengan wisata Bandung.
  • Keyword Difficulty Tool: Dalam fitur ini, kamu akan mengetahui apakah ada kesempatan untuk naik peringkat pada keyword yang kamu targetkan dengan menganalisisnya berdasarkan keyword difficulty-nya.
  • Position Tracking: Fitur yang berfungsi untuk melacak posisi peringkat terhadap keyword yang kamu masukkan.
  • Site Audits: SEMrush juga menyediakan fitur untuk audit SEO pada website. Kamu bisa melihat error yang terjadi pada website yang dapat memengaruhi SEO.
  • SEO Content Template: Fitur ini berfungsi untuk membantumu menulis konten yang mengandung banyak keyword LSI (Latent Semantic Keyword).
  • Organic Traffic Insights: Fitur ini memungkinkan kamu mensimulasikan data tingkat keyword untuk masuk ke dalam Google Analytics.
  • Link Building: Fitur ini melakukan analisis link profile pada suatu website, baik link kompetitor maupun link website dari sisi penggunaan anchor text, dofollow vs nofollow, dan overall link authority.
  • On Page SEO Checker: Fitur ini membantu dalam mengecek konten kamu dari SEO pada suatu halaman.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Cara Menggunakan SEMrush

SEMrush musah digunakan
Penggunaan SEMrush cukup mudah

SEMrush merupakan salah satu tool yang sangat penting dalam dunia SEO dan pemasaran digital. Banyak SEO specialist dan digital marketer yang memilih menggunakan tool ini. Berikut adalah langkah-langkah meriset keyword menggunakan SEMrush:

  • Membuat akun SEMrush terlebih dahulu. SEMrush memiliki dua versi, yaitu yang gratis dan berbayar. Jika kamu menginginkan fitur yang paling lengkap maka kamu bisa gunakan versi yang berbayar.
  • Setelah mempunyai akun, kemudian login. Kamu akan dibawa masuk ke bagian dashboard SEMrush dengan berbagai fitur. Untuk melakukan riset keyword, kamu bisa masuk ke bagian Keyword Magic Tool.
  • Masukkan keyword untuk mengecek volume search, trend, keyword difficulty, dan lainnya.
  • Selah memasukkan keyword, tool ini akan memberikan hasil untuk tipe keyword sesuai pilihan, misalnya Broad Match, Phrase Match, Exact Match, dan Related. Dengan ini, kamu akan mendapatkan banyak ide keyword. SEMrush juga akan memberikan saran terkait keyword yang paling tepat untuk mengoptimasi konten yang kamu buat.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

SEMrush merupakan tool online yang lengkap untuk membantu dalam merencanakan dan mengoptimalkan SEO, pemasaran digital, dan hal lainnya. Setelah mengetahui tool ini, kamu harus mencoba membuat konten dengan kaidah-kaidah SEO. Jika kamu bingung bagaimana membuat konten yang teroptimasi dengan baik, tenang saja, MySKill punya solusinya. Kami menyediakan kelas Menulis Artikel Ramah SEO yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau, lo! Yuk, segera beli kelasnya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Wahda Nur Lestari

Tinggalkan Balasan