Ingin Meningkatkan Engagement? Kenalan dengan Hook Model!

Dewasa ini, taktik yang banyak perusahaan implementasikan untuk meningkatkan engagement adalah dengan hook model. Hook model sendiri adalah sebuah upaya untuk menjelaskan interaksi pengguna dengan sebuah produk melalui beberapa tahapan.

Penasaran apa saja tahapan-tahapan dalam hook model? Berikut ini, mari kupas tahapannya satu per satu!

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

1. Trigger

Ingin Meningkatkan Engagement? Kenalan dengan Hook Model!
Kamu memerlukan pemicu untuk bisa menarik perhatian pengguna.

Dalam hook model, tahapan pertama yang perlu kamu lakukan adalah trigger. Trigger adalah pemicu pertama yang membuat pengguna akan tertarik dengan brand-mu. Ada dua jenis trigger, yaitu internal dan eksternal.

Bentuk trigger eksternal, yaitu seperti email, link website, dan icon. Dengan tingginya intensistas pengguna melihat trigger eksternal, kepercayaan dan asosiasi terhadap brand perlahan mulai terbangun. Setelah itu, akan lahirlah trigger internal yang melekatkan pengguna secara emosional terhadap brand.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Action

Ingin Meningkatkan Engagement? Kenalan dengan Hook Model!
Kamu dapat mendorong pengguna untuk mengambil action.

Pada tahapan ini, action akan mendorong motivasi pengguna untuk melakukan hal yang kamu inginkan. Dalam hal ini, kamu harus membuat action atau aksi yang dengan semudah mungkin. Sebisa mungkin kemudahan itu juga bisa meningkatkan motivasi pengguna untuk melakukan hal tersebut.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Reward

Ingin Meningkatkan Engagement? Kenalan dengan Hook Model!
Pengguna akan merasa terapresiasi dengan reward yang ada.

Untuk membuat pengguna tertarik kembali menggunakan produk yang ditawarkan, kamu dapat menggunakan reward. Dalam tahap ini, perusahaan memberikan hadiah kepada pengguna yang telah mau menggunakan atau membeli produk perusahaan.

Reward itu sendiri merupakan salah satu alat terpenting untuk membuat pengguna semakin setia kepada suatu produk. Riset mengatakan ketika kita menerima hadiah, dopamin akan meningkat.

Jika hadiah yang disediakan frekuensinya tidak terduga dan kualitas baik, efeknya juga akan meningkat. Dengan demikian, hal ini akan menyebabkan sebuah ketergantungan dari pengguna terhadap produk yang perusahaan tawarkan ke mereka.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. Investment

Ingin Meningkatkan Engagement? Kenalan dengan Hook Model!
Pengguna akan menginvestasikan banyak hal dengan hook model.

Tahapan terakhir dari hook model ini akan membuat pengguna menginvestasikan beberapa hal untuk produk yang perusahaan tawarkan. Investasi ini berupa kombinasi dari waktu, data, usaha, hingga uang.

Selanjutnya, tahapan ini juga biasanya digunakan untuk menigkatkan trigger, membuat action, dan memberikan reward yang lebih baik.

Demikian itu tadi tahapan-tahapan dari hook model untuk mengembangkan bisnismu. Langkah selanjutnya kamu juga dapat belajar lebih banyak tentang dunia marketing melalui MySkill!

Kamu dapat belajar tentang bagaimana merancang strategi brand marketing. Dengan demikian, kamu pun akan semakin mantap membandingkan dan mempersiapkan teknik marketing apa yang tepat untuk bisnismu bersama MySkill! 

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill