6 Teknik Rahasia Penjualan untuk Bisnis Makin Berkembang

Di era digital ini, hampir semua orang membutuhkan akses ke internet untuk memudahkan aktivitas mereka. Entah untuk keperluan pribadi atau pekerjaan, internet telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat. Hal ini tentunya membawa dampak krusial bagi sektor bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar.

Untuk itu, banyak pebisnis melakukan berbagai teknik penjualan. Teknik ini merupakan cara yang dilakukan oleh penjual dalam rangka meraih untuk meningkatkan bisnis mereka.

Dengan terus meningkatnya pengguna internet, para pebisnis yang sebelumnya hanya berjualan secara offline pun kini mulai berusaha menarik pelanggan di dunia maya. Mereka melakukan berbagai upaya dengan mengandalkan internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tak terbatas. 

Untuk meningkatkan penjualan online nyatanya tidak begitu sulit. Bahkan, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Jadi, untuk kamu yang baru mau merintis bisnis atau sedang menjalankannya, tidak perlu cemas akan mengalami kesulitan dan kendala biaya. Lalu, apa saja yang harus kamu lakukan? Berikut 6 teknik penjualan online yang sudah MySkill.id rangkum untukmu! 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Memanfaatkan Media Sosial 

6 Teknik Rahasia Penjualan untuk Bisnis Makin Berkembang
Ada berbagai macam platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan

Siapa yang tidak tahu media sosial? Saat ini, media sosial tidak hanya menjadi platform yang memudahkan orang-orang untuk saling terhubung, tapi juga peluang bisnis. Beragam media sosial telah memiliki total milyaran pengguna aktif secara global. Hal ini tentunya menjadi peluang bisnis yang sangat besar, mengingat jangkauannya yang luas. 

Sebut saja, Facebook dan Instagram, kedua media sosial tersebut memiliki banyak pengguna aktif di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Sudah banyak bisnis yang menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat dengan memulai usahanya dari kedua platform itu.

Namun sebelumnya, kamu harus menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk kampanye media sosial. Beragam media sosial kini telah menawarkan fitur khusus untuk bisnis yang bisa kamu gunakan. Untuk itu, kamu perlu memahami cara kerja dan fiturnya agar strategi pemasaranmu maksimal sehingga potensi meningkatnya penjualan online jadi lebih tinggi.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

2. Menggunakan Google Bisnisku

6 Teknik Rahasia Penjualan untuk Bisnis Makin Berkembang
Kamu bisa menggunakan Google Bisnisku supaya bisnismu muncul di mesin pencari Google

Jika bisnis yang kamu jalankan memiliki gerai offline, kamu bisa memanfaatkan Google Bisnisku sebagai salah satu teknik penjualan online yang efektif. Dengan menggunakan Google Bisnisku, kamu dapat mencantumkan alamat bisnis ke dalam Google Maps dan nantinya bisa muncul di mesin penelusuran Google.

Selain itu, Google Bisnisku juga dapat menampilkan ulasan yang diberikan oleh pelanggan yang pernah menggunakan produk atau layanan kamu. Semakin bagus ulasan yang diberikan, tentunya bisa membuat target audiens lebih percaya dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

3. Menunjukkan Testimoni Pelanggan untuk Membangun Kepercayaan terhadap Bisnis

6 Teknik Rahasia Penjualan untuk Bisnis Makin Berkembang
(Kamu perlu menunjukkan testimoni pelanggan supaya bisnismu makin dipercaya

Untuk meningkatkan penjualan online secara maksimal, kamu perlu menunjukkan testimoni yang positif untuk meyakinkan calon pelanggan. Testimoni pelanggan bisa mempengaruhi target audiensmu yang awalnya ragu dengan produk atau layananmu untuk bisa jadi lebih yakin.

Selain itu, menunjukkan testimoni tentunya akan menarik lebih banyak calon pelanggan baru. Untuk itu, kamu perlu memastikan bahwa pelanggan puas dengan produk atau layanan kamu sehingga dapat memberikan testimoni yang positif.

4. Menyediakan Berbagai Macam Metode Pembayaran

6 Teknik Rahasia Penjualan untuk Bisnis Makin Berkembang
Tersedianya berbagai macam metode pembayaran dapat meningkatkan penjualan

Kamu dapat menyediakan berbagai macam metode pembayaran untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Pasalnya, pelanggan kamu tentunya tidak hanya menggunakan satu bank tertentu. Bahkan, dengan maraknya metode pembayaran mobile yang menggantikan bank, banyak orang yang lebih suka membayar dengan Go-Pay, OVO, Dana, dan lainnya. 

Dengan kamu menyediakan berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan, tentunya akan meningkatkan penjualan online kamu, lho! Ini terjadi karena banyak orang lebih memilih metode pembayaran yang mereka punya agar lebih menghemat waktu dan juga bebas biaya admin.

5. Memanfaatkan Influencer yang Sesuai dengan Target Audiens

6 Teknik Rahasia Penjualan untuk Bisnis Makin Berkembang
Jika kamu memiliki modal yang lebih besar, kamu bisa memakai jasa influencer untuk mempromosikan produkmu

Bagi kamu yang aktif di media sosial, pastinya sudah tidak asing dengan istilah endorse. Biasanya, para pebinis melakukan endorse dengan sejumlah influencer untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Meskipun modal yang kamu keluarkan lebih mahal, endorse nyatanya terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan, lho.

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa tidak semua influencer yang memiliki jutaan pengikut cocok untuk bisnismu. Jadi, kamu perlu memilah jasa influencer mana yang paling sesuai dengan target audiensmu.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

6. Membuat Iklan yang Relevan dan Jujur

6 Teknik Rahasia Penjualan untuk Bisnis Makin Berkembang
Kamu harus membuat iklan yang relevan dan jujur

Supaya penjualan online meningkat, kamu perlu membuat iklan. Dengan iklan, produk atau layanan yang kamu tawarkan akan menjangkau lebih banyak audiens. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan iklan. Pertama, iklan yang kamu buat harus relevan dengan produk kamu, dan yang kedua, kamu harus membuat iklan yang jujur.

Iklan yang jujur tentunya akan membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kredibilitas terhadap bisnis kamu. Pasalnya, ketika pelanggan melihat iklan tersebut, lalu membeli produk kamu, dan ternyata produk sesuai dengan iklan, maka kemungkinan besar mereka akan membeli produk kamu lagi. 

Itulah beberapa teknik penjualan online yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan bisnismu. Bagi kamu yang pemula, mungkin menerapkan 6 teknik di atas sekaligus akan terasa cukup sulit. Namun, kamu bisa menerapkannya secara bertahap agar kamu bisa menemukan mana teknik yang paling efektif untuk bisnismu. Sudah siap untuk memaksimalkan penjualan bisnismu? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar, ya. Semoga bermanfaat!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill