5 Syarat Mendapatkan Youtube Ads, Mudah dan Sederhana!

Era yang serba digital ini memberi kemudahan bagi setiap orang untuk meraup rupiah di berbagai platform yang tersedia. Berbekal bantuan adsense yang merupakan peranakan dari Google inilah, kelak setiap pemegang channel atau creator berkesempatan menerima gaji berdasarkan angka traffic yang terkumpul. Kondisi serupa juga berlaku kepada Youtube Ads. Lantas apa saja syarat mendapatkan Youtube Ads yang harus terpenuhi?

Cari tahu lima aturan yang telah Youtube tetapkan bagi setiap content creator saat hendak memasang iklan pada platform mereka. Siapa tahu, kamu telah memenuhi kualifikasi untuk memasang Ads di sana. Check this out!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Pastikan Kamu Berdomisili di Wilayah yang Telah Terdaftar sebagai Partner Youtube 

5 Syarat Mendapatkan Youtube Ads, Mudah dan Sederhana!
Lihat daftar wilayah yang masuk dalam kerjasama dengan Youtube

Pada opsi pusat bantuannya, Youtube telah merilis sederet daftar wilayah yang masuk dalam jaringan mereka. Setidaknya terdapat lebih dari 50 kawasan yang telah menjalin relasi dengan platform penayangan video paling masyhur tersebut. Untuk itu, pastikanlah terlebih dahulu apakah lokasimu saat ini telah bertaut dengan Youtube atau tidak. Bagaimana bisa beriklan kalau jaringannya saja tak tersedia di sana, bukan?

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

2. Tak Pernah Melanggar Ketentuan Content Merupakan Syarat Mendapatkan Youtube Ads

5 Syarat Mendapatkan Youtube Ads, Mudah dan Sederhana!
Akunmu harus bersih dari segala tindak pelanggaran

Layaknya platform sosial pada umumnya, Youtube pun turut memiliki kriteria sendiri bagi setiap pegiat kreatif pada laman mereka. Apabila hendak memasang adsense di sana, channel Youtube milikmu harus bebas dari segala pelanggaran, seperti violation, spam, pelecehan seksual, dan sederet report case yang bernada negatif. 

Untuk menghindari hal tersebut, tentu kamu harus benar-benar memfilter jenis tayangan semacam apa yang pantas wara-wiri di kanal Youtube. Bijak menjadi creator, ya!

3. Untuk Memasang Youtube Ads Harus Punya 1.000 Subscribers?

5 Syarat Mendapatkan Youtube Ads, Mudah dan Sederhana!
Belum menembus angka 1k? Terus gencar mempromosikannya, yuk!

Akumulasi angka pengikut di kanal Youtube juga masuk dalam pertimbangan apakah channel-mu telah layak memasang sebuah iklan. Pihaknya menyatakan ketersediaan pemasangan Youtube Ads hanya dapat berlangsung bila kamu telah memiliki lebih dari 1000 subscribers. Bukan tanpa sebab, semakin ramai jangkauan audiens, maka akan semakin membantu pula dalam proses pengembangan channel yang kamu punya!

Tak sulit mengumpulkan pengguna sebanyak itu, cobalah untuk memanfaatkan relasi dan keberadaan rekan sejawat untuk mendukung channel tersebut. Jangan ragu untuk mempromosikannya di berbagai platform social berbeda dengan turut menampilkan sajian tayangan yang menarik.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Mencapai 4.000 Jam Tayang dalam Setahun Terakhir jadi Syarat Mendapatkan Youtube Ads Lain

5 Syarat Mendapatkan Youtube Ads, Mudah dan Sederhana!
Perhatikan total penayangan dalam setahun terakhir

Selain jumlah pengikut yang cukup fantastis, kamu juga harus memperhatikan apakah jam tayang pada setiap video yang terupload telah menyentuh angka 4.000 jam dalam kurun waktu 12 bulan ke belakang. Capaian ini juga merupakan parameter untuk melihat sejauh mana keaktifan subscribers pada channel Youtube yang kamu punya. 

Mengakali hal ini, kamu dapat terus produktif dengan menghasilkan sederet tayangan video menarik di pasar audiens. Bukan hanya soal kuantitas semata, tetapi juga perlu senantiasa untuk mempertimbangkan kualitas dari tayangan yang dihasilkan. Terus improve ide-ide terbaik untuk kanal Youtube milikmu!

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

5. Pastikan Kamu Telah Terhubung dengan Satu Akun Adsense Sebelum Menggunakan Youtube Ads

5 Syarat Mendapatkan Youtube Ads, Mudah dan Sederhana!
Sudah punya akun adsense milikmu sendiri, belum?

Sebelum beranjak menuju Youtube Ads, kamu harus memiliki sebuah akun adsense pada Google terlebih dahulu. Keberadaannya akan membantumu untuk menerima dana dari hasil pendapatan Youtube. Maka dari itu, baik antara Youtube dan Google Ads harus sudah bertaut. Jika ternyata belum memiliki akun, kamu akan segera diarahkan menuju laman pendaftaran Google Ads yang tersedia. Cukup mengikuti langkah-langkah yang ada, maka kamu dengan mudah akan terdaftar dalam list pengguna adsense pada Google.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Setelah melihat panduan untuk bergabung dengan Youtube Ads di atas, apakah channel Youtube milikmu telah memenuhi salah satu kualifikasi tersebut? Bila merasa belum, masih ada banyak waktu untuk mengembangkannya. Tak perlu berkecil hati. Yuk, beritahu kami suka duka menjadi content creator di Youtube dengan meninggalkan jejak digital di kolom komentar MySkill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill